6 Teknologi Interaktif Sony Music Entertainment Jepang Hadir Di AFA Jakarta

Teknologi-interaktif-Sony-Music-Entertainment-Jepang-1
ArenaLTE.com - Sony Music Entertainment Japan, perusahaan musik, hiburan dan teknologi dari Jepang, berpartisipasi dalam acara tahunan Anime Festival Asia (AFA) yang diselenggarakan di Jakarta. Ini adalah partisipasi pertama Sony Music Entertainment Jepang di Jakarta. Dalam acara ini, Sony Music Entertainment Jepang memperkenalkan serangkaian produk teknologi interaktif yang berkaitan dengan musik, permainan dan edukasi.

Secara keseluruhan, ada enam produk yang diperkenalkan yaitu anywhereVR yang merupakan bagian dari ekosistem PSVR, Volly, Nawatobi Jumper, Daifuku-kun, Shinkukan Dolls, Mitene dan Tama. “Kami membawa rangkaian teknologi kami untuk diperkenalkan di Indonesia. Semua produk ini adalah komitmen Sony Music Entertainment Jepang untuk memberikan pengalaman hiburan terbaik bagi masyarakat Indonesia, "kata Sony Music Entertainment Japan Chief Producer Masako Masuda.

AnywhereVR

Teknologi-interaktif-Sony-Music-Entertainment-Jepang
Pertama kali diluncurkan di konferensi pers Play Station tahun lalu, anywhereVR mengadopsi konsep Okini no shop & koto Itsumono yang bisa diartikan sebagai ruang bersantai virtual dimana Anda masih bisa terhubung dengan smartphone Anda. anywhereVR akan membawa Anda ke tempat favorit Anda seperti di tengah taman bunga atau di bawah langit yang dipenuhi bintang dalam sekejap.

“anywhereVR akan memproyeksikan gambar VR 360 derajat serta musik pilihan Anda. Dengan memunculkan smart device yang sudah diinstall aplikasi khusus gambar tersebut, produk ini dapat membuat sensasi baru dimana pengguna akan diteleportasi ke tempat pilihannya dan tetap terhubung ke dunia luar. Anda tidak perlu repot melepas perangkat VR Anda ketika ada panggilan masuk atau notifikasi lainnya, "jelas Merchandising & Event Produce Company Kenta Matsuo.

VOLLY

Teknologi-interaktif-Sony-Music-Entertainment-Jepang
VOLLY merupakan Phygital Gadget berbentuk bola ditargetkan untuk anak-anak yang dapat merekam dan mengubah suara menggunakan sistem pendeteksi gerakan (mendeteksi getaran dan rotasi) yang tertanam di dalamnya jika pengguna menggerakkan VOLLY. Dengan “mainan berbentuk bola yang unik” ini anak-anak dapat merekam suara diri sendiri atau suara lainnya ser-ta dapat mengubah suara yang sudah direkam dengan menggelindingkan atau memutar VOLLY.

"Volly bertujuan menjadi alat edukasi untuk anak-anak. Anak-anak bisa belajar berk-omunikasi melalui perangkat ini, "kata Masako Masuda. Perangkat ini dirilis pada Maret 2017 di Jepang dan mendapatkan review positif. Pe-rangkat ini tersedia di versi original, Haruna Luna dan versi Tomohisa Sako. Dalam versi original, anak-anak bisa merekam suaranya sendiri.

Nawatobi Jumper

Teknologi-interaktif-Sony-Music-Entertainment-Jepang
Nawatobi Jumper adalah “Lompat Tali” yang dipadukan dan dikembangkan dengan teknologi digi-tal agar menjadi atraksi yang lebih menarik untuk anak-anak. Dengan bermain lompat tali sambil mengenakan perangkat khusus, roket yang ditampilkan pada layar akan terbang menuju luar angkasa sesuai dengan jumlah dan ketinggian meloncat.

"Ini adalah produk terbaru dari Sony Music. Kami merilis perangkat ini pada awal ta-hun ini. Perangkat ini memang ditujukan untuk anak-anak. Saat ini, sebagian besar teknologi membuat gaya hidup yang tidak sehat pada anak-anak. Kami ingin anak-anak memiliki gaya hidup sehat dengan cara yang menghibur, "jelas Masako Masuda

Daifuku-kun

Teknologi-interaktif-Sony-Music-Entertainment-Jepang
Kidstone yang merupakan merek khusus anak-anak milik Sony Music Entertainment, menciptakan aplikasi yang terinspirasi dari “Wagashi” yang mewakili makanan tradisional Jepang. Lewat Wagashi, Kidstone membuat serta mengembangkan karakter orisisnil bernama Daifuku-kun yang ditargetkan untuk anak-anak dan orang tua atau pendampingnya.

"Daifuku-kun adalah kearifan lokal dari Jepang. Kami baru saja merilis karakter ini pada bulan Juni 2017. Saat ini, kami hanya memiliki animasi youtube untuk karakter ini. Kami berharap bisa menemukan mitra bisnis untuk mengembangkan karakter ini ke dalam banyak platform seperti barang atau produk, "jelas Masako Masuda

Karakter utama dalam aplikasi ini adalah anak lelaki berumur 5 tahun dengan sifat baik hati dan sangat sopan. Sejak kecil Ia diajarkan cara bersopan santun khas Jepang, menghormati dan melayani orang lain dengan baik. Ia akan mendekati dan memeluk orang yang sedang dalam kesulitan atau orang yang ingin disayanginya.

Shinkukan Dolls

Teknologi-interaktif-Sony-Music-Entertainment-Jepang
Shinkukan Dolls adalah proyek bersama antara John Hathway dengan Sony Music Entertainment Japan. Shinkukan awalnya adalah pemain kartu grafis seperti tarot dengan 2 pemain, yang akan dimainkan dalam 30 menit. Permainan ini mengambil latar di distrik alternatif Akihabara, kota ini diimajinasikan menjadi kota terapung dimana sains telah sangat maju ke suatu titik di mana anti-gravitasi dimungkinkan. Dalam permainan ini, pemain akan berperan sebagai Shinkukan Dolls.

Tama dan Mitene

Mitene adalah signage digital interaktif yang memiliki "mata" dan "otak" dengan mengintegrasikan signage digital yang ada dengan teknologi AR. Teknologi ini memungkinkan pengguna berinteraksi dengan karakter yang ditampilkan di TV. Dalam pameran ini, Sony Music Entertainment Jepang memilih kucing Tama sebagai karakter utama.

"Mitene telah dipasang di lebih dari 100 tempat di Jepang. Sebagian besar Mitene dipasang di supermarket atau department store. Selain tujuannya untuk menghibur, Mitene juga bisa digunakan untuk mengumpulkan data dari konsumennya melalui ke-mampuan sensornya, "jelas Masako Masuda.

Dengan kemampuan AR yang dipunya, Mitene dapat berguna sebagai alat yang efektif untuk memperoleh pelanggan baru dan menyampaikan promosi sambil membangun basis data pemasaran dengan fungsionalitas analisis log built-in.

Leave a Comment