Microsoft Hadirkan Aplikasi Soundscape Sebagai Peta Orang Buta

ArenaLTE.com - Sebuah aplikasi MAP atau peta berbasis online baru telah diluncurkan Microsoft dengan mengusung nama aplikasi Soundscape.

Melaluinya, pengguna yang mengalami gangguan penglihatan maupun buta bisa terbantu untuk menemukan sebuah tempat di kota-kota, pertokoan dan juga landmark. Namun sayangnya, aplikasi peta Sounscape baru diluncurkan untuk platform iOS belum diinformasikan apakah juga untuk Android.

Soundscape bekerja dengan memungkinkan pengguna menetapkan arah mata angin  untuk berbagai tengara yang berbeda, yang akan memainkan efek suara saat pengguna berada di dekat mereka. Dengan cara ini, orang yang mengalami gangguan penglihatan bisa menavigasi bahkan jika mereka berada di kota yang belum pernah mereka kunjungi sekalipun.

Saat ini, aplikasi ini memiliki tiga mode - 'Cari', yang memberi tahu lokasi Anda, 'Around Me' untuk memanggil hingga empat landmark di sekitar Anda, dan 'Ahead of Me', yang akan memutar isyarat suara untuk lima landmark di kejauhan. Untuk melakukan proses navigasi, Soundscape menggunakan kompas dan navigasi GPS di iPhone , dikombinasikan dengan data peta dari OpenStreetMap.

Kabarnya, aplikasi Soundscape sudah bersejan sejak 2014 silam. Perkembangan pertama kalinya seharusnya diperuntukan hanya untuk perangkat basis Windows Mobile. Namun sepertinya, jelang kematian perangkat yang sudah mulai dijauhkan banyak orang sepertinya telah dilupakan pihak perushaan.

Soundscape diungkapkan bekerja dengan menggunakan serangkaian headphone konduksi tulang (melakukan suara langsung ke telinga melalui tengkorak) yang biasa digunakan sebagai alat bantu dengar pengguna tuna rungu.

Pun demikian, aplikasi ini pun bukan aplikasi iOS pertama yang dibuat untuk membantu orang tunanetra. Beberapa tahun yang lalu ada juga​aplikasi sejenis bernama Be My Eyes dan telah diiluncurkan, di mana Anda bisa mencobanya dengan mengubah diri Anda sebagai orang buta atau relawan. Kemudian, jika Anda seorang sukarelawan, Anda akan mendapatkan notifikasi untuk membantu orang buta dengan membaca atau menjelaskan kepada mereka apa pun yang dibutuhkan hal itu akan ditunjukkan dengan baik.

Leave a Comment