Apple Gandeng Intel Untuk Hadirkan iPhone 5G Di 2020

ArenaLTE.com - Kehadiran teknologi jaringan generasi lima atau 5G memang telah membuka celah perlombaan baru bagi industri telekomunikasi dan smartphone. Hal ini pun terlihat dari besarnya investasi yang ditanamkan banyak operator untuk teknologi 5G nanti. Seperti halnya di Amerika, operator negeri paman sam tersebut begitu berantusias sehingga banyak berinvestasi di dalamnya untuk memenangkan perlombaan di ranah ini. Begitu pun halnya dengan Apple, produsen smartphone asal Amerika ini kabarnya akan memperkenalkan smartphone 5G kembangan mereka.

Memang belum bisa dipastikan tahun 2019 Apple akan munculkan smartphone 5G, meski rumornya sudah banyak produsen yang mempersiapkannya. Namun, menurut laporan dari fast company, disebutkan bahwa Apple akan menghadirkan iPhone 5G pertama pada 2020 mendattang. Bahkan untuk menghadirkannya ada sokongan khusus dari produsen chipset terkenal.

Sumber informasi dari beberapa media cetak Amerika bahkan mengklaim bahwa dukungan itu akan datang dari intel, produsen chipset ini akan menyiapkan chip modem khusus yang akan dirancang dengan desain arsitektur 10 nanometer 8161. Seri modem terbaru ini akan secara eksklusif digunakan oleh Apple untuk jajaran iPhone 5G mendatang.

Intel sebelumnya telah memproduksi chip modem 8060, namun sayangnya beberapa sumber meyebutkan bahwa hasilnya tidak begitu bisa dibanggakan. Dan mungkin perusahaan chipset ini akan berusaha maksimal untuk seri selanjutnya, 8160. Pasalnya, jaringan 5G diharapkan banyak operator akan memiliki beban lebih berat dan bergantung pada penggunaan gelombang milimeter.

Spektrum radiasi elektromagnetik dari teknologi jaringan 5G ini, diungkapkan akan membutuhkan kapasitas besar dari 30 hingga 300GHz. Bahkan, dalam pengujian yang dilakukan dengan chip modem 8060 ternyata tidak berhasil mulus, justru menimbulkan masalah yang banyak. Seperti tingkat panas berlebih dan masa pemakaian baterai yang boros.

Apple memang sepertinya menjadi pemain yang terlambat untuk smartphone 5G, dan hal itu bisa kemungkinan karena menunggu testing atau pengujian yang lebih baik dari hasil terbaru Intel. Karena kabarnya, Apple telah melepas kontrak dengan Qualcomm untuk memproduksi iPhone 5G.

Leave a Comment