Perkembangan Kamera OPPO dan Fitur Mutakhir di Dalamnya!

ArenaLTE.com - OPPO semakin kosisten menghadirkan smartphone dengan kamera powerful dan didukung fitur mutakhir. Embel-embel camera phone yang mereka usung mampu eksis dengan baik melalui berbagai seri yang terus menerus digelontorkan ke pasar. Jadi penasaran, bagaimana sih perkembangan fitur kamera OPPO?

Bisa dibilang fokus mereka di segmen kamera menjadikan OPPO salah satu vendor terbaik untuk urusan imaging saat ini. OPPO punya latar belakang yang tak bisa dianggap enteng jika bicara urusan kamera, lantaran sejak dulu sang vendor sudah meletakkan pondasi dasar di setiap produk besutannya.

OPPO berkomitmen bahwa setiap produk yang dirancang sebisa mungkin punya kamera mumpuni. Alhasil, penggunanya bisa menikmati hasil jepretan kamera yang berkualitas, mudah dan cepat. Mulai dari kamera dengan resolusi tinggi hingga dukungan lensa wide.

Mobile photography telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat saat ini. Di berbagai sudut belahan dunia pasti ada pengguna ponsel yang tengah asyik memanfaatkan kameranya. Nah, OPPO sudah lama berfokus mendorong batasan mobile photography ke level lebih tinggi.

Pada 2012, OPPO mulai membenamkan fitur beautify ke dalam ponsel seperti Ulike 2. Mobile photography OPPO menciptakan standar yang langsung menyebar ke seluruh industri terkait. Fitur ini membantu pengguna smartphone dalam memproduksi foto selfie yang lebih baik.

Lantas OPPO menciptakan kamera berputar pertama di dunia lewat N Series, termasuk di antaranya N1 dan N3. OPPO juga menjadi pionir dalam menghadirkan fitur Ultra HD yang bisa mereka foto 50MP di 2014.

Kemudian di awal 2015, sang vendor juga meluncurkan fitur unik yang memanfaatkan layar sebagai pengganti lampu kilat. Fitur tersebut dinamakan Screen Flash. Menurut riset yang dilakukan Nielsen di paruh pertama 2015, performa kamera dua kali lebih disukai ketimbang merek global lain.

OPPO berhasil mengukuhkan diri dalam hal inovasi mobile photography. Bersamaan dengan meningkatnya permintaan konsumen terhadap kualitas kamera smartphone dan pengakuan yang diterima OPPO di bidang tersebut.

Akhirnya, keputusan OPPO untuk menghadirkan konsep camera phone pun mengalir secara alami. Di awal Januari 2016, OPPO mengumumkan peluncuran smartphone yang berfokus pada kemampuan kamera mumpuni. Lantas menyusul pada bulan Februari OPPO memperkenalkan terobosan baru berupa teknologi SmartSensor image stabilization pada ajang Mobile World Congress 2016.

Belakangan, fitur kamera canggih kian melimpah di smartphone terbaru OPPO. Pada OPPO F3 misalnya, dengan keleluasan gambar wide-angle selfie, OPPO berupaya menciptakan tren baru di pasar dan mengembangkannya ke ranah yang lebih luas.

Seperti diketahui, OPPO F3 Plus menghadirkan lensa wide-angle dan dual-front selfie camera, yang menjanjikan pengalaman fotografi yang berkualitas tinggi. Sementara di bagian belakang bodi tertanam kamera utama dengan kualitas tak kalah jempolan.

OPPO F3 Plus punya sepasang kamera selfie yang letaknya berdampingan di bagian depan. Yups, kamera pertama mengusung resolusi 16MP yang terinspirasi dari teknologi pada seri F1s Selfie Expert. Pada inti kamera terdapat sensor 1/3-inch yang dapat membantu meningkatkan pencahayaan dan ketajaman hasil gambar.

Kemudian, bukaan f/2.0 yang besar memungkinkan pengguna untuk mendapatkan efek kedalaman terbaik – kombinasi fokus permukaan yang jelas dengan keburaman latar belakang allias bokeh.

Selain itu, sebagai senjata rahasia untuk group selfie, untuk pertama kalinya di pasaran OPPO juga menyematkan kamera 8MP dengan lensa bersudut kelebaran 120 derajat. Kamera kedua di bagian depan ini mampu menangkap gambar 105% lebih luas dari lensa 80 derajat yang saat ini umum ditanamkan di berbagai ponsel modern.

Catat, kamera selfie standar kebanyakan hanya punya lensa 80 derajat. Sementara OPPO F3 Plus punya kamera yang memiliki sudut dengan lebar hingga 120 derajat. Alhasil, ruangan yang tersedia di dalam viewfinder kamera menjadi sangat luas. Pengguna OPPO F3 Plus bisa menangkap background yang lebih luas, orang yang lebih banyak dan hasil selfie yang lebih atraktif.  

Selain itu juga, ada teknologi dengan lensa kamera 6P yang memungkinkan lebih banyak orang terekam dalam bidikan lensa dengan minimum distorsi. Kamera depan OPPO F3 Plus juga memiliki sensor 1/4-inch yang mampu menyerap cahaya lebih banyak untuk hasil cemerlang.
 
Untuk melengkapi kemampuannya, kamera group selfie OPPO F3 Plus merupakan cerminan dari filosofi user-oriented. Dengan fitur Smart Facial Recognition, OPPO F3 Plus akan secara otomatis  memberitahu pengguna untuk pindah ke mode group selfie jika ada lebih dari tiga orang pada frame.

Pengguna dapat mengambil foto group selfie dengan mudah tanpa mengganggu stabilitas gambar ketika mengambil selfie dengan satu tangan. Kamera belakang OPPO F3 Plus menawarkan performa fotografi yang profesional dan premium dengan fast focusing speed, pengurangan noise, dan performa low-light yang canggih.

Kamera depan OPPO F3 Plus ini juga bisa mempercantik pengguna yang selfie dukungan fitur Beautify. Buat yang ingin menghasilkan foto lebih atraktif, kita bisa menambahkan fitur bokeh yang menghasilkan efek blur cantik ala jepretan menggunakan kamera DSLR. Memotret pun sangat mudah cukup dengan lambaian tangan saja, OPPO F3 Plus bisa memotret secara otomatis.

Di sisi lain, OPPO F3 Plus juga didukung sensor ½.8-inch Sony IMX398 terbaru berkekuatan 16MP yang dilengkapi teknologi dual PDAF (Phase Detection Autofocus) yang merupakan hasil pengembangan dengan Sony. Fitur ini bisa membuat fokus pada perangkat 40% lebih cepat bahkan dalam kondisi kurang cahaya. Dibandingkan smartphone di pasaran saat ini yang kecepatan fokus masih belum memuaskan.  

Nah, dengan OPPO F3 Plus, pengguna bisa merekam video dengan kualitas terbaik. Bagaimana tidak, kedua kamera selfie di depan mampu dipakai merekam video full-HD (1920x1080 piksel). Masih belum puas, kamera belakang alias kamera utamanya bisa merekam video 4K yang kualitasnya tentu saja tak diragukan lagi.

Dan, mendatang, akan hadir lagi OPPO F5 dengan kemampuan dan fitur kamera yang lebih mumpuni, Seperti diketahui OPPO F5 mengusung kamera tunggal dengan membawa fitur A.I Beauty Recognition Technology. A.I Beauty Recognition Technology adalah kecerdasan buatan yang ditanamkan pada kamera depan F5 yang akan mengenali secara detail jenis dan warna kulit, jenis kelamin dan juga usia dari subjek foto.

Nantinya hasil analisa perangkat lunak ini dihubungkan dengan database foto secara global. Database ini merupakan kumpulan algoritma yang diciptakan oleh R&D OPPO berdasarkan feedback konsumen dan saran dari ahli.  Database ini nantinya digunakan sebagai referensi untuk dapat menghasilkan foto selfie menjadi jauh lebih nyata dan tampak sangat natural.

Hal menarik,  A.I Beauty Recognition Technology juga dapat membedakan warna kulita pria dan wanita pada foto. Kecerdasan buatan ini juga dapat mengaplikasikan hasil yang berbeda antara pria dan wanita walapun berada dalam satu frame. Dikombinasikan dengan kabar bahwa OPPO F5 mengusung kamera depan 20MP, maka bisa dipastikan hasil selfie bakal makin dahsyat.

So, siap-siap sambut teknologi dan fitur kamera generasi baru!

Leave a Comment