BEST SMARTPHONE 2018

ArenaLTE.com -

Semua orang paham, pada era di mana penggunaan smartphone makin intensif, serta mobilitas yang makin tinggi, kehadiran sebuah smartphone yang memiliki baterai tahan lama, dan ini juga penting, proses pengisian ulang (charging) yang cepat, menjadi hal yang makin dibutuhkan. Bayangkan Anda harus menunggu berjam-jam sampai baterai penuh, sementara Anda sedang dalam perjalanan.

Karena itu, saat ini banyak muncul smartphone yang dilengkapi baterai besar, atau dilengkapi teknologi pengisian ulang (charging) cepat. Intinya, menawarkan kenyamanan bagi pengguna, agar tak selalu kerepotan mencari-cari colokan listrik. Power bank memang bisa menjadi solusi, namun harus selalu menenteng power bank kemana-mana, apalagi saat harus menggunakan ponsel, sungguh mengurangi kenyamanan. Kapasitas baterai besar mungkin membantu. Namun bila tak diimbangi dengan manajemen daya yang baik, tetap saja akan cepat terkuras.

Jadi, berterimakasihlah pada produsen smartphone, yang berhasil memecahkan (sebagian) masalah ini. Lewat teknologi fast charging akan membantu pengisian ulang baterai dalam waktu singkat. Itu satu sisi. Sisi lainnya adalah pengelolaan penggunaan daya baterai yang lebih efisien. Perpaduan dua teknologi itulah yang dapat menambah kenyamanan pengguna.

Di antara sederet smartphone-smartphone mutakhir yang sudah menyediakan dua aspek tersebut, redaksi ArenaLTE menemukan, Oppo F9 adalah smartphone terbaik dalam hal inovasi teknologi pengisian ulang baterai. Mereka memiliki inovasi teknologi yang dinamakan Super VOOC Flash Charge.



Sebagai gambaran, Super VOOC Flash Charge ini mampu mengisi penuh baterai 2.500 mAh hanya dalam waktu 15 menit dan 45 persen hanya dalam waktu 5 menit. Teknologi baru ini bekerja baik pada microUSB dan port USB Type-C dan membutuhkan plug Super VOOC Flash Charge yang baru, kabel khusus baru, dan konektor yang terbuat dari bahan berstandar militer berkualitas tinggi. Super VOOC hanya bertegangan 5V tapi mampu mentransmisi power pada baterai secara langsung tanpa mengkonversi tegangan. Dengan cara ini mereka mampu mencapai efisiensi pengisian hingga 97 persen.

Untuk soal ini, Oppo punya hak paten sendiri, yang menandainya sebagai pabrikan pertama yang memiliki teknologi pengisian cepat. Itu sudah diumumkan pada pagelaran acara Mobile World Congress (MWC) 2016 lalu di Barcelona. Teknologi Super VOOC Flash Charge ini telah memiliki 16 hak paten. Oppo F9 adalah seri pertama Oppo yang mengusung teknologi Super VOOC Flash Charge. Berikutnya, akan disusul dengan seri-seri yang lain.

Dengan teknologi ini, seri F9 mampu mengisi baterai untuk dua jam voice call hanya dalam waktu 5 menit saja. Sementara pengisian selama 10 menit, bisa mengisi baterai hingga 25 persen. Isi selama 30 menit, baterai terisi 75 persen. Tambahkan 15 menit lagi dan baterai terisi 90 persen. Hanya perlu sekitar satu jam sepuluh menit untuk membuatnya terisi 100 persen.

Selain unggul dalam soal fast charging, Oppo F9 ini juga sesungguhnya handal sebagai perangkat pendukung selfie. Punya kamera utama dengan besaran resolusi mencapai 16MP. Nilai bukaan aperturenya cukup tinggi, yakni F/1.8 dengan lensa tambahan di sebelahnya sebesar 2MP, untuk membuat efek bokeh. Fitur kamera di dalamnya disematkan berbagai macam fitur seperti time lapse, video slow-motion, stiker, mode kecantikan AI, dan integrasi Google Lens.
 
Juga punya tampilan cantik. Sudah menerapkan konsep warna gradasi yang saat ini mulai tren pada smartphone-smartphone premium. Bedanya, pada F9 diberi sentuhan kontur berbayang. Panel belakang, selain memiliki permukaan berkilau, juga ditambahi pola patern yang berbayang. OPPO menggunakan Gradient Spraying Technology untuk menghasilkan warna gradasi yang membuat tampilannya lebih halus di masing-masing varian warnanya. Balutan warna begini, kata Oppo, terinspirasi dari warna alami matahari terbit (Sunrise Red) dan terbenam (Twilight Blue). Selain itu, efek pattern yang menghias bagian belakang, berhasil memperindah tampilan F9.

Selain itu, Oppo F9 juga memiliki dimensi layar 6,3 inci, dengan dukungan resolusi piksel sebesar 2340 x 1080 piksel, yang memiliki aspek rasio 19,5 : 9. Rasio layar yang besar hampir memenuhi bagian depan, bila dibandingkan persentase screen-to-body sebesar 84%. Layar yang super lega ini jelas memberikan banyak keuntungan ketika dipakai menonton video, gaming maupun bekerja mengedit dokumen.
Yang jelas, teknologi Super VOOC Flash Charge ini akan membuat selfie-selfie Anda tak bakal terganggu dengan membuang-buang waktu untuk mengisi ulang baterai.

Leave a Comment