Aduh! Pembaruan Android 9 Pie Untuk Samsung Galaxy S9 Dan S9+ Bermasalah

ArenaLTE.com - Pembaruan sistem operasi dalam versi terbaru, seharusnya menghadirkan banyak fitur yang bermanfaat bagi smartphone. Namun sayangnya, sepertinya hal ini tidak berlaku bagi smartphone keluaran Samsung dari keluarga seri Galaxy S9 dan S9+. Dua seri smartphone premium perusahaan ini diungkapkan justru berdampak buruk setelah melakukan pembaruan ke Android 9 Pie.

Mengutip dari laman phonearena, Samsung Galaxy S9 dan S9+ memiliki dampak buruk setelah melakukan update OS Android versi 9 Pie. Dalam laman disebutkan bahwa pembaruan tersebut justru membawa dampak buruk bagi daya tahan baterai perangkat. Hal ini diungkapkan sama persis dengan yang dialami saat pembaruan firmware untuk perangkat Samsung berbasis Tizen.

Samsung sendiri mengakui tentang adanya masalah ini, hal ini pun diungkapkan akan dilakukan perbaikan secepatnya. Kejadian serupa pun diakuinya sama persis dengan produk Samsung Gear S3 dan S2 yang berdampak baterai mengalami daya tahan yang lemah setelah pembaruan. Penurunan tersebut bukan karena pemakaian, sepertinya sistem yang salah dalam mengatur dan mengakibatkan penurunan daya tahan baterai sehingga menjadi cepat boros.

Dalam konfirmasi di blog resmi SamMobile juga dilaporkan bahwa setelah menerapkan pembaruan Android 9.0 Pie ke salah satu ponsel Galaxy S9, baterai unit tersebut diketahui tiba-tiba turun dari 10 persen menjadi 5 persen dalam hitungan detik. Hal ini tidak hanya terpengaruh dari sebuah aplikasi yang menguras daya baterai. Pasalnya, meskipun aplikasi berjalan tidak normal, kehilangan 5 persen dalam waktu sesingkat itu bisa disebut tidak normal.

Pembaruan ini sendiri diungkapkan halaman tidak terjadi selama program beta Android 9 Pie Samsung berjalan bahkan setelah beberapa bulan, laporan pengguna tentang kinerja baterai pada S9 dan S9 + sebagian besar tetap positif di dalamnya. Namun, bila Anda menemukan hal yang tidak wajar setelah mendapatkan pembaruan ini, beritahu kami di kolom komentar di bawah. 

Leave a Comment