TOP 3 BEST SMARTPHONE 2017

BEST-SMARTPHONE-2017
ArenaLTE.com - Tahun 2017 kemarin, diwarnai dengan hingar bingar dari vendor-vendor smartphone, yang berlomba menggelontorkan seri-seri unggulannya ke pasar Indonesia. Mulai dari smartphone kelas menengah bawah, hingga smartphone premium yang hargnya menembus angka dua digit. Tahun kemarin ditandai pula dengan kemunculan merek-merek baru dan merek lama yang sempat menghilang.
 
Sektor fotografi masih jadi andalan inovasi teknologi smartphone terbaru, para produsen ini banyak merilis serial smartphone dengan kamera yang handal untuk mendekatkan kemampuan kamera smartphone dengan kamera digital. Tidak hanya sektor fotografi saja, Smartphone menujukkan fungsinya sebagai perangkat serba bisa, sesungguhnya juga bisa digunakan sebagai perangkat hiburan dengan kemampuan multimedia dan mampu memainkan games berkualitas tinggi.
 
Untuk itulah, ArenaLTE mencoba mencermati dinamika industry smartphone di Tanah Air pada 2017 kemarin, dengan mencoba memilih smartphone-smartphone mana saja yang termasuk terbaik di kategori masing-masing. Kami melakukannya dengan lebih menekankan pada pendekatan fungsional, bukan sekadar kelengkapan.
 
Nah, berikut ini adalah jajaran smartphone terbaik, yang terbagi dalam beberapa kategori tertentu :

BEST MULTIMEDIA SMARTPHONE 2017

Multimedia adalah salah satu aspek yang sulit dipisahkan dari smartphone saat ini. Rasanya ada yang hilang jika sebuah smartphone tak bisa dipakai mengakomodasi kebutuhan hiburan seperti mendengarkan musik, radio hingga menonton serial Korea favorit. 

Meski awalnya ponsel hanya dipakai untuk keperluan dasar voice dan chat saja. Tapi kemampuannya yang semakin serba bisa menjadikan ponsel tak hanya sekedar alat komunikasi tapi juga menjadi perangkat cerdas alias smartphone.

Dukungan sistem operasi mutakhir, prosesor dengan performa grafis handal, fitur audio berkualitas hingga akses internet cepat membuat smartphone bisa merangkap sebagai perangkat multimedia. Tengok saja, smartphone bisa dipakai beragam konten multimedia dan internet.

BEST-SMARTPHONE-2017

Mengambil dan menonton video kualitas tinggi, mendengarkan musik HiFi, bermain game 3D, video chatting dan menggunakan touchscreen atau stylus untuk dikirimkan ke kontak atau unggah ke situs dan sosial media.

Para vendor pun mulai memperkuat unsur hiburan, bahkan sebagian malah menyulap smartphone sebagai perangkat multimedia terbaik. Di antara sekian banyak smartphone yang melimpah di pasar, ada beberapa yang sangat menonjol perihal aspek multimedia. Salah satunya LG V20.

LG V20 bisa disebut sebagai sebuah smartphone multimedia paling menjanjikan saat ini. Bahkan, perangkat ini digadang-gadang sebagai sebuah Hi-Fi berjalan. Fitur serta kualitas audio dalam perangkat ini layaknya surga.

Teknologi audio yang dipersiapkan untuk V20 ini adalah teknologi audio kelas wahid, diperuntukkan agar menghasilkan suara (audio) kelas wahid pula. Mampu memutar file music dengan standar hi-fi yang memanjakan telinga. Kok bisa?

Yups, karena perangkat ini dibekali chipset audio buatan ESS empat layer, yang support max 32 bit/384 KHz audio files. Ini mampu mereduksi noise hingga 50%, yang outputnya adalah suara yang lebih bersih. Kemudian, ditanamkan pula teknologi DaC (digital to analog converter). Gunanya adalah membuat kualitas audio digital –yang terkesan flat—mendekati kualitas analog, yang sesungguhnya lebih kaya.

Masih kurang, LG V20 juga menyusupkan headset khusus yang dirancang  B&O Play yang kredibiliasnya sudah tak diragukan lagi untuk urusan audio. Dengan fine tuning yang akurat, audio yang disalurkan lewat headset terjaga kejernihannya seperti dari sumber asalnya.

Selain unsur audio, ponsel ini punya screen ganda. Untuk mempermudah interaksi antara pengguna dengan ponsel. Pada second screen ini, dapat dipasangi shortcut sejumlah menu, aplikasi dan akses kontak. Sehingga, kita bisa ingin mengakses aplikasi ataupun menu lain tanpa harus menutup aplikasi  atau fungsi yang sedang berjalan di screen utama.

Di sektor prosesor, perangkat ini dibenami dengan chipset papan atas Qualcomm Snapdragon 820 dan disokong sistem operasi Android 7.0 Nougat dan RAM 4GB. Untuk urusan memori, tak perlu khawatir, karena internal 64GB sudah cukup buat menyimpan video dan musik favorit kita.

Oh ya, smartphone ini juga ternyata memiliki kamera ganda di bodi belakangnya dengan komposisi 16MP + 8M wide angle. Sementara di sektor depan ditanamkan kamera selfie dengan besaran 5MP.

Layar Super AMOLED yang disokong resolusi Quad HD membuat mata nyaman saat dipakai menonton film atau video. Gambar yang terpampang sangat tajam dan jernih ala bioskop. Apalagi didukung dengan kualitas audio mumpuni. Klop sudah kenikmatannya.

Melihat semua keunggulannya, pantas kan jika ArenaLTE mengukuhkan LG V20 sebagai yang terbaik di kategori Best Multimedia Smartphone 2017.  

BEST MOBILE PHOTOGRAPHY SMARTPHONE 2017

Mobile photography telah menjadi tren di kalangan pengguna smartphone. Salah satu alasannya yang cukup mendasar, kamera ponsel sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat saat ini. Di berbagai sudut desa hingga kota pasti ada pengguna ponsel yang tengah asyik memanfaatkan kameranya.

Smartphone saat ini bisa memposisikan diri sebagai kamera pribadi buat generasi digital. Sudah bukan hal aneh kok, jika sekarang banyak pengguna smartphone memanfaatkan kamera di perangkatnya untuk merekam momen-momen berharga di sekeliling mereka setiap saat. Berlomba memproduksi foto bagus.

Kamera pun kemudian menjadi salah satu elemen penting dalam meningkatkan penjualan sebuah smartphone. Alhasil, perusahaan saling berinovasi mendorong batasan mobile photography ke level lebih tinggi. Berupaya menciptakan produk yang menjadi standar dunia mobile photography.

BEST-SMARTPHONE-2017

Dari serangkaian smartphone yang memiliki kemampuan keren untuk mobile photography, ArenaLTE memilih Nubia M2 sebagai smartphone terbaik di tahun 2017. Smartphone ini mampu menyuguhkan kesenangan baru dalam hal mobile photography.

Jika dilihat secara keseluruhan, Nubia M2 ini memang tak jauh berbeda dengan smartphone lain yang ada di pasaran saat ini. Tapi di sektor kamera, smartphone ini tampil menonjol dibanding yang lain. Bagaimana tidak, fitur-fitur kameranya mampu mengeksplorasi hasil foto tak kalah hebat dengan kemampuan sebuah kamera DSLR.

Beberapa fitur inovatif dibenamkan dalam antarmuka kameranya. Mulai dari Fitur Clone yang bisa menampilkan obyek yang sama dalam satu frame atau sekali shot. Kalau dalam bentuk aplikasi luar memang sudah ada yang seperti ini. Namun yang sudah built-in, baru ada di Nubia.

Kemudian fitur Star Trail yang bisa dipakai untuk merekam pergerakan bintang di langit. Serta untuk fotografi malam tertanam fitur Lightdraw, memungkinkan pengguna menghasilkan sebuah foto kota dengan gemerlap lampunya, plus larikan cahaya dari lampu kendaraan yang melintas jalan raya.

Terdapat juga fitur Monochrome untuk memproduksi foto hitam putih berkualitas tinggi. Juga fitur Macro buat menghasilkan jepretan foto yang lebih detil dalam jarak dekat seperti bunga produk dan lain-lain.

Fitur-fitur luar biasa ini bisa ditemukan terangkum dalam satu paket ketika kita membuka menu kamera. Yang jelas, fitur-fitur di kamera ini membuat penggunanya bisa berkreasi menghasilkan foto dari Nubia M2  semaksimal mungkin.

Anda bisa menghasilkan foto unik tanpa harus repot-repot melakukan editing pada computer lagi. Dengan Nubia M2 Lite ini, rekayasa foto-foto unik bisa dilakukan secara instant. Di sinilah kekuatan utama Nubia, menghadirkan pengalaman baru dan menyenangkan dalam mobile photography.

Soal kualitas jepretan Nubia M2 benar-benar patut diacungi jempol dan tak perlu diragukan lagi. Smartphone ini punya dua kamera Sony Exmor RS yang berkekuatan 13MP. Memiliki mode refokus dan mengubah besaran aperture pada gambar yang sudah diambil. Sehingga bisa menciptakan foto bokeh berkualitas tinggi (fitur Portrait).

Kamera depannya pun ternyata menjanjikan. Bahkan mampu mengobati kegundahan para pecandu selfie, memiliki sudut tangkap lumayan lebar, 79.8 derajat. Hasil tangkapan lensanya sendiri lumayan memuaskan.Cukup tajam dengan keseimbangan warna yang wajar.

Meski fokus pada kemampuan kamera, performanya pun tak bisa dianggap enteng lho. Nubia M2 ditenagai prosesor Snapdragon 625 dan didukung RAM sebesar 4 GB serta internal memori yang mencapai 64 GB, ikut berkontribusi pada garangnya akselerasi ponsel ini.  Urusan grafis ditenagai oleh GPU Adreno 506.

Smartphone ini juga sudah didukung dengan koneksi 4G LTE, sehingga internet relatif nyaman. Posting atau share foto berukuran besar lewat media sosial pun tak akan menjadi masalah berarti.

Kemampuan fotografinya yang komprehensif didukung kualitas prima menjadikan Nubia M2 sebagai smartphone terbaik di mata kami. Ini yang membuatnya pantas dipilih menduduki posisi nomor satu di jajaran Best Mobile Photography Smartphone.

BEST SMARTPHONE GAME 2017

Memainkan game secara mobile identik dengan perangkat game konsol seperti game boy, PSP dan Nintendo DS. Perangkat game yang memudahkan penggunanya untuk memainkan game dimanapun dan kapanpun.
 
Namun sekarang, kita sudah bisa memainkan game berkualitas melalui sebuah smartphone bahkan terkoneksi langsung dengan internet. Setidaknya ada beberapa faktor yang menentukan bagi sebuah smartphone agar dapat memainkan game mobile dengan sempurna dan lancar.
 
Dari sisi hardware harus sempurna mulai dari ukuran layar tidak kurang dari 5,5 inchi dengan resolusi 1080p. Tipe layar juga sebagaiknya AMOLED atau IPS agar warna, tampilan dan kecerahan bagus.
 
Faktor lain yaitu sistem prosesor antara CPU, GPU, RAM, Memori internal, baterai hingga lokasi speaker kami pilihkan yang terbaik. Belum lagi Sistem operasi, mode game, performace boost, frame rate dan pengaturan lainnya dalam smartphone juga menentukan kenyamanan memainkan game melalui smartphone.
 
Oleh karena itu, berdasarkan kategori tersebut kami memilih tiga smartphone game terbaik 2017 yaitu Razer Phone, iPhone 8 Plus dan Samsung Galaxy Note 8.

BEST-SMARTPHONE-2017
 
Razer Phone menjadi smartphone pertama yang diciptakan khusus memang untuk memainkan game mobile. Karena itulah spesifikasi yang dimiliki Razer Phone sangat ideal untuk game.
 
Razer Phone dibekali layar QHD IGZO LCD berukuran 5,7 inci ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 835, RAM 8GB, dan memori internal sebesar 64GB dengan slot microSD yang bisa ditambah hingga 2TB. Bahkan Razer Phone menajdi smartphone pertama di dunia yang layarnya memiliki refresh rate 120Hz.
 
Bagi kebanyakan gamer, refresh rate sebesar itu berarti tampilan gambar di layar smartphone akan tampak makin smooth. Untuk urusan daya tahan, Razer Phone dibekali dengan baterai berkapasitas 4.000mAh. Tak hanya itu, Razer pun membenamkan teknologi audio Dolby Atmos ke dalam smartphone agar suara yang dihasilkan semakin maksimal.
 
Razer Phone juga sudah menggunakan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat yang dapat diupdate ke Oreo. Untuk urusan kamera, Razer phone memiliki dual kamera utama dengan kemampuan masing-masing 12 Megapiksel dengan lensa wide-angle dan 2x optical zoom.
 
Dengan segala kemampuan yang dimilikinya ini, ArenaLTE menjadikan Razer Phone sebagai best Smartphone Gaming 2017 mengalahkan kompetitor lainnya seperti iPhone 8 Plus dan Samsung Galaxy Note 8.

Artikel Menarik Lainnya:

Leave a Comment