IDC Umumkan Posisi 3 Besar Pasar Smartphone Tanah Air

ArenaLTE.com - Meski masuk dalam desakan banyak pemain pasar baik dari lokal maupun global, eksistensi Advan tercatat cukup baik di pasaran saat ini. Perusahaan berhasil menorehkan catatan masuk tiga besar ponsel lokal yang unggul di pasaran saat ini, serta mampu menyingkirkan pesaing utamanya di pasar middle-end, seperti Xiaomi dan Vivo.

Hal tersebut didapat dari hasil laporan IDC terbaru yang menyebutkan perihal Top 5 smartphone di Indonesia, seperti Samsung yang mendapat porsi sebesar 30%, Oppo 25%, serta Advan 8.3% yang disusul oleh Vivo 7.5% dan Xiaomi 5.2%.  Prestasi yang lebih baik dari sebelumnya yang dilaporkan perusahaan riset tersebut pada kuartal-I 2017 lalu, dalam laporan yang sama namun tidak memasukkan Advan dalam Top 5 Smartphone di Indonesia.

Memang perlu diakui, hingga saat ini ponsel merek lokal cenderung menurun. Namun hal tersebut diklaim perusahaan tidak terjadi pada Advan. Hal ini juga diungkapkan diperkuat dengan laporan data yang menyebutkan produsen mampu menaiki dan menduduki porsi dengan perolehan market share hingga 49% lebih baik dari rivalnya



Dalam catatan laporan badan riset IDC juga disebutkan bahwa total pengiriman ponsel vendor lokal selama kuartal-II adalah 1,4 juta unit, dan sampai kuartal-III menduduki peringkat kenaikan hingga 4,2 juta unit. Hal ini mengartikan bahwa adanya peningkatan penjualan Advan yang mencapai 700 ribu unit selama kurun waktu 3 bulan, sejak April sampai Juni 2017 atau sampai akhir kuartal-III ada sekitar 2,1 juta unit.

Melihat dari data tersebut, ternyata Advan satu-satunya brand asal Indonesia yang mampu bersaing dengan brand Global lainnya seperti Samsung dan Xiaomi. Kebanggaan ini terlebih lagi dirasakan, karena Advan berhasil mengalahkan raksasa eropa dan raksasa dari China yaitu Xiaomi, Vivo, dan Lenovo.
Tjandra Lianto, Marketing Director Advan mengatakan, “Advan sangat bangga atas pengakuan yang diberikan IDC, mengingat hanya Advan satu-satunya brand asal Indonesia yang terus bersaing dengan brand Internasional lainnya. Apalagi smartphone Advan selalu dirasa paling pas menawarkan spesifikasi dan harga yang value for money dengan segudang fitur menarik. Dan tidak lupa juga pastinya spesifikasi yang mumpuni, Advan akan selalu menginspirasi para penggunanya,” ujarnya.
 
Sementara itu Hasnul Suhaimi, Advan Business Management Advisor menyatakan bahwa, “Kunci sukses Advan karena ada kemajuan produk yang sangat signifikan ditunjukkan dari smartphonenya yaitu i5C plus, G1, G1 Pro, dan A8. Jadi jika kita lihat smartphone Advan telah bertransformasi dalam semua aspek yang dimiliki smartphone kelas global. Mulai dari chipset, kamera, audio, baterai, IDOS,  material berkualitas tinggi dan design produk yang semakin elegan dan relevan dengan generasi muda sekarang ini,” tutur Hasnul.
 
Dari semua itu keunikan tersebut, positioning Advan terletak pada security teknologi dan features melalui Advan secure. Dengan hadirnya Advan secure, Advan adalah smartphone pertama di Indonesia yang menawarkan berbagai kecanggihan fitur keamanan yang dapat melindungi privasi penggunanya dari berbagai risiko kehilangan ataupun pencurian data dan smartphone.
 
Tidak hanya itu, ikon anak muda yang menginspirasi seperti Natasha Wilona dan Verrel Bramasta, hingga grup musik GAC (Gamaliel Audrey Cantika) yang menjadi brand ambassador Advan terus menyuarakan semangat Advan melalui karya-karya mereka yang menginspirasi. Hasilnya, Natasha Wilona terpilih menjadi The Best Brand Ambassador mewakili Advan di ajang kompetisi yang diadakan e-commerce terbesar di Indonesia yaitu Lazada.co.id.
 
Untuk terus menghadirkan smartphone berkualitas lainnya, pada awal tahun 2018 Advan akan mengeluarkan seri G terbaru yang dinamakan Advan G2. Teknologi kamera depan yang diusung Advan akan membuat hasil foto terlihat lebih detail dan tajam, sehingga para selfie lover dapat menikmati hasil foto “Selfie in Detail”.

Namun tidak hanya mengenai selfie, Advan G2 memiliki segudang spesifikasi yang sangat bersaing dengan smartphone global lainnya, serta memiliki keunggulan harga yang jauh lebih terjangkau. Strategi Advan yang selalu mengeluarkan produk yang paling pas untuk masyarakat Indonesia ini membuat Advan G2 digadang-gadang akan menjadi “The Next Most Anticipated Smartphone” di tahun 2018.

Leave a Comment