5 Trik Pamer Keahlian Di LinkedIN, Senjata Untuk Dapat Kerja Baru

ArenaLTE.com - Menurut data terbaru dari LinkedIn, profesional di Indonesia kini lebih percaya diri menampilkan keahlian dan kemampuan ketimbang nilai-nilai pribadi mereka. LinkedIn menganalisis kata-kata yang paling banyak dituliskan (buzzwords) oleh orang Indonesia di dalam profil LinkedIn mereka selama satu tahun terakhir.
 
Menariknya, kata ‘Skilled’ pertama kali masuk ke dalam peringkat 10 besar buzzwords di dunia dan di Indonesia. Ada 10 buzzwords terpopuler di LinkedIn selama tahun 2017 di Indonesia, yaitu Experienced, Skilled, Specialize, Passionate , Responsible, Leadership, Motivated, Focused, Creative, Expert
 
Agar dapat memahami alasan dibalik penggunaan kata-kata tersebut, LinkedIn berkolaborasi dengan ahli sosiolinguistik, Professor Rodney Jones dari University of Reading, dan juga pelatih pengembangan karier dari Indonesia, Agung Prabowo, yang juga seorang konsultan senior di DDI.
 
Profesor Jones menjelaskan, “Ini merupakan upaya untuk merefleksikan diri secara lebih spesifik dan menyesuaikan dengan perkembangan di industri saat ini. Kata 'Skilled' dan 'Experienced' yang kian banyak ditulis mencerminkan peningkatan kebutuhan tenaga kerja yang lebih terspesialisasi.
 
Ambil contoh dari industri perbankan dan farmasi di dunia yang kini sedang mendapatkan sorotan khusus. Para profesional di kedua industri ini kian dituntut memiliki keahlian dan kemampuan yang dapat diverifikasi keabsahannya.
 
Menelisik dari sudut pandang lokal, Agung mengatakan, “Menunjukkan keahlian dan kemampuan adalah cara orang Indonesia untuk tetap relevan di dunia tenaga kerja yang sangat kompetitif ini. Lebih dari sekedar nilai jual, kata-kata ini merepresentasikan passion dan energi yang dicurahkan ke dalam pekerjaan mereka setiap harinya.”


 
Linda Lee, Head of Communications, Southeast Asia & North Asia, LinkedIn, mengatakan, “Kami ingin membantu anggota kami untuk dapat memikat para penyedia kerja dengan lebih baik, sekaligus terhubung dengan peluang pengembangan karier yang lebih luas. Karena itu, selain menggunakan kata-kata untuk mendeskripsikan diri kita, kami mendorong seluruh anggota untuk berinteraksi secara lebih aktif dengan jaringan dan komunitas di LinkedIn. Dan ingat, menjadi diri sendiri sanggatlah penting demi meningkatkan keberhasilan upaya tersebut.”
 
Di bawah ini adalah beberapa saran untuk membuat profil LinkedIn lebih menonjol dan dapat memikat perekrut dengan lebih baik:
 
1. Bangun profil Anda dengan rasa bangga. Profil yang lengkap dan yang menampilkan kelebihan Anda secara jelas sangat memudahkan perekrut dalam pencarian mereka. Foto profil yang tepat dapat meningkatkan kesempatan kunjungan profil Anda hingga 21x lipat. Dalam hal tulisan, ceritakanlah apa yang bisa dan pernah dilakukan, untuk membuktikan bahwa Anda adalah seorang ‘Specialist’ (sebagai contoh).

2. Tunjukan karakter Anda. Pemilihan kata sangat penting karena itu menunjukkan siapa kita. Meskipun menggunakan kata-kata yang profesional, lugas, dan langsung tepat sasaran ketika sedang menceritakan prestasi sangat disarankan, namun jangan ragu untuk menambahkan kata atau kalimat yang dapat menunjukkan karakter unik Anda.

3. Ingat, tidak hanya kata-kata saja yang bisa berbicara. Tunjukanlah gambar, presentasi, hingga video hasil karya yang Anda banggakan, untuk benar-benar menunjukkan bahwa Anda itu ‘Creative’. Di dunia berlimpah tenaga kerja ini, Anda hanya memiliki waktu  5 hingga 10 detik untuk membuat orang lain tertarik dengan profil Anda.

4. Jadilah orang yang aktif. Keaktifan Anda dalam membangun jaringan yang bermakna menjadi kunci keberhasilan. Ikuti (follow) organisasi yang menginspirasi atau Anda idam-idamkan, buatlah koneksi baru, bergabunglah dengan komunitas grup, dan berpartisipasilah ke dalam berbagai diskusi di LinkedIn. Dengan menjadi aktif, perekrut akan tahu bahwa Anda adalah ahli dibidangnya.

5. Jangan takut untuk menyuarakan opini Anda. Tulis post ataupun blog jika Anda memiliki pandangan khusus tentang suatu topik dan ingin menunjukkan keahlian di suatu bidang tertentu. Tulisan Anda merefleksikan kemampuan dan pemahaman pada suatu bidang/topik, dan memudahkan orang lain untuk melihat hal tersebut.

Leave a Comment