ArenaLTE.com – Smartphone basis Android premium yang ditawarkan harga tinggi memang sudah cukup mudah ditemui saat ini, namun kehadirannya tidak lantas mematikan peredaran ponsel dengan harga terjangkau. Minggu kedua di bulan Desember ini, peredaran ponsel pintar Android kelas menengah masih diminati pembeli.

Beberapa toko di wilayah Roxy Mas mengungkapkan, antusias masyarakat terhadap smartphone Android IDR 1,5 jutaan masih sangat tinggi. Banyak alasan yang diungkapkan pembeli, namun alasan terbanyak menerangkan bahwa smartphone Android dengan harga terjangkau tersebut cocok digunakan untuk pengguna Android pemula.

“Nggak usah yang mahal-mahal dulu deh, buat Anak yang masih baru make hape mending kasih yang terjangkau. Tapi, ponsel Android sekarang lagi rame, jadi ya dicari yang harganya dibawah 2 jutaan aja dulu,” jelas Hasan, pengunjung toko Indokom yang berada di Roxy Mas.

Berikut jajaran smartphone Android IDR1,5 jutaan yang masih diburu pembeli.

samsung galaxy J1Samsung Galaxy J1

Jika disebutkan brand mana yang pantas banyak ditanyakan pengguna lokal untuk harga IDR1,5 jutaan tentu saja masih Samsung yang merajai. Seri galaxy J1 diungkapkan cukup laris di pasaran, pasalnya harga yang ditawarkan kepada pengguna adalah sekitar IDR 1,4 jutaan.

Seperti kebanyakan ponsel di level harga yang sama, tentu spesifikasi yang diberikan dari smartphone terjangkau ini bisa dibilang sekadarnya. Seperti halnya layar yang hanya berukuran 4,3 inci, serta dapur padu dari prosesor Dual Core Cortex A7 dengan kecepatan 1.2GHz, serta memori RAM 512MB. Untuk kamera, menggunakan resolusi utama mencapai 5MP dan kamera depan 2MP.

samsung galaxy J1 aceSamsung Galaxy J1 Ace LTE

Sebenarnya jika dibandingkan dengan seri Samsung pertamanya yang disebutkan diatas, Galaxy J1 Ace 4G LTE memang tidak berbeda jauh. Selain harga yang dibanderol lebih mahal sedikit, sekira IDR 1,5 juta namun spesifikasi yang dibawanya hampir sama, namun kelebihan dari J1 Ace LTE ini yaitu dukungan terhadap jaringan layanan 4G LTE.

Pada bagian layar, seri ini juga hadir dengan dukungan layar 4,3 inici yang menggunakan layar dengan anel Amoled. Begitupun halnya dengan dapur pacu yang dimiliki J1 Ace LTE ini, menggunakan prosesor Dual Core 1,3GHZ, serta memori RAM yang hanya sebatas 768MB. Serta kamera utama yang hadir dengan resolusi utama sama, yakni 5MP bagian utama dan 2MP bagian depan.

asus zenfone goAsus Zenfone Go

Beberapa pemilik toko mengungkapkan, Asus Zenfone Go menjadi jawaban untuk para pengguna yang menginginkan ponsel Zenfone 2 dengan harga IDR 1,5 jutaan. Namun, seri Zenfone Go hadir dengan dukungan prosesor Mediatek, bukan lagi basis Intel seperti pendahulunya tersebut.

Sedangkan spesifikasi lainnya adalah dimensi layar 5 inci dengan panel LCD  IPS. Serta memori RAM dengan kapasitas 2GB, serta kamera utama yang menggunakan resolusi sebesar 8MP dan kamera depan hanya beresolusi 2MP.

asus zenfone cAsus Zefone C

Selain Zenfone Go, smartphone basis Android Lollipop dari keluarga seri Asus Zenfone lainnya yang yang hadir dengan harga terjangkau sekitar IDR 1,3 jutaan adalah Zenfone C. Seri ini hadir dengan dimensi layar yang lebih kecil dibandingkan dengan keluarga seri Zenfone keluaran Asus lainnya, yakni hanya seluas 4,5 inci.

Untuk spesifikasinya, seri ini hadir dengan dukungan dapur pacu prosesor Intel Atom Dual Core yang memiliki kecepatan 1,2GHz. Selain itu juga, hadir dengan memori RAM yang masih berkapasitas 1GB, serta memori internal sebesar 8GB. Sedangkan pada bagian kamera, masih menggunakan resolusi 5MP pada bagian utama dengan kamera depan hanya sebatas VGA.

xiaomi redmi 2Xiaomi MI Redmi 2

Vendor satu ini memang menjadi favorit oleh banyak penjual, terbukti dengan penjualan yang diklaim cukup sukses menggebrak pasar ponsel murah di Indonesia. Saat ini, Xiaomi Redmi 2 dibanderol di pasaran dengan harga IDR 1,5 juta. Untuk spesifikasinya sendiri, seri ini hadir dengan dukungan dapur pacu dari prosesor Qualcomm MSM8916 Quad Core yang hadir dengan kecepatan 1,2GHZ. Selain itu juga, ada memori RAM dengan varian kapasitas 1GB dan 2GB. Sedangkan untuk dukungan kamera, hadir dengan kekuatan kamera utama 8MP dan kamera depan dengan resolusi 2MP.