Ini Aplikasi Paling Boros Dalam Penggunaan Sumber Daya

ArenaLTE.com - Avast, perusahaan yang memimpin secara global dalam keamanaan digital, telah merilis laporan Q3 2017 Android App Performance and Trend Report untuk berbagi wawasan berdasarkan pengamatan terhadap tiga juta pengguna Avast di perangkat Android.

Laporannya mengungkap aplikasi-aplikasi mana yang boros sumber daya sistem, baik saat aktif maupun saat berjalan di latar belakang. Dengan mengetahui hal ini, pengguna dapat membuat keputusan yang lebih baik ketika memilih aplikasi yang hendak mereka unduh, dalam mengoptimalkan pengaturan untuk mencegah baterai terkuras terlalu cepat, dalam memaksimalkan ruang penyimpanan dan menghindari penggunaan data secara berlebihan.

Di antara semua aplikasi yang mengaktifkan diri saat startup dan tetap aktif di latar belakang, aplikasi buatan Samsung dan Google mendominasi daftar 10 aplikasi teratas yang menguras isi pakai baterai, data seluler atau ruang penyimpanan, atau gabungan kesemuanya. Aplikasi AllShare milik Samsung adalah pelaku nomor satu.

Facebook, Spotify dan Instagram adalah tiga aplikasi teratas dalam mengambil ruang penyimpanan terbanyak, sementara  Google Talkback, Facebook and Instagram memimpin dalam penggunaan volume data seluler (mobile data). Tiga aplikasi yang paling menguras baterai adalah Beaming Service for Samsung, Samsung WatchOn dan Netflix.

Hasil lebih lanjut menunjukkan bahwa sembilan dari sepuluh pengguna Android menggunakan perangkat Samsung  dan separuh dari ponsel pintar yang masuk daftar sepuluh besar perangkat terpopuler berusia lebih dari dua tahun.

Laporan terbaru Avast juga menguraikan aplikasi Android mana yang harus diwaspadai pengguna yang sering mengalami kehabisan ruang penyimpanan, isi baterai atau volume data seluler, dan berbagi informasi tentang cara mengoptimalkan setelan ponsel pintar untuk mencega masalah-masalah ini.

Gagan Singh,  Senior Vice President and General Manager, Avast Mobile mengungkapkan, isu yang memprihatinkan adalah banyaknya perangkat Samsung lama yang masih digunakan. Banyak pengguna mungkin tidak menyadari bahwa Samsung tidak menyediakan update keamanan secara reguler untuk ponsel pintar model lama dan hal ini membahayakan keamanan pengguna.

Metodologi yang dipakai adalah data gabungan dan data anonim dikumpulkan dan dianalisis dari Juli sampai September 2017, dari lebih dari tiga juta pengguna Avast di perangkat Android. Aplikasi yang dianalisis hanya menyertakan aplikasi yang tersedia di Google Play, di mana Avast mengamati ukuran sampel minimal 50.000 kejadian pemakaian.

Leave a Comment