BEST SMARTPHONE 2018: INNOVATIVE DESIGN

ArenaLTE.com -

Meski bukan hal yang prinsip, namun desain sebuah smartphone ikut jadi pertimbangan orang memilih sebuah smartphone. Faktor fungsional dan merek memang masih jadi pertimbangan utama. Sederhananya, orang lebih memilih smartphone yang meski nampak sederhana, namun punya kemampuan hebat.
 
Akan tetapi, sebuah smartphone yang punya kemampuan hebat, dan dibarengi dengan tampilan yang bikin pede, tentu lebih baik. Karena itulah, produsen smartphone tak lupa memperhatikan aspek desain dan tampilan ini ketika mencipta seri-seri terbaru.
 
Hasilnya bisa kita lihat. Saat ini begitu banyak beredar di pasaran, smartphone-smartphone yang punya desain dan tampilan menawan hati. Warna datar dan solid, sekarang mulai bergeser kepada desain warna gradasi dan disempurnakan dengan glass coating, yang membuat smartphone masa kini tampil lebih stylish dan futuristic.
 
Di antara deretan smartphone dengan desain dan tampilan keren, ArenaLTE akhirnya menjatuhkan pilihan pada OPPO Find X, sebagai smartphone terbaik di 2018 dari segi inovasi desain. Pilihan ini tidak hanya didasari pada tampilan yang cantik saja. Tetapi ada beberapa hal yang ada di OPPO Find X, yang membuatnya bisa dibilang sebagai smartphone dengan inovasi desain yang terbaik.
 
Pertama adalah, smartphone ini mendesain penempatan kamera yang berbeda. Oppo Find X memiliki rancangan kamera tersembunyi yang dilengkapi dengan kamera inframerah, sensor jarak, dot projector, flood illuminator, kamera depan, kamera belakang ganda dan juga LED flash. Menggunakan desain struktur geser yang secara otomatis membuat modul kamera ini akan muncul ketika aplikasi kamera diaktifkan.
 
Oppo menyebut desain itu coaxial line sliding, vortex structure dan penggunaan micro motor yang sangat senyap. Bekerja dengan mulus saat pergeseran kamera dilakukan, sehingga memungkinkan adanya peredaman pada mekanisme rel geser dan membuat kelancaran pergeseran dengan masa pakai yang lebih lama. Waktu yang dibutuhkan untuk menggeser modul kamera dalah 0.6 detik dengan perkiraan waktu penggunaan selama 300.000 kali retraksi.
 
Mekanisme kamera tersembunyi ini bekerja dengan mengadopsi sensor dan menggabungkan TP Touch dan sensor inframerah, kemudian mengintegrasikannya dengan sensor ambient light pada sebuah bingkai yang terdapat dalam modul geser kamera. Suara gesekannya halus dengan dikirimkan melalui speaker yang terdapat pada modul gesernya, kemudian diteruskan pada lubang-lubang halus yang terdapat pada kaca penampang Find X, membuatnya tampil modern dan mempertahankan desian penampang depan dan belakang untuk tetap terlihat elegan.


 
Tak hanya sampai disitu, Oppo juga menyeimbangkan desain kamera terbarunya dengan desain bodi agar terlihat lebih mewah. Produsen ini menambahkan efek gradien ke bingkai telepon yang menyesuaikan dengan bentuknya, menggabungkan warna gradasi dan kurva 3D pada sisi belakang perangkat. Warna terangnya, hadir dengan efek glossy yang menyerupai batu permata. Find X memiliki dua warna gradasi inovatif: Bordeaux Red dan Glacier Blue.
 
Dipadu dengan dimensi layar lebar 6.42 inci jenis OLED yang bisa menghasilkan warna lebih kaya dengan saturasi tinggi. Dimensinya pun tak terpatok dengan ukuran, justru terlihat lebih luas dengan bezel yang tipis dan membuatnya rasio menjadi 19:9. Bila diukur, rasio screen terhadap bodi mencapai 93,8%, karena bezel hanya memiliki tempat 1,91 mm pada bagian atas, sedangkan bawah hanya 3.65 dan sisinya hanya terselip 1.65 mm.
 
Dan seperti yang disebutkan tadi, desain mewah dan keren tanpa dibarengi dengan kemampuan mumpuni juga tak akan berarti. Nah, untuk itu, Oppo Find X juga diseimbangkan dengan penggunaan prosesor terbaru Qualcomm dari seri Snapdragon 845, plus GPU Adreno 630. Kinerja grafis yang diklaim mampu meningkat mencapai 30% namun tetap bisa mengonsumsi daya lebih hemat mencapai 30%. Dukungan besar tersebut juga hadir dari memori RAM dengan kapasitas 8 GB dan penyimpanan internal yang mencapai 256 GB.
 
Dan alasan tambahan lainnya, Oppo Find X juga memiliki teknologi VooC Flash Charge yang mampu mengisi daya dengan cepat dalam konektivitas pintar. Find X dilengkapi Port USB Tipe-C, sehingga pengguna tak perlu kuatir memasang terbalik kabel charging. OPPO juga mendesain efisiensi port dimana selain menjadi konektor pengisian juga berfungsi sebagai jack headphone. Dalam paket penjualan, OPPO menyertakan konektor dari USB Type C ke Jack 3,5 mm. Nice!

Leave a Comment