Karakter Pembaca Konten Digital Di Indonesia Menurut UCWeb

UCWEB-UCNews-We-Media-Reward-Plan
ArenaLTE.com - Menurut laporan terbaru yang dikeluarkan oleh UCWeb, ada beberapa fakta menarik tentang karakteristik para pembaca dan penikmat konten digital UCWeb ini. Laporan ini menemukan bahwa sudut pandang unik dan konten yang mudah dicerna telah terbukti meningkatkan interaksi dengan pembaca.

Hal ini dibuktikan dengan jumlah interaksi pengguna dengan para kontributor naik tiga kali lipat dari Maret hingga Juni, serta total konsumsi konten milik tiap kontributor naik hingga 50,88% terhadap tingkat konsumsi konten yang diciptakan oleh kontributor individual pada platform ini.

Ini sejalan dengan pertumbuhan konsumsi konten digital yang berkesinambungan, semakin meluasnya kesadaran tentang jurnalisme rakyat (citizen journalism) dan yang lebih penting, sebuah ketertarikan yang lebih kuat untuk berbagi ide untuk membangun masyarakat terbuka.

Konten Digital olahraga masih jadi pilihan teratas

Selain artikel dengan analisis mendalam dan menstimulasi pikiran, olahraga juga menduduki peringkat teratas untuk kategori konten diantara pembaca berita UCWEB. Meningkatnya tren konten seputar kompetisi olahraga global dan lokal memicu keaktifan kontributor dalam menciptakan konten terkait dengan olahraga, mulai dari analisis dan strategi pemain, prediksi hasil, juga gosip seputar pemain.

Oleh karena itu, para kontributor konten olahraga juga mendapat penghasilan lebih banyak sebesar 10 persen dibandingkan dengan kontributor konten hiburan. Disamping itu, banyak kontributor konten olahraga memperoleh sebagian besar pendapatannya pada akhir bulan Mei karena banyak terselenggaranya kompetisi olahraga pada bulan April dan Mei.

UCWeb

Pembaca Indonesia menjadi lebih aktif dalam berinteraksi dengan konten

Laporan UCWEB juga mengungkapkan bahwa total artikel yang dihasilkan oleh masing-masing kontributor meningkat sebesar 23,90%. Disisi lain, interaksi pembaca secara keseluruhan dengan kontributor pada platform juga meningkat sebesar 187,28%, terutama jumlah "shares" di bulan Mei.

Fakta ini menunjukkan bagaimana pembaca saat ini menjadi lebih aktif dalam berinteraksi dengan konten dan tidak takut untuk mengungkapkan pendapat mereka juga ikut bergabung dalam diskusi jika kontennya menarik.

Konsumsi konten yang terus meningkat menandakan bahwa pilihan konten dari pembaca menjadi lebih bervariasi, termasuk konten umum, olahraga, hiburan, dan humor. Hal ini tentunya juga berkontribusi terhadap pertumbuhan pencipta konten berkualitas. 

Leave a Comment