Belajar Sejarah Istana Deli di Aplikasi Digital Mainmoon

ArenaLTE.com - Perkembangan teknologi telah membawa banyak kemajuan hampir disemua sektor industri. Bahkan, sebuah kebudayaan yang disimpan baik dalam musem kini bisa dinikmati melalui sebuah teknologi. Memanfaatkan perkembangan teknologi digital dalam melestarikan warisan budaya bangsa, Indosat Ooredoo memperkenalkan aplikasi Istana Maimoon kepada masyarakat dan generasi muda, sebagai sarana untuk mensosialisasikan tempat bersejarah tersebut secara digital.

Aplikasi yang dikembangkan Indosat Ooredoo tersebut secara resmi diserahkan kepada pihak Istana Maimoon di Medan, Istana Kesultanan Deli yang menjadi salah satu ikon Kota Medan, Sumatera Utara pada Kamis lalu (16/2). 

"Sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, kami ingin menghadirkan manfaat digital di semua aspek dan bidang, tidak terkecuali untuk pengembangan dan pelestarian obyek budaya, sehingga warisan budaya bangsa dapat semakin dikenal dan menjadi kebanggaan masyarakat dan generasi muda. Aplikasi Istana Maimoon yang kami kembangkan ini kami harapkan juga dapat membantu program konservasi dan sosialisasi kekayaan budaya bangsa secara global dengan kemudahan teknologi yang dapat diakses oleh siapapun," kata Deva Rachman, Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo.

Indosat Ooredoo akan mengembangkan aplikasi Istana Maimoon dengan konten meliputi augmented reality dan virtual tour. Tujuan pengembangan aplikasi baru yang tergolong canggih itu untuk memudahkan calon pengunjung Istana Maimoon mengetahui keindahan fisik dari warisan budaya tersebut. 

Selain menyerahkan aplikasi Istana Maimoon, Indosat Ooredoo juga menyerahkan donasi untuk pengembangan Istana Maimoon sebesar Rp 150 juta, termasuk pembangunan dan renovasi fasilitas penunjang di lingkungan istana. Kegiatan ini sendiri merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility/CSR) Indosat Ooredoo di bidang edukasi dan inovasi. 

Dalam kesempatan yang sama, Indosat Ooredoo juga menyediakan lima unit smartphone di Istana Maimoon sebagai sarana untuk mensosialisasikan aplikasi ini kepada masyarakat. Pengunjung dan wisatawan yang datang ke Istana dapat mencoba aplikasi ini sebagai teknologi baru untuk mengenal Istana Maimoon secara lebih detail, termasuk mengenal fisik istana beserta benda-benda bersejarah yang ada di dalamnya. 

Leave a Comment