ZTE Siapkan 5 Teknologi Terbaru 5G Untuk Indonesia

5G-ZTE-5G-Indonesia
ArenaLTE.com - ZTE Networks siap memamerkan kecanggihan teknologi 5G ZTE yang dimilikinya lewat ajang Bandung ICT Expo & Digital Broadband Summit 2018. Berbagai inovasi tersebut dihadirkan untuk menunjukan komitmen perusahaan dalam mendorong pembangunan industri ICT (Information Communication and Technology) di Indonesia.
 
Mengangkat tema "Inspiring the Digital Indonesia 2025", Michael Lim, Director of Strategic Marketing, APAC CTO Office, ZTE Corporation ide, konsep, gagasan, dan dampak pemanfaatan teknologi 5G untuk mendorong transformasi digital.
 
Michael menjelaskan kehidupan yang serba digital ini membuat masyarakat semakin melekat kepada internet, yang membuat tuntutan serta ekspektasi terhadap operator kian meningkat.
 
Hal ini kian mendorong operator untuk mampu menghadirkan jaringan next generation yang didorong oleh teknologi 5G dan ultra wide-band dengan teknologi SDN, NFV, cloud computing, big data, AI, dan konsep keterbukaan.
 
Berikut adalah solusi yang ditampilkan oleh ZTE di Bandung ICT Expo & Big Broadband Summit 2018:
 
1. Wireless (Pre5G and 5G)
 
ZTE menerapkan Massive MIMO, teknologi inti 5G ke jaringan 4G, maka dinamakan Pre5G Massive MIMO. Teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi spektral hingga 8 kali lipat.
 
Sejak awal tahun 2017, ZTE Indonesia telah berhasil menguji teknologi Massive MIMO FDD-LTE pertama di Indonesia dengan dua operator terkemuka. Hasil uji coba terbaru menunjukan adanya peningkatan hingga hampir empat kali liat dalam hal throughput data menjadi 468 Mbps, dibandingkan dengan jaringan 2x2 MIMO FDD LTE.
 
Pada tahun 2018, ZTE telah meluncurkan serangkaian produk komersial 5G yang siap diterapkan secara komersial oleh operator pada tahun 2019, termasuk perangkat akses mmWave dan Sub-6GHz 5G, serta beragam bearer solution, dan  berbagai G core network device berteknologi tinggi yang fleksibel dalam pemanfaatannya. 
 
2. 5G Common Core
 
ZTE 5G Common Core terdiri dari layanan fungsi jaringan yang ditentukan oleh spesifikasi 3GPP dan layanan fungsi jaringan publik. Semua layanan ini memenuhi kebutuhan produk mandiri, dapat digunakan kembali dan diatur sendiri.
 
ZTE Common Core menyajikan layanan melalui antarmuka HTTP / 2 + JSON. Pesawat media terdistribusi mendukung fleksibilitas penggunaan dan piranti kinerja tinggi dan jaringan dengan pesawat kontrol melalui protokol CUPS antarmuka (PFCP) standar.

5G-ZTE-5G-Indonesia
 
3. Fixed Network
 
Untuk teknologi fixed network, ZTE menampilkan solusi akses terpadu yang disebut, flagship full-scenario optical access platform pertama di industri yang berorientasi pada 100G PON dan network re-architecture.
 
TITAN diklaim memiliki arsitektur paling canggih dengan kapasitas terbesar, dengan kapasitas switching sebesar 28,8T atau empat kali lipat lebih tinggi.
 
Tingkat integrasi tertinggi yang mendukung  16-port 10G PON dan Combo PON, dan ini menjadi teknologi pertama yang di uji coba dan diterapkan di industri.
 
Kapabilitas akses terkuat, menyediakan hingga 36 slot layanan yang dengan menjaga kondisi bandwidth untuk tetap seimbang di tingkat yang sama, namun juga mampu mengakomodasi empat kali lipat jumlah pengguna atau akses yang lebih banyak.
 
4. 5G Flexhaul
 
5G Flexhaul ZTE menawarkan kemampuan untuk menghadapi tantangan 5G yang merevolusi industri lanskap teknologi network, menghadirkan model aplikasi bisnis baru dan kemungkinan tak terbatas untuk layanan masa depan bagi operator.
 
Arsitektur jaringan minimalis menyederhanakan protokol jaringan, memperpendek periode penggunaan layanan dan mengurangi kesulitan O&M. Teknologi ini juga menghadirkan produk-produk access dengan kapasitas terbesar industri, dan memenuhi persyaratan jaringan terpadu 4G/5G, sehingga mampu memastikan kelancaran perkembangan dan evolusi evolusi jaringan guna melindungi investasi dari pelanggan.
 
5. Big Video ZTE
 
Big Video milik ZTE menawarkan pengalaman video terbaik kepada pengguna, menyediakan platform video terbaik untuk operator, dan menciptakan ekosistem terbuka dengan semua mitra. Mempromosikan layanan yang cepat, mudah, personal, dan stabil, Big Video ZTE menyediakan platform video premium yang bertindak sebagai mesin transformasi operator.

Leave a Comment