AWS Luncurkan DeepLens, Kamera Video Wireless Bertenaga Intel

AWS-DeepLens
ArenaLTE.com - Amazon Web Services (AWS) meluncurkan sebuah produk kamera wireless terbaru bernama DeepLens yang dilengkapi dengan prosesor buatan Intel. DeepLens ini menjadi perangkat kamera video wireless pertama dengan deep learning-enabled yang dirancang dan dapat diprogram sepenuhnya untuk dan oleh para developer.

Kolaborasi antara AWS dan Intel ini lah yang memungkinkan kamera DeepLens menjadi mudah di program oleh developer dari berbagai tingkat keahlian dengan perangkat optimal yang dibutuhkan untuk merancang dan menciptakan kecerdasan buatan (AI) dan produk pembelajaran mesin (machine learning).

Kolaborasi ini memperkuat komitmen Intel untuk menyediakan perangkat kecerdasan buatan dan produk pembelajaran mesin kepada para developer, serta mengikuti pengenalan produk terbaru yaitu Intel® Speech Enabling Developer Kit. Intel® Speech Enabling Developer Kit adalah solusi audio terdepan untuk fungsi kontrol suara jarak jauh. Kolaborasi ini juga mempermudah para developer pihak ketiga untuk mempercepat desain produk konsumen yang terintegrasi dengan Alexa Voice Service.

AWS-DeepLens

DeepLens mengombinasikan jumlah daya pemrosesan tinggi dengan antarmuka pengguna yang mudah dipelajari untuk mendukung pelatihan dan penyebaran model di cloud.

Ditenagai oleh prosesor Intel® Atom® X5 dengan grafis embedded yang mendukung deteksi dan pengenalan objek, DeepLens menggunakan software dan libraries deep learning bertenaga Intel (termasuk Intel Compute Library for Deep Neural Networks, Intel clDNN) untuk menjalankan model pencitraan komputer real-time secara langsung di dalam perangkat untuk mengurangi biaya dan respon real-time.

Kehadiran DeepLens ini diumumkan pada presentasi CEO AWS Andy Jassy dalam konferensi tahunan re:Invent di Las Vegas. “Kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin mampu memperkuat generasi baru industri ‘pintar’, termasuk smart homes, smart retail, smart industrial, dan lainnya, untuk mempermudah kehidupan melalui interaksi yang cerdas dengan berbagai perangkat,” jelasnya.

Para developer juga dapat mulai merancang dan membuat kecerdasan buatan dan produk pembelajaran mesin secara cepat menggunakan framework yang sudah terkonfigurasi di dalam perangkat seperti Apache MXNet. Dan tahun depan akan lebih banyak lagi framework yang tersedia seperti Tensorflow dan Caffe2.

Leave a Comment