6 Cara Sederhana Atasi Smartphone Lemot

ArenaLTE.com - Waktu kondisi baru, smartphone kita mulai terasa semakin melambat dan kinerja nya menurun. Jangan terlalu khawatir, penyakit  smartphone lemot ini juga sering dialami oleh pengguna Android lainnya. Oleh karena itu kali ini kami pilihkan beberapa cara sederhana untuk mengembalikan kinerja smartphone 4G seperti saat pertama kali membelinya.

Melacak Penyebab Masalah Dalam Smartphone Lemot
Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa yang menyebabkan masalah smartphone lemot, bisa saja disebabkan oleh sebuah aplikasi, beberapa aplikasi atau bisa saja dari sistemnya itu sendiri? Untuk memudahkan kita melacak permasalah yang terjadi dalam smartphone bisa menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Trepn Profiler buatan Qualcomm.

Trepn-Profiler-Aplikasi ini akan menunjukkan secara real-time beban proses dalam smartphone, termasuk menunjukkan tampilan dari lalu lintas jaringan data internet yang digunakan, WiFi, beban GPU, alokasi penggunaan RAM dan banyak fungsi lainnya. Aplikasi ini juga mampu menampilkan berbagi data penting lainnya yang dapat kita lihat dan analisa untuk mencari penyebab permasalahan pada smartphone.

Membersihkan Memori Penyimpanan Smartphone
Setiap foto yang kita ambil sengan smartphone dan aplikasi yang kita instal akan mengisi ruang penyimpanan dalam smartphone. Agak kinerjanya lancara dibutuhkan ruang gerak kosong di dalam memori penyimpanan dan jika memori semakin penuh maka otomatis smartphone akan jadi lemot.

Kita bisa memeriksa kapasitas penyimpanan tersisa dengan mengaksesnya melalui fitur Storage di menu setting. Salah satu cara paling gampang untuk membersihkan memori peyimpanan smartphone yaitu dengan menghapus foto atau uninstall aplikasi yang tidak digunakan.

memori penyimpananAda cara lain untuk membersihkan memori penyimpanan, biasanya aplikasi yang sudah kita buang (uninstall) masih meninggalkan beberapa folder dan file tersisa. Pada menu Storage, klik tombol Downloads, pilih file yang ingin dibuang lalu klik tombol Bin. Untuk membersihkan sisa lain dari aplikasi yang kita uninstall bisa dilakukan dengan melakukan clear cache data. Untuk menghemat memori kita juga bisa menghentikan proses kerja dari beberapa aplikasi bawaan smartphon, namun hal ini hanya bisa dilakukan terhadap smartphone Android yang sudah di Root.
 

Baca juga :
Yuk, Percepat Kinerja Android Dengan Trik Tersembunyi Ini!

9 Fitur Android Bermanfaat yang Mungkin Belum Pernah Anda Coba
3 Aplikasi Terbaik Peningkat Kinerja Smartphone Android
Memori Smartphone Penuh? Ini Cara Mengatasinya


Mengurangi Penggunaan Widget
Widget yang kita gunakan sebagai akses cepat terhadap aplikasi di tampilan awal smartphon memang sangat memudahkan dan mempercepat kerja kita dengan smartphone. Namun jika ada widget yang jarang kita gunakan lebih baik dihilangkan atu di nonaktifkan saja dari home screen. Karena jika widget yang banyak tersebut aktif dalam waktu yang bersamaan akan memperlambat kinerja smartphone, kita harus benar-benar selektif memilih widget mana yang akan kita gunakan.

widgetMenonaktifkan fitur Animasi dan Extras
Sesuai dengan launcher tampilan antar muka smartphone Andrioid yang digunakan, kita akan menemukan beberapa fitur animasi dan efek khusus yang aktif untuk memperindah tampilan smartphone. Meskipun membuat smartphone tampil bagus namun akan sangat membebani kinerja prosesor yang membuat smartphone lemot. Coba periksa launcher yang digunakan dan non aktifkan beberapa fungis dan animasi yang aktif untuk mempercepat kinerja smartphone.

animasi dan extrasMenutup aplikasi dan bebaskan RAM
Multi-tasking beberapa aplikasi memnag memudahkan untuk berpindah dari suatu fitur ke fitur lain dalam smartphone. Namun aktifitas ini akan berdampak pada kinerja smartphone yang semakin melambat. Lakukan akses cepat terhadap aplikasi yang masih aktif secara background ini, kemudian tutup satu persatu aplikasi yang sudah tidak digunakan lagi. Cara ini akan memberikan memori tambahan pada RAM yang akan mempercepat kinerja smartphone.

RAMRestart
Sebuah cara sederhana untuk memperbaiki kinerja smartphone yang lemot yaitu dengan melakukan restart smatphone. Proses mematikan dan menghidupkan kembali smartphone ini akan secara otomatis membersihkan cache yang penuh, termasuk menghentikan beberapa fungsi tak penting yang sedang aktif. Restart akan mempercepat kinerja smartphone yang lemot.RESTARt

Leave a Comment