iPhone X Ternyata Punya Problem Mendasar

ArenaLTE.com - iPhone X yang disebut-sebut sebagai smartphone impian, ternyata punya sejumlah problem yang membuat penggunanya tak nyaman. Yang paling utama adalah, tak bisa menerima panggilan telepon. Problemnya adalah, layar tak menampilkan tombol (virtual) terima atau tolak panggilan.

Ada ratusan pengguna iPhone X (di luar negeri), yang mengeluhkan masalah tersebut di Apple Forum, seperti dilaporkan Financial Times. Menurut laporan itu, pengguna mengeluhkan, ada delay yang cukup signifikan, antara nada dering yang terdengar ketika ada panggilan masuk, dengan tampilan layar yang menyediakan tombol terima atau tolak.
Ketika ada panggilan masuk, yang terdengar hanya nada dering, sementara layar tampil blank. Ini menyebabkan pengguna tak bisa mengetahui panggilan dari siapa, dan tak bisa menerima panggilan tersebut.

Delay yang terjadi cukup lama, antara 10 hingga 15 detik, sebelum layar menyala dan menampilkan notifikasi panggilan, serta tombol terima/tolak panggilan. Akibatnya, banyak yang tak keburu menjawab panggilan.  Pihak Apple sendiri, dalam keterangannya yang dikutip Financial Times, mengatakan akan mempelajari laporan tersebut.

Namun, problem tampilan panggilan masuk itu rupanya bukan satu-satunya problem iPhone X. Seperti yang dilaporkan situs macworld.co.uk, desain iPhone X ternyata menyisakan celah antara bezel dan display. Ketika menempelkan ponsel ke telinga, kadang rambut suka nyelip dan menyangkut di celah ini. Akibatnya, ketika ponsel dijauhkan (lagi) dari telinga, rambut yang nyelip tadi ikut tertarik. Pastilah perih.

Hal lainnya yang juga dilaporkan bermasalah adalah fitur FaceID, fitur pembuka kunci layar dengan mengenali wajah pengguna. Ada beberapa kasus yang dilaporkan, fitur ini bisa diakali dengan trik tertentu.  

Dalam sebuah percobaan, yang dilakukan sebuah perusahaan security Vietnam, ternyata FaceID bisa dibuka dengan topeng wajah. Padahal, Apple mengklaim, FaceID ini sedemikian aman, sehingga dengan menggunakan topeng wajah pengguna pun tak bisa dibuka.

Ada lagi kasus anak kecil yang bisa membuka iPhone X punya ibunya. Secara tak sengaja, si anak menghadapkan iPhone X yang terkunci ke wajahnya. Eh, terbuka. Dalam kasus orang kembar, juga ditemukan kasus, mereka bisa membuka iPhone X punya kembarannya.

Beberapa pengguna iPhone X juga mengeluh, ada dengungan ketika mendengarkan audio lewat speakernya. Terutama saat volume disetel kencang. Dengungan hilang ketika volume diturunkan menjadi setengahnya. Kasus ini, juga sedang dalam perhatian Apple.

Entah ada hubungannya atau tidak, namun kenyataannya, penjualan iPhone X (secara global) ternyata jauh di bawah harapan.  Penjualan yang di bawah target inilah, yang kabarnya membuat Apple berencana akan menghentikan produksi iPhone X.

Itu dibocorkan oleh analis dari KGI Securities, Ming-Chi Kuo, yang dikutip Forbes. Kuo bilang, gara-gara kecewa dengan penjualan iPhone X, Apple bakal menghentikan seri tersebut.

Kuo mengungkapkan, lesunya penjualan di pasar Cina, yang notabene jadi salah satu pasar terbesar bagi iPhone, menjadi penyebab rendahnya penjualan iPhone X. Pengguna di Cina, kata Kuo, sangat mementingkan aspek ukuran layar yang lebar. Itu yang kurang dipenuhi iPhone X.

Di Indonesia, iPhone X yang secara resmi dipasarkan oleh Erajaya dan operator Smartfren –sebagai salah satu produk bundling unggulannya – memang belum terdengar keluhan-keluhan seperti yang diungkapkan pengguna iPhone X di belahan lain dunia.

Jangan sampai terjadi, super smartphone yang dibanrol dengan harga IDR17 juta hingga IDR 20 juta ini, punya kasus yang sama di Indonesia. Enggak asyik banget.

Leave a Comment