Teknologi Smartphone Ini Bikin Mudik Tetap Asyik

ArenaLTE.com - Lebaran sebentar lagi, dan siap-siap beramai-ramai mudik ke kampung halaman. Dan di era digital seperti ini, smartphone tak boleh ketinggalan untuk menemani mudik, dan juga ketika beraktivitas di kampung halaman.
 
ArenaLTE sudah membahas smartphone apa yang paling asyik dibawa mudik, terutama ketika diperlukan untuk mengabadikan momen-momen indah berlebaran. Apalagi kalau bukan smartphone yang punya fitur kamera canggih dan memuaskan.
 
Namun, ada hal lain yang juga tak boleh dilupakan ketika memilih smartphone untuk berlebaran. Yakni, ketahanan baterai dan kemampuan mengisi cepat. Apa hubungannya? Jelas banyak, pertama, perjalanan mudik – terutama kalau menempuh perjalanan darat dengan kendaraan sendiri dan tentunya menempuh waktu yang panjang.
 
Terlebih ketika terhadang macet panjang –ingat kasus kemacetan luar biasa di tol Brebes Timur dua tahun lalu? Bayangkan pada saat (kemacetan) itu, ponsel Anda kehabisan baterai. Makin uring-uringan pastinya. Sudahlah kesal karena terjebak macet, tak bisa pula berkomunikasi, atau menikmati layanan lain dari ponsel.
 
Berikutnya, momen ketika berlebaran di kampung halaman. Pasti mobilitas akan tinggi. Entah itu berkunjung ke rumah sanak-saudara, handai taulan, dan teman masa kecil, atau mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada. Yang artinya, hanya sedikit kesempatan untuk mengisi ulang baterai. Kalaupun bisa “numpang” ngecaas di rumah orang, juga tak bisa berlama-lama sampai baterai penuh lagi.
 
Kalau dulu, ketika jaman baterai masih bisa dicopot, solusinya adalah membawa baterai cadangan. Kini, power bank yang jadi solusi untuk itu. Bagi yang membawa kendaraan, ada juga solusi lain, peranti charging di mobil.
 
Meskipun cukup membantu mengatasi “emergency” baterai, namun baik power bank dan car charger bukannya tanpa masalah. Power bank sebagai perangkat terpisah, agak merepotkan untuk handling. Anda seperti harus membawa dua perangkat sekaligus –bayangkan ribetnya ketika ingin mengambil foto, atau mungkin menjawab panggilan. Belum lagi resiko ketinggalan dan tak terbawa. Unit charger mobil? Memang bisa menolong. Tapi umumnya menggunakan peranti ini memakan waktu pengecasan lebih lama ketimbang charger regular.
 
Untungnya, dengan perkembangan teknologi, sekarang sudah hadir smartphone yang memiliki kapasitas baterai besar, serta dilengkapi teknologi pengisian (baterai) cepat. Salah satu smartphone yang punya keunggulan untuk itu adalah Oppo F11.
 
Oppo F11 dilengkapi baterai dengan kapasitas 4020 mAh Lithium-Polymer, yang lebih bertenaga dibanding Lithium-Ion. Ini saja sudah cukup sebenarnya, menopang pengoperasian selama seharian, dengan tingkat penggunaan dan fungsi standar.


 
Dalam penggunaan lebih banyak mengakses media sosial, melakukan chating yang cukup intenst dan aktivitas foto dalam perjalanan, baterainya  mampu bertahan hingga 18 jam lebih. Untuk bermain game secara intens, mampu menyokong penggunanya selama 6 hingga 8 jam pemakaian, bahkan dengan koneksi internet yang terus menyala sekalipun.
 
Didukung pula dengan sistem manajemen konsumsi daya baterai, yang membantu penggunaan daya baterai yang lebih efisien. Ikut membantu memperpanjang masa pakai smartphone ini. OPPO F11 ditenagai prosesor MediaTek Helio P70 CPU, yang diklaim memiliki daya rendah. Dengan arsitektur transistor 10nm dan delapan inti Kryo, SoC ini memiliki clock speed hingga 2,2GHz, bekerja dengan lebih efisien dalam konsumsi daya.
 
Bahkan, dengan dilengkapi informasi kinerja RM pada display, dapat dimanfaatkan pengguna untuk memonitor konsumsi daya yang dipakai oleh aplikasi demi mengoptimalkan kinerja aplikasi. Smartphone tetap dingin meskipun untuk menjalankan aplikasi memainkan game berat sekalipun.
 
Berikutnya, nah ini yang istimewa, adalah teknologi pengecasan cepat yang dinamakan VOOC, teknologi yang dikembangkan Oppo. Dengan teknologi ini, Anda dapat mengisi baterai Oppo F11 Anda dari 0% hingga 75% hanya dalam waktu 30 menit saja, berkat VOOC terbaru versi 3.0 yang dimilikinya –versi terbaru ini mampu mengecas 20 menit lebih cepat dibanding versi sebelumnya.


 
Atau gambarannya begini, Anda bisa numpang ngecas di rumah saudara, tancapkan charger dan hubungkan ke stop kontak, dan tinggal. Nikmati dan habiskan ketupat lebaran, sembari bercengkerama dengan sanak saudara. Begitu Anda kembali ke charger, Oppo F11 Anda sudah hampir terisi penuh, dan siap untuk dipakai seharian lagi. Keren, kan?
 
Dibanding teknologi fast charging lainnya yang dikembangkan Qualcomm, teknologi VOOC diklaim lebih aman digunakan. Sebab, teknologi ini mempercepat pengisian baterai dengan meningkatkan arus, bukan voltase listrik. VOOC diklaim tak menghasilkan panas berlebihan saat proses charging berlangsung, serta pengontrolan pada kecepatan pengisian dan keamanan ponsel selama charging.
 
Jadi, tak ada alasan untuk tidak membuat mudik tetap asyik kalau sudah dibekali Oppo F11.

Leave a Comment