HMD Global Kejar Pembaruan Android 9 Pie Untuk Diadopsi Nokia

ArenaLTE.com - Sistem operasi Android 9 Pie tengah dikejar penyelesaiannya oleh HMD Global sebelum kuartal pertama 2019 berakhir. Menurut perusahaan pemegang lisensi Nokia ini, mengungkapkan bahwa seri Nokia yang akan mendapatkan Android 9 Pie adalah Nokia 5 dan Nokia 3.1 Plus. Dua seri yang dirilis pada Juni 2017 silam dan seri yang dirilis pada 2018 lalu.

Belum dijelaskan banyak tentang seri Nokia yang akan mendapat pembaruan Android 9 Pie, meski perusahaan menjanjikan semua produknya akan mendapat pembaruan. Salah satu yang juga akan dikejar pembaruannya adalah seri Nokia 6 yang kemungkinan akan hadir satu hingga dua minggu ke depan untuk pasar Amerika, dan bergulir ke wilayah pasar lainnya.

Dua model Nokia lain yang juga mendapaykan pembaruan Android 9 Pie adalah Nokia 1 dan Nokia 3 yang dijanjikan akan segera mendapatkannya sebelum kuartal-II 2019 masuk. Perusahaan ini mengungkapkan akan melengkapi banyak seri produk lawasnya yang hadir dengan OS Android, untuk mengadopsi pembaruan OS ke versi lebih tinggi saat ini.

HMD pun sepertinya tidak tembang pilih untuk menghadirkan OS versi terbaru, seperti Nokia 3 yang masuk dalam kategori kelas menengah pun tetap mendapatkan pembaruan. Nokia 3 dibungkus dengan material berbahan aluminium. Jadi, bukan plastik seperti seri kelas menengah bawah umumnya. So, tampilannya terkesan cukup premium. 

Nokia 3.1 Plus punya display yang cukup bongsor dengan diagonal 6 inci berbasis IPS LCD. Aspek rasio layarnya 18:9 dan sudah dilapisi dengan 2.5D glass yang punya resolusi HD+. Seri ini tak memakai notch atau poni. Seri ini ditawarkan dengan chipset Helio P22 yang ditemani RAM 3GB/2GB dan memori internal 16/32GB. Ruang penyimpanan ini bisa diperbesar dengan dukungan microSD hingga 400GB.

Pada bagian software, Nokia menanamkan sistem operasi Android 8.1 Oreo. Menariknya, seri ini masuk dalam proyek Android One, sehingga update untuk Android 9.0 Pie pun sudah jadi menu wajib. Dukungan dual camera dengan kombinasi sensor utama 13MP dan sensor sekunder 5MP jadi andalan smartphone ini. Sementara di area depan disiapkan kamera dengan sensor 8MP yang mendukung efek bokeh. 

Sehingga tidak menutup kemungkinan HMD akan memenuhi janjinya untuk menghadirkan versi pembaruan OS untuk semua produk Nokia lisensinya, baik itu Nokia 5 maupun 6 yang dihadirkan pada akhir 2018 lalu.

Leave a Comment