Prosesor Smartphone Arsitektur 7nm Pertama Diproduksi Huawei

ArenaLTE.com - Sebuah laporan baru menyebutkan bahwa pengiriman prosesor smartphone dengan arsitektur 7nm (nano meter) pertama di dunia, akan diawali dengan kehadiran dari Huawei Kirin 980. Prosesor ini juga diungkapkan akan mulai dikapalkan para kuartal ke-IV 2018. Beberapa seri smartphone yang akan menggunakan prosesor ini adalah Huawei Mate 20 dan Mate 20 Pro.

SoCs Kirin 980 ini diterangkan akan diproduksi oleh TSMC, sebuah perusahaan prosesor asal Taiwan yang menggunakan proses pengerjaan dengan teknologi FinFET. Pun demikian, bukan hanya Huawei produsen lain yang ikut mengembangkan prosesor arsitektur 7nm ini pun akan menyusul pada periode selanjutnya yang kemungkinan di mulai pada akhir tahun ini.

Badan riset global menilai bahwa pengiriman prosesor smartphone dengan arsitektur 7nm ini, kemungkinan akan menguasai 18% pada prosesor dalam kuartal tersebut. Pengiriman ini diprediksi akan menjadi lebih besar dibandingkan dengan pengapalan pada prosesor smartphone dengan arsitektur 10nm pada periode yang sama.

Kirin 980 diprediksi akan menggunakan sokongan empat core Cortex-A77 untuk tugas-tugas kompleks (beberapa sumber menyerukan Cortex-A76) dan empat Cortex-A55 core untuk pengerjaan sistem kerja yang ringan. 

Selain itu, untuk chip grafisnya sendiri disokong dengan 24 inti GPU Mali-G72, dan mendukung memori DRAM LPDDR4X. Prosesor Kirin 980 termasuk termasuk generasi kedua Neural Network Processing Unit (NPU) untuk AI. Karena dirancang dan diproduksi menggunakan proses 7nm, Kirin 980 akan lebih kuat dan hemat energi daripada chipset Kirin sebelumnya.

Huawei Mate 20 yang digadangkan akan menggunakan Kirin 980 ini sendiri, memiliki spesifikasi yang cukup besar. Seperti layar AMOLED 6,3 inci, RAM 6GB / 8GB dan 128GB / 256GB penyimpanan asli. Pengaturan kamera triple menghiasi bagian belakang, dan snapshot selfie 20MP yang menghadap ke depan juga disertakan.

Sedangkan untuk sokongan baterainya menggunakan kapasitas daya besar yang disokong hingga 4200mAh membuat bertahan dalam penggunaan lama. Untuk sistem operasinya sendiri, diprediksi sudah menggunakan OS Android 9 Pie dengan EMUI 9 berjalan di atas. Seri ini sendiri dikabarkan akan dijual di pasaran dengan harga USD999 atau sekitar IDR13 jutaan.

Leave a Comment