Tarik Minat Pembeli, Apple Berikan Diskon Besar Seri iPhone X Di China

ArenaLTE.com - Perjuangan Apple di negeri Tirai Bambu seperti kian serius dilakukan perusahaan dengan beragam cara. Pelemahan penjualan produk iPhone di China, diperkirakan akan memberikan dampak buruk yang besar bagi perusahaan asal Cupertino ini. Langkah yang kini diambil Apple adalah memotong harga jual dari seri terbaru iPhone, seperti iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone XR, iPhone XS dan iPhone XS Max di seluruh pasar China.

Khusus wilayah China, Apple diungkapkan menurunkan harga pasaran produk iPhone terbarunya tersebut hampir mencapai 400 Yuan atau sekira USD59 atau IDR800 ribuan. Bahkan untuk beberapa versi varian lain, Apple memberikan potongan yang jauh lebih besar agar lebih menarik. Salah satunya adalah iPhone XR 64GB yang diberikan potongan mencapai USD770 atau USD66 atau sekira IDR900 ribuan lebih.

Langkah ini sepertinya harus dilakukan Apple untuk memperkuat penjualan iPhone di negeri Tirai Bambu tersebut. Hal ini pun terpaksa dilakukan perusahaan bukan hanya kepada para pembeli saja, bahkan untuk toko atau reseller premium maupun berlisensi diberikan diskon khusus. Perjuangan yang harus dilakukan Apple selepas beberapa kejadian belakangan ini.

Seperti diketahui, banyak masyarakat China melakukan pembuangan produk Apple seperti iPhone dan menggantinya dengan produk kembangan negeri mereka sendiri, seperti Huawei. Hal ini pun dianggap menjadi salah satu pengaruh banyak orang tidak lagi tertarik produk iPhone. Alasan lainnya, tentu adalah balasan atas sikap Amerika yang berusaha memblokade produk China.

Bahkan, pada beberapa waktu lalu produsen smartphone Huawei pun memberikan sanksi yang cukup keras kepada karyawannya atas penggunaan iPhone. Adalah dua orang karyawan Huawei dari kantor pusat di Cina ini. Keduanya mendapat sanksi dari perusahaan berupa penurunan jabatan serta pemotongan gaji selama setahun. Nyesek, kan?
 
Kenapa mereka berdua bernasib seperti itu? Gara-garanya adalah keteledoran mereka sendiri, yang mengirim cuitan ucapan tahun baru dari akun Twitter resmi Huawei. Tapiiiii…..twit itu dikirim dari iPhone! Ya, smartphone besutan Apple, yang notabene competitor keras Huawei. Ini yang jadi masalah.
 
Tadinya aman-aman saja, sampai tweet itu dikomentari netizen. Tentu saja bukan komentar yang asyik. Manajemen Huawei yang baru ngeh, tanpa ba-bi-bu langsung mengusut insiden, kok twit dari akun Twitter resmi Huawei, bisa ter-posting dari iPhone?
 
Seperti dilaporkan Reuters dan Bloomberg, yang mempelajari memo internal perusahan, rupanya insiden itu dipicu “kendala teknis”. Huawei memakai jasa agen sosmed Sapient. Pihak ketiga ini yang ditugasi mengelola akun-akun sosmed Huawei. Nah, menyambut tahun baru, mereka ditugasi menyampaikan ucapan Selamat Tahun Baru 2019 dari Huawei, yang ditujukan kepada seluruh relasi, mitra, customer Huawei di seluruh dunia.

Leave a Comment