Qualcomm dan ZTE Lakukan Panggilan Suara Dengan Teknologi 5G New Radio (VoNR)

ArenaLTE.com - Kemajuan inovasi teknologi 5G telah berhasil diraih ulan lalu oleh Qualcomm Technologies berkolaborasi dengan dengan ZTE Corporation dengan melakukan panggilan suara menggunakan 5G New Radio.

Panggilan suara pertama di jaringan 5G ini dilakukan sesuai dengan standar 3GPP Release 15 melalui spektrum 2,5 GHz (n41) dengan menggunakan base station 5G NR milik ZTE dan perangkat tes berupa ponsel pintar 5G yang didukung oleh Qualcomm® Snapdragon™ 5G Modem-RF System.

Layanan panggilan suara adalah layanan penting bagi operator telekomunikasi, dan saat dilakukan menggunakan dukungan jaringan 5G, hal itu disebut Voice over New Radio (VoNR).

Kemampuan untuk menggunakan panggilan VoNR menjadi langkah penting di evolusi industri mobile yang memungkinkan  operator  untuk memberikan layanan panggilan berkualitas tinggi tanpa harus mengandalkan voice over LTE (VoLTE) atau jaringan LTE.

Panggilan VoNR 5G merupakan capaian terbaru dari berbagai tonggak sejarah yang telah dicapai oleh Qualcomm Technologies dan ZTE dalam kolaborasi berkelanjutan untuk mendukung evolusi 5G.

Sebelumnya, kolaborasi dari dua perusahaan menghasilkan sistem Interoperability Data Testing (IoDT) 5G NR end-to-end yang didemonstrasikan melalui koneksi data yang berbasis standar  3GPP  R15  pada  November  2017  di  Cina. 
 
Sebagai  tambahan,  perusahaan  juga menyelesaikan demonstrasi langsung jaringan layanan yang berbasis sistem komersial terpadu sub-6GHz  pada  Februari  2019  di  Cina. 
 
Yang  terbaru,  Qualcomm  Technologies  dan  ZTE menyelesaikan uji interoperabilitas milimiter-wave ponsel 5G di negara yang sama.
 
“Pencapaian dengan ZTE membantu kami dalam merealisasikan tujuan kami untuk membuka kemampuan 5G dalam mendorong kapabilitas konektivitas di seluruh dunia,” kata Durga Malladi, Senior Vice President and General Manager, 4G/5G, Qualcomm Technologies, Inc.
 
“Sebagai mitra jangka panjang ZTE, Qualcomm Technologies bekerja sama dengan kami untuk mempromosikan verifikasi teknis dan komersialisasi dalam proses pengembangan 5G,” ungkap Bai Yanmin, General Manager of RAN products, ZTE.
 
“ZTE selalu mempertahankan posisi terdepan di industri dalam hal solusi standalaone (SA). Panggilan 5G VoNR yang sukses ini menjadi langkah penting menuju pengalaman penggunaan panggilan suara 5G komersial, dan juga akan mendukung konstruksi 5G SA untuk mendukung lebih banyak penyedia layanan, pengguna dan konsumen perusahaan,” jelasnya.

Leave a Comment