Kominfo Masih Blokir Akses Internet Wilayah Papua Dan Papua Barat

ArenaLTE.com - Pasca aksi masa yang berdampak pada kerusuhan di Manokwari, Papua pada Selasa (20/8/2019), sudah berangsur pulih. Bahkan, Panglima Kodam (Pangdam) XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau dalam siaran rilisnya mengungkapkan bahwa situasi Kota Manokwari kondusif. Namun hal ini sepertinya belum sampai pada pihak Kominfo, sehingga akses internet Papua dan Papua Barat masih diblokir.

"Pada hari ini, mulai dari pagi sampai sekarang, kondisi Manokwari sudah kondusif. Kegiatan masyarakat sudah membaik, sudah kembali seperti biasa," kata Pangdam Kasuari, Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau. Pernyataan itu disampaikan Pangdam kepada Pers di Makodim 1801/Manokwari tadi pagi disela-sela kegiatannya berpatroli Kota Manokwari untuk meninjau langsung kegiatan para prajuritnya, yang bersama komponen masyarakat Kota Manokwari melakukan kegiatan 'bersih-bersih' sampah Kota Manokwari, pasca unjuk rasa dan pengrusakan yang dilakukan masyarakat. seperti dikutip dari laman kasuari18.tniad.mil.id

Namun sayangnya, meski sudah diungkapkan dalam kondisi kondusif dan aman tidak serta merta membuat Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemkominfo kembali membuka dengan lancara akses internet di wilayah kerusuhan tersebut. Penutupan akses internet masih dilakukan pihak Kementerian yang diungkapkan resmi melalui siaran rilis dalam laman situs resmi Kominfo.

Melalui konfirmasinya, Ferdinandus Setu, Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo, mengkonfirmasi mengenai pemblokiran layanan data di Papua dan Papua Barat. Dalam laman resmi pihak Kominfo menuturkan siarannya, seperti berikut :
Siaran Pers No. 155/HM/KOMINFO/08/2019
Rabu, 21 Agustus 2019

Tentang

Pemblokiran Layanan Data di Papua dan Papua Barat

Untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan sekitarnya, setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI memutuskan untuk melakukan pemblokiran sementara layanan Data Telekomunikasi, mulai Rabu (21/8) hingga suasana Tanah Papua kembali kondusif dan normal. 

Demikian disampaikan. Terima kasih.


 
Ferdinandus Setu
Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo
e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
Telp/Fax : 021-3504024
Twitter @kemkominfo FB: @kemkominfo IG: @kemenkominfo
website: www.kominfo.go.id


Leave a Comment