Komparasi Oppo F11 VS Samsung Galaxy A50 : Smartphone Kamera Terbaik Di Kelas Menengah

ArenaLTE.com - Buat kalian yang sedang bingung untuk mendapatkan smartphone di rentang harga IDR4 jutaan, kami punya produk perbandingan untuk smartphone kelas menengah ini, yakni Oppo F11 dan Samsung Galaxy A50. Dua ponsel ini telah hadir di pasar dan menawarkan fitur dan keunggulannya tersendiri, namun dari keduanya tentu ada yang layak dipilih.

Sebagai penilaian awal, kami ungkapkan bahwa Oppo F11 adalah smartphone kelas menengah yang hadir dengan kekuatan kamera belakang besar mencapai 48MP, serta memiliki fitur ultra-night mode. Sementara Galaxy A50 merupakan smartphone yang menggunakan kamera resolusi lebih kecil dengan kekuatan 25MP, hadir untuk segmen pengguna kelas menengah di Indonesia.

Kedua produsen sepertinya sama-sama membidik segmen pengguna kelas menengah yang menonjolkan kekuatan kameranya pada prang, hingga kami rasa Oppo F11 dan Galaxy A50 sepadan untuk disandingkan head to head. Sebagai bahan perbandingan selanjutnya, kami ungkapkan mengenai perbedaan keduanya yang bisa Anda tentukan kelayakannya.

Kamera

Dari sisi kamera, tentu sudah terlihat perbedaan yang cukup mencolok diantara Oppo F11 dan Galaxy A50. Pada bagian utama, Oppo menawarkan kamera 48 Megapixel yang memang resolusi besar ini mampu mengambil foto portrait dengan detail baik pada semua kondisi cahaya, terutama pada malam hari dan kurang cahaya.

Kamera resolusi 48 Megapixel merupakan resolusi tertinggi dikelasnya dibandingkan dengan A50 maupun smartphone milik Vivo yang berlabel,V15. Pada bagian kamera utama ini juga F11 hadir dengan pengaturan dual camera yang masing-masing lensanya memiliki fungsi berbeda. Namun, cukup baik untuk mendapatkan gambar dalam kondisi malam hari, hal ini karena hadirnya ultra night mode.
Oppo F11 juga membawa fitur AI beautification yang dapat membedakan pengguna berdasarkan usia , kelamin, jenis dan warna kulit untuk dibuat penampilan terbaik berdasarkan kategori tersebut.

Performa

Soal dapur pacu, Oppo F11 hadir dengan dukungan prosesor MediaTek Helio P70. Prosesor yang hadir dengan desain transistor 12nm, dan dipadankan dengan memori RAM kapasitas 4GB serta ROM 128GB. Seri ini juga hadir dilengkapi dengan fitur Hyperbost yang mampu meningkatkan performa perangkat ebih tingg, terutama saat bermain game untuk tingkat kenyamanan.

Hyperboost memungkinkan perangkat Seri F11 untuk memainkan 11 mobile game kenamaan secara optimal, termasuk PUBG dan AOV. Dengan mengoptimalkan sumber daya pada sistem, sumber daya peranti keras dapat dimanfaatkan lebih efektif, menghasilkan respons waktu yang lebih cepat pada saat bermain game, tidak terjadi jaringan yang putus secara tiba-tiba, dan tidak ada penurunan frame rate seperti pada smartphone sekelasnya. Sementara itu, OPPO telah memperkenalkan dua alat yang bermanfaat untuk memberikan pengalaman bermain game yang lebih mendalam, yaitu Game Space dan Game Assistant. 

 Fitur pengisian cepat baterai

Selain mampu meningkatkan performa kinerja perangkat, Oppo F1 juga memiliki fitur pengisian baterai cepat seperti pada seri sebelumnya, Find X. Dengan sistem yang telah diperbarui, F11 membawa pengisian ulang paling cepat melalui teknolgo VOOC 3.0. teknologi ini mampu mengisi daya sebesar 20watt. Melalui teknologi tersebut, pengisian baterai 4020 mAh yang dimiliki perangkat, mampu diisi cepat hingga 100% hanya dalam waktu 80 menit.

Pengisian baterai cepat ini tentu akan memberikan kemudahan bagi banyak pengguna, terutama ketika dalam perjalanan mudik. Pengisian yang cepat pada tempat istirahat, tentu akan sangat membantu aktivitas perjalanan menjadi lebih tenang.

Value for Money

Meski memiliki rentang harga yang tidak terlalu jauh, namun selisih biaya yang dikeluarkan tentu bisa menjadi penilaian tambahan yang cukup berarti. Oppo F11 dibanderol dengan harga hanya sekitar IDR3.999.000, sedangkan untuk Samsung Galaxy A50 dibanderol dengan kisaran harga lebih mahal IDR4.899.000. Harga yang dibanderol Samsung bila ditambahkan sedikit, Anda sudah bisa mendapatkan Oppo F11 Avengers sebagai smartphone limited edition.

compare-oppo-F11-vs-Samsung-A50

Leave a Comment