ArenaLTE.com – Di ajang IFA 2015 yang digelar di Berlin, Jerman, Sony memperkenalkan flagship terbarunya Sony Xperia Z5 dan Sony Xperia Z5 Compact. Kedua perangkat ini dianggap merepresentasikan hasil karya Sony yang ikonik dengan material premium menyeluruh, termasuk sentuhan lapisan kaca di bagian belakang dan ukiran halus logo Xperia di samping, serta USB tanpa tutup untuk koneksi dan pengisian daya agar lebih efisien.

 

Sony Xperia Z5 hadir dengan diagonal layar 5.2 inci, sementara Sony Xperia Z5 Compact mengandalkan layar 4.6 inci. Sony Xperia Z5 mendukung panel dengan resolusi full HD yang memiliki densitas piksel 428 ppi. Sementara Sony Xperia Z5 Compact hanya dibekali resolusi 720p dengan kerapatan piksel 323ppi. Keduanya mengadopsi layar IPS berteknologi Triluminous dan X-reality. Kamera Sony Xperia Z5 dan Z5 Compact menjadi sorotan utama.

Kedua smartphone ini akan mengusung prosesor Snapdragon 810 dengan CPU octa core (dual quad core) berclockspeed 2 GHz dan GPU Adreno 430. Bedanya, jika Xperia Z5 menanamkan RAM 3GB, maka versi Compact hanya mengandalkan RAM 2GB. Masing-masing sudah mengantongi memori internal 32GB serta slot microSD. Sony membekali seluruh keluarga Xperia Z5 dengan Android 5.1.1 Lollipop saat peluncurannya.

Nah, fitur andalan kedua smartphone ini ada di sektor fotografi. Kamera Sony Xperia Z5 dan Xperia Z5 Compact sama-sama berkekuatan 23MP. Menggunakan sensor khusus yang eksklusif untuk Sony berlensa f/2.0. Kita bisa menjepret gambar 23MP (4:3) atau 20MP (16:9).

Sony Xperia Z5Di luar dari kamera Sony Xperia Z5 yang handal, smartphone ini memiliki kemiripan yang kuat dengan model sebelumnya tentu saja dengan beberapa sentuhan elemen desain baru untuk membedakan. Salah satunya adalah tombol power yang juga berfungsi sebagai fingerprint sensor.

Sony Xperia Z5 memiliki dimensi 146x72x7.3mm sangat identik dengan Z3 meski lebih tipis. Beratnya sekitar 154 gram dengan baterai berkapasitas 2900 mAh. Sementara Xperia Z5 Compact menanamkan fingerprint sensor di bagian frame. Dimensinya sekitar 127x 65x 8.9mm dengan berat 138 gram serta baterai yang ditanamkan berkapasitas 2700 mAh. Kedua perangkat ini sudah mengantongi sertifikasi IP68 tahan debu dan air.

Sony Xperia Z5 akan hadir dengan warna White, Graphite Black, Gold dan Green. Sementara Sony Xperia Z5 Compact menambahkan warna Yellow dan Coral. Keduanya kemungkinan akan mulai terjun ke pasar global mulai Oktober meski detil harganya belum diungkap.