8 Fitur Baru Samsung Galaxy S9 dan S9+

ArenaLTE.com - Samsung akhirnya resmi mengenalkan smartphone flagship terbarunya, Galaxy S9 dan S9+ pada pagelaran acara MWC 2018 ini. Kabarnya, ada fitur baru yang dihadirkan perusahaan asal Korea Selatan ini sebagai perbaikan dari seri sebelumnya, seperti Galaxy S8, S8+ dan Galaxy Note 8. Salah satunya adalah peletakkan sensor sidik jari pada Samsung Galaxy S9 di bagian belakang.

Selain perbaikkan tata letak sensor tersebut, ada banyak hal lainnya yang juga turut dihadirkan sebagai pembaharuan fitur. Setidaknya, tercatat ada 8 fitur baru yang dibawa Samsung pada dua seri Galaxy S9 dan S9+ ini. Berikut 8 fitur baru dalam Samsung Galaxy S9 dan S9+ :

Dual Camera Galaxy S9+

Galaxy S9 menempatkan posisi sensor sidik jari tepat di bawah dua kamera yang diusungnya. Tempat yang diungkapkan lebih tepat dibanding peletakkan sensor sidik jari di seri sebelumnya. Pun demikian, hal tersebut tentunya bukan menjadi fokus perusahaan, melainkan adalah penggunaan dua kamera di bagian belakang yang menjadi hal utama.

Dua kamera ini persis seperti pada Galaxy Note 8, memiliki kekuatan lensa dengan resolusi sebesar 12MP pada keduanya. Setiap lensa juga memiliki nilai aperturenya sendiri, serta juga memiliki fitur telefoto dengan aperture sebesar F/2.4. Diklaim untuk menghasilkan stabilisasi gambar yang lebih baik, serta efek bokeh yang lebih mendalam serta juga fokus yang lebih baik.

Multi Frame Image Processing

Ini adalah salah satu fitur utama untuk keluarga Galaxy S9. Hal ini dikarenakan adanya kinerja processor dan Sinyal Gambar yang baru, melaluinya maka dapat menggunakan banyak foto untuk membantu mengurangi noise gambar secara keseluruhan dalam pemrosesan pengambilan. Dengan menggunakan DRAM pada sensor kamera, Galaxy S9 mampu menangkap empat kali lebih banyak gambar dengan kecepatan empat kali lipat.

Kecepatan pengambilan gambar tersebut, diungkapkan mampu menangkap 12 gambar dalam sepersekian detik dan memilahnya menjadi empat kelompok. Untuk setiap batch, perangkat lunak menggunakan semua detail dari empat gambar untuk menghasilkan gambar terbaik. Perangkat lunak ini kemudian memproses tiga gambar yang dihasilkan untuk terakhir kalinya secara keseluruhan.

Slow-Motion Video Up to 960fps

Kinerja DRAM pada sensor kamera juga memberikan manfaat untuk mengambil video slow-motion dengan gerakan lambat yang sangat baik. Seperti pada Galaxy S9 yang mampu menangkap frame sebanyak empat kali lipat dari Galaxy S8. Mampu menyedot tangkapan slow-motion dari 240fps hingga 960fps dengan resousi HD 720p.

Galaxy S9 secara otomatis mengidentifikasi kapan harus merekam dalam gerak super lambat saat merekam secara teratur. Contohnnya adalah bisa dimanfaatkaan saat Anda ingin melihat pertandingan bisbol dan ingin mencatat apa yang terjadi saat bola masuk ke dalam jaring. Melalui software pada Galaxy S9, maka hal itu bisa direkam dan ditampilkan kembali dengan baik.

Begitu Anda merekam video gerak lambat super, Galaxy S9 menyimpannya dalam gulungan kamera Anda, serta beberapa GIF yang bisa disandingkan. GIF ini juga hadir dengan efek preset seperti perulangan atau pembalikan klip, yang membuat animasi dapat dibagikan. Video juga secara otomatis menambahkan musik latar belakang, yang dapat Anda ubah ke nada preset atau lagu dari perpustakaan musik Anda.

Aperture Mekanis

Kamera Samsung sangat bisa diandalkan bekerja dalam cahaya rendah, perusahaan tersebut berharap Galaxy S9 lah jawabannya. Galaxy S9 hadir dengan iris mekanis yang bekerja otomatis secara fisik beralih di antara dua lubang yang berbeda.

Aperture F/2.4 yang lebih ketat digunakan untuk adegan terang untuk mencegah sorotan yang hancur. Aperture F/ 1.5 yang lebih lebar digunakan untuk tembakan cahaya rendah dan memungkinkan cahaya 28 persen lebih banyak daripada Galaxy S8. Dalam mode Otomatis, telepon akan secara otomatis memilih aperture yang akan digunakan, namun dalam mode Pro Anda bisa memilih satu atau yang lain.

AR Emoji

Mengekspresikan diri Anda adalah bagian besar dari pengalaman Galaxy S9 dan tidak ada yang lebih jelas daripada fitur AR Emoji yang baru. Terinspirasi oleh fitur Animoji di Apple iPhone X, AR Emoji memungkinkan Anda untuk membuat pemindaian 3D wajah Anda. Anda bisa menyesuaikan rambut, warna kulit, pakaian, dan aksesoris pemindaian agar benar-benar bersenang-senang.

Begitu Anda membuat Emoji sendiri, Anda kemudian bisa merekam video atau foto menggunakan emoji. Menyimpan Emoji secara otomatis membuat 18 GIF berbeda di galeri ponsel Anda dan di keyboard ponsel Anda, yang dapat dibagi dengan cepat dengan teman-teman.

Gigabyte LTE

Salah satu fitur utama prosesor Qualcomm terbaru adalah dukungan LTE Cat 18. Ini memungkinkan ponsel untuk mendownload dengan kecepatan hingga 1,2 Gbps pada jaringan seluler yang didukung dan menjadikan Galaxy S9 salah satu smartphone tercepat untuk data mobile.

Speaker Stereo

Setelah Samsung melakukan akuisisi atas Harmon Kardon tahun lalu, ini menjadi sesuatu hal yang berharga. Hal itu bisa memberikan sesuatu yang berharga dari keluarga seri S9 terbaru ini. Speakernya 1,4 kali lebih keras dari Galaxy S8 dan Samsung mengatakan speakernya menawarkan audio premium yang menakjubkan. Speaker ganda juga mendapatkan keuntungan dari kemitraan dengan Dolby untuk menambahkan codec Atmos ke Galaxy S9. Hal ini memungkinkan telepon untuk menawarkan audio spasial, menghasilkan pengalaman yang lebih mendalam secara keseluruhan.

Intelligent Scan

Keluarga Galaxy S8 hadir dengan tiga bentuk keamanan biometrik yang berbeda: sensor sidik jari, pemindai iris, dan penguncian wajah. Iris scanner dan face unlock keduanya hanya bekerja dengan baik dalam kondisi pencahayaan tertentu. Namun sayangnya, pemindai iris super aman ini tidak bekerja dengan baik saat Anda berada di luar ruangan denga cahaya matahari yang kuat dan berada di belakang Anda karena sinar matahari mengganggu IR. 

Pada Galaxy S9, Samsung telah menggabungkan kedua fitur ini untuk memanfaatkan kekuatan kedua teknologi tersebut. Intelligent Scan menggunakan pemindaian iris sebagai aplikasi utama yang memerlukan tingkat keamanan yang lebih tinggi seperti aplikasi perbankan atau Samsung Pay. Untuk unlocking sehari-hari, Galaxy S9 menawarkan pengalaman nyaman super Face Unlock yang super cepat.
 

Leave a Comment