Trik Membuat Kinerja Android Lebih Cepat

ArenaLTE.com - Smartphone Android keluaran terbaru sekarang ini memang sudah memiliki kinerja yang cukup cepat, dengan prosesor handal dan RAM besar, namun terkadang ada beberapa pengaturan yang menjadikannya tersendat.
 
Alhasil kinerja smartphone Android semakin lama terasa semakin melambat, apalagi jika sudah banyak aplikasi dan digunakan multitasking.
 
Ketika kita berpindah aplikasi di smartphone atau menggunakan popup shortcut, kecepatan animasi transisi perpindahan aplikasi dari satu tampilan layar ke layar lainnya ternyata memberikan dampak yang cukup besar pada kecepatan antarmuka smartphone.
 
Setiap kita berpindah antar aplikasi satu dengan aplikasi lain di smartphone, atau mengklik notif popup yang muncul, layar akan melakukan transisi animasi perpindahan tampilan layar.
 
Sepertinya memang cukup cepat, namun ketika kita meningkatkan kecepatan transisi perpindahan layar antar aplikasi dan tampilan ternyata akan membuat kinerja smartphone terasa lebih cepat.
 
Trik inilah yang akan kita lakukan yaitu dengan meningkatkan kecepatan transisi animasi perpindahan tampilan layar pada Android.
 
Caranya bagaimana? Kita harus mengakses menu pengaturan rahasia didalam Anroid setting yang disebut “Developer options” atau “Opsi pengembang”. Menu ini berisi pengaturan tingkat lanjut dan sebenarnya disembunyikan oleh Android standar.
 
Cara mengakses “Developer option, bisa dilakukan dengan :
  1. Buka menu Pengaturan / setting (Untuk Androi 8 keatas klik “System”)
  2. Gulir kebawah kemudian klik About phone / Tentang Ponsel
  3. Gulir Kebawah kemudian klik Build number / Noor pembuatan 7 kali berturut-turut
Selanjutnya akan muncul notifikasi bahwa kini, menu Opsi Pengembang atau Developer Option telah muncul. Kembali ke menu pengaturan/sistem maka kita akan menemukan pilihan “Opsi Pengembang”.

Selanjutnya masuk ke menu Opsi Pengembang atau Developer Option, dan gulir terus kebawah sampai menemukan tiga pengaturan berikut :
  1. Window animation scale / skala animasi jendela 
  2. Transition animation scale / skala animasi transisi
  3. Animator animation scale / skala durasi animator
Pada setiap pengaturan tersebut akan tertera angka yang dipilih yaitu “1x.” Angka tersebut menunjukkan bahwa kecepatan skala animasi 100%.

Jika kita ingin mempercepat skala animasi tersebut maka kita harus mengubah ketiga pengaturan animasi dari angka “1x” menjadi “0.5x”.

Trik-Membuat-Kinerja-Android-Lebih-Cepat-1

Setelah diubah ketiganya dari "1x" menjadi “0.5x” (pastikan memilih “0,5x” atau “.5x” bukan "5x") keluar dari menu developer option / Opsi Pengembang.

Maka kecepatan transisi animasi akan menjadi 2 kali lebih cepat, dan kinerja smartphone akan terasa lebih cepat dari sebelumnya. Smartphone Android terasa seperti baru. Selamat mencoba!

Leave a Comment