Batal Diblokir, Huawei Mate 20 Pro Masuk Perangkat Dengan Dukungan Android Q Beta

ArenaLTE.com - Google pada awalnya menghapus nama seri Huawei Mate 20 Pro dari daftar perangkat yang mendapat pembaruan sistem operasi Android versi terbaru perusahaan. Hal ini dilakukan Google atas perintah dari Departemen Perdagangan Amerika untuk memblokir Huawei. Namun, atas penangguhan yang dilakukan Pemerintah Amerika kepada Huawei selama 90 Hari, akhirnya Google kembali memasukkan seri Huawei Mate 20 Pro sebagai perangkat yang mendapatkan Android Q Beta.

Perang dagang antara Amerika dan China, memang menjadikan Huawei harus terpaksa dijauhi oleh banyak produsen maupun perusahaan teknologi Amerika atas perintah Presiden Donald Trump. Sehingga Google terpaksa melakukan penutupan layanan, bahkan beberapa produsen piranti tidak lagi mau bergabung dengan Huawei untuk memberikan pasokan produk pendukung.

Penangguhan hukuman yang diberikan Amerika terhadap Huawei selama 90 hari ini pun menjadi salah satu alasan banyak perusahaan kembali memasukkan Huawei dalam daftar putihnya. Sepertiny Wi-Fi Alliance, serta Google yang juga kembali memasukkan smarphone Huawei Mate 20 Pro untuk mencicipi sistem operasi Android Q yang akan dihadirkan.

Informasi ini pun sekaligus menjadi keterangan bahwa Android 9 Pie tidak menjadi sistem operasi Android terakhir dari perangkat yang dikeluarkan Huawei pada 2018. Meski tidak menutup kemungkinan beberapa produk ke depannya pun terpaksa harus menggunakan sistem operasi di luar Android, jika Pemerintah AS kembali menerapkan hukuman terhadap Huawei.

Namun bukan hanya Huawei saja yang mendapatkan sistem operasi Android dalam versi Q Beta, beberapa smartphone dari produsen lain pun dikabarkan akan mendapatkan OS Android versi terbaru Google ini. Seperti :
  • Asus ZenFone 5Z              - Essential Phone             - LG G8 ThinQ
  • Nokia 8.1                            - OnePlus 6T                    - Oppo Reno
  • Realme 3 Pro                     - Sony Xperia XZ3            - Vivo X27
  • Vivo NEX S                        - Vivo NEX A                     - Xiaomi Mi9
  • Xiaomi Mi MIX 3                 - Pixel 3                            - Pixel 3Xl
  • Pixel 2                                - Pixel 2 XL                      - Pixel
  • Pixel XL

Leave a Comment