IDC : 32 Juta Unit Wearable Terjual Pada Kuartal-III 2018

ArenaLTE.com - Perusahaan riset pasar, IDC, baru ini mengumumkan perihal pengiriman produk wearable ke pasar secara global pada Kuartal-III 2018 ini cukup meningkat meski tidak besar. Perusahaan mencatat ada pertumbuhan skala kecil di sektor ini sebesar 1,8%. Hal ini menandakan bahwa saat ini pertumbuhan pengiriman perangkat wearable ke pasar dalam kuartal tersebut mencapai 32 juta unit.

Pengiriman pada kuartal-III 2018 yang tercatat oleh IDC sebanyak 32 junit ini ada pada tempo atau terjadi dalam kurun waktu singkat selama tiga bulan. Angka tersebut juga diungkapkan meningkat dibanding dengan kuartal yang sama pada tahun 2017 lalu yang hanya mencapai penjualan sebanyak 26,3 juta perangkat, meningkat sebanyak21,7% untuk angka penjualan.

Xiaomi dan Apple dalam catatan IDC tercatat sebagai perusahaan yang berada dalam sektor persaingan yang ketat di industri wearable. Sepanjang kuartal ketiga tahun 2018, Xiaomi mendominasi perangkat wearable untuk produk kebugaran mereka, Mi Band 3. Meski usaha perusahaan untuk ekspans berlanjut ke pasar internasional seperti Eropa dan Afrika, namun pengiriman di China mampu menyumbang 61% dari 6,9 juta unit yang terjual. 

Di sisi lain, Apple menjadi produsen smartwatch nomor satu dengan mampu meraih penjualan mencapai 4,2 juta unit terjual, naik 54% dari 2,7 juta unit yang dikapalkan setahun sebelumnya. Dari jumlah ini, 80% dikaitkan dengan model Seri 3 2017, sedangkan Seri 4 yang lebih baru meraih 20% penjualan selama dua minggu ketersediaannya.

Di tempat lain di segmen smartwatch, Fitbit mengukuhkan posisi tempat kedua dengan penjualan Versa yang kuat. Huawei kemudian mengikuti di ketiga berkat beberapa pembaruan halus untuk seri Huawei Watch, cukup untuk mempertahankan keunggulannya atas Samsung . Omong-omong, laporan mengklaim bahwa itu masih sangat bergantung pada Gear S3 yang lebih tua untuk penjualan.

Melihat ke masa depan, Apple Watch Series 4 diharapkan dapat mendorong pertumbuhan penjualan yang signifikan di segmen smartwatch berkat layar yang lebih besar dan fitur-fitur yang berfokus pada kesehatan. Demikian pula, fokus Fitbit pada kesehatan diatur untuk terus membayar dengan penjualan yang kuat.

Leave a Comment