​SAP S/4HANA Memudahkan Pelaporan Pajak Perusahaan

Solusi-SAP
ArenaLTE.com - SAP baru-baru ini meluncurkan sebuah solusi bernama SAP S/4HANA for advanced compliance reporting,yaitu sebuah inovasi baru untuk membantu para eksekutif keuangan perusahaan mengelola pelaporan kenegaraan termasuk laporan pajak.

Inovasi baru ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola, melaksanakan dan menganalisis proses pelaporan sesuai dengan peraturan setiap negara di seluruh dunia. Solusi SAP S/4HANA ini juga cocok diaplikasikan oleh perusahaan mana saja, terutama perusahaan yang memiliki cabang operasi global yang melibatkan pelaporan pajak yang sedemikian kompleks di berbagai negara.

Upaya administratif yang dibutuhkan dalam mengelola serangkaian deadline, format dan tingkat akurasi cukup tinggi, sehingga membutuhkan biaya yang besar dan beresiko bila terjadi kesalahan. Menjaga perusahaan tetap up-to-date seiring dengan perubahan hukum yang sering terjadi seringkali merupakan tantangan dan mendorong tambahan biaya lainnya.

“SAP S/4HANA for advanced compliance reporting” membantu mengatasi berbagai tantangan pelaporan pajak sesuai dengan perubahan hukum yang terjadi. Selain itu solusi ini juga diyakini dapat meningkatkan produktivitas tenaga kerja yang lebih tinggi dan menghapus resiko terjadinya kesalahan dan biaya-biaya tak terduga lainnya.

Solusi SAP S/4HANA menggunakan Dashboard tunggal yang memberikan transparansi dan kontrol secara penuh terhadap proses menyeluruh, termasuk penjadwalan, alur kerja, status pelaporan, analisis terpadu, penjelajahan data yang dilaporkan dan jejak audit yang lengkap. Hal ini memfasilitasi pelaksanaan pelaporan di berbagai negara.

Semua laporan dapat diserahkan langsung ke otoritas pemerintah, membantu memastikan ketepatan dan penyerahan yang tepat waktu untuk kewajiban kenegaraan seperti PPN (pajak pertambahan nilai), GST (goods and service tax – pajak barang dan jasa), WHT (withholding tax), SAF-T (Standard Audit File for Tax) dan pelaporan aset.

"Para penanggung jawab keuangan dan kepala divisi pajak ditantang dalam menjamin pemenuhan ketentuan kenegaraan di masing-masing negara tempat mereka beroperasi,” tutur Thack Brown, manajer umum dan ketua global dari Line of Business Finance di SAP.

“Solusi “SAP S/4HANA for advanced compliance reporting” memungkinkan perusahaan untuk melaksanakan dan mengawasi keseluruhan proses pelaporan secara terpusat. Termasuk dalam memberikan wawasan analitis (analytical insights), penyesuaian, koreksi, pemenuhan deadline dan penyerahan kepada otoritas di sebuah negara,” pungkasnya.

Leave a Comment