Ini Keunggulan EMUI 9.0 Yang Dijagokan Huawei

ArenaLTE.com - Ketika diperkenalkan pada pertengahan Desember (2018) lalu, serial Huawei Mate 20 ikut membawa sesuatu yang baru. Inilah smartphone pertama Huawei yang dilengkapi sistem operasi Android terbaru dari Huawei, EMUI 9.0. Sistem operasi berbasis Android 9.0 Pie ini, disebut-sebut membawa user interface yang akan membuat penggunanya terpesona.
 
Lantas, apa yang dimiliki EMUI 9.0 ini, sehingga Huawei dengan percaya diri mengatakan sistem operasi terbaru Huawei ini?
 

Optimalisasi User Experience

EMUI 9.0 didesain agar bekerja lebih cepat ketimbang pendahulunya. Sebagai tambahan, EMUI 9.0 didesain lebih user friendly. Caranya, menyederhanakan desain EMUI 9.0 dan merefleksikan elemen alam termasuk warna alam dan transisi di dalamnya.
 
Karena banyak perangkat Huawei saat ini memiliki layar yang lebih luas, Huawei berusaha meningkatkan kontrol satu tangan di EMUI 9.0. Huawei mendesain ulang aplikasi seperti jam global dan foto supaya mudah dikontrol dari atas sampai ke bawah layar.
 
Sebagai contoh, Huawei mendesain ulang beberapa aplikasi default seperti Gallery dan memindahkan bar navigasi ke bagian bawah layar. Dengan cara itu, pengguna bisa lebih mudah mengakses semua fitur dengan menggunakan satu tangan tanpa perlu memanjangkan ibu jari mereka ke bagian atas layar. Langkah ini tidak hanya lebih ergonomik, tapi juga meminimalisir peluang perangkat jatuh gara-gara menggerakkan jari. Huawei juga mengubah desain antarmuka multi-task agar lebih visual dengan susunan card-type untuk membentuk desain yang menyatu.
 
Huawei menambahkan kontrol dengan gestur untuk memudahkan penggunaan. Geser dari bawah untuk membuka task manager atau kembali ke layar home. Geser dari sisi kiri atau kanan ke tengah untuk membuat perangkat balik ke layar sebelumnya. Sistem navigasinya memudahkan siapapun, baik orang kidal atau bukan.
 
Berkat fitur unik seperti facial recognition dan sensor fingerprint, pengguna dapat mengakses smartphone
tanpa harus mengingat password. Benefit tambahan fitur keamanan biometrik semacam itu adalah meningkatnya keamanan smartphone , sekaligus mudah dioperasikan. Huawei telah berinvestasi untuk membuat fingerprint dan facial recognition bekerja lebih cepat dari sebelumnya.
 

Kenyamanan di Mata

Dari submenu Display di bawah Settings, pengguna disuguhi sejumlah opsi dan penyesuaian untuk menghasilkan pengalaman terbaik. Mulai dari atas, pengguna dapat dengan mudah mengubah kecerahan layar menggunakan penggeser, atau mengandalkan perangkat untuk membaca cahaya sekitar dan menyesuaikan kecerahan dengan mencentang opsi Auto-Adjust.
 
Selanjutnya, Colors & Eye Comfort mengandung tiga opsi: Natural Tone secara otomatis menyesuaikan temperatur warna untuk pengalaman menonton yang seperti kertas; Color Mode & Temperature memberi pengguna opsi untuk menyesuaikan tone warna secara manual; dan mode Eye Comfort secara efektif menyaring cahaya biru untuk membaca lebih nyaman di malam hari.
 
Mode Eye Comfort dapat dijadwalkan — sehingga menyala secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan untuk kenyamanan membaca maksimum setiap saat. Beberapa di antaranya memang bukan hal baru, tetapi semua berkontribusi pada kesehatan mata dalam jangka panjang.
 

Keseimbangan Digital

EMUI 9.0 juga dilengkapi dengan beberapa pengaturan yang membantu pengguna mencapai keseimbangan digital sejati. Fitur-fitur ini dirancang untuk memastikan hubungan yang lebih sehat antara pengguna dan ponsel Huawei mereka. Pada tingkat pertama, pengguna diminta untuk memilih, apakah perangkat itu untuk mereka sendiri atau untuk anak mereka.
 
Pengguna yang menyiapkan perangkat mereka dapat mengakses rincian waktu layar mereka secara komprehensif, serta seberapa sering mereka membuka kunci perangkat mereka pada hari tertentu dalam seminggu. EMUI 9.0 memberikan opsi untuk menetapkan batasan, baik dengan membatasi screen time atau app time. Setelah diatur, screen time hanya dapat diperpanjang dengan persetujuan mereka sendiri.
 
Karena ini adalah fitur untuk mempromosikan perilaku sehat dan tidak membatasi perangkat untuk melakukan tugas-tugas penting, aplikasi Dialer and Message dikecualikan secara default. App Lock di sisi lain membatasi waktu penggunaan aplikasi tertentu. Ingat bagaimana fitur Digital Balance bertanya apakah pengguna adalah orang tua dari anak? Fitur ini memungkinkan orang tua mengatur perangkat atas nama anak-anak mereka juga.
 
“EMUI 9.0 lahir dengan desain alami minimalis untuk menyelaraskan teknologi dengan kemanusiaan. Peningkatan ini memungkinkan kualitas hidup dan memberi Anda pengalaman mendalam dengan alam. Pembaruan baru ini memberikan peningkatan kecepatan sistem, kemampuan AI yang lebih besar, dan cara baru untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari Anda,” kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia. 

Leave a Comment