Komparasi Realme 3 VS Samsung Galaxy M20

ArenaLTE.com - Si pendatang baru Realme baru saja merilis seri terbaru, Realme 3. Kehadirannya lumayan bikin kejutan. Bukan apa-apa, seri yang diluncurkan untuk “manteng” di kelas mid-entry ini datang dengan spesifikasi yang bikin ngiler. Jangan salah ya, kategori mid-entry ini lebih ditujukan kepada level harga yang dipasang.
 
Ada tiga varian Realme 3. Yang membedakan antar varian itu adalah kapasitas memorinya, mulai dari yang paling rendah 3 GB RAM/32 GB ROM, hingga ke paling tinggi 4 GB RAM/64 GB ROM. Harganya? Mulai dari Rp1.799 juta hingga ke Rp2.399 juta untuk varian paling tinggi.
 
Bukankah banyak merek lain yang punya kisaran harga segitu? Ya benar, tetapi apakah spesifikasinya juga sama dengan Realme 3? Tidak juga. Makanya, kenapa Realme 3 ini dibilang hadir membawa kejutan. Sebab, dia hadir dengan spesifikasi maksi (di kelasnya) dengan harga yang mini.
 
Nah, biar lebih jelas lagi soal ini, mari kita bandingkan Realme dengan salah satu smartphone pesaing yang spesifikasinya nyaris sama.  Yakni, Samsung Galaxy M20, smartphone kelas menengah besutan vendor Korea Selatan.
 

DESAIN

Realme 3
Dimensi               : 156.7 x 74 x 8.5 mm
Bobot                    : 174 gram
Platform              : Unibody
 
Samsung Galaxy M20
Dimensi               : 156.4 x 74.5 x 8.8 mm
Bobot                    : 186 gram                                                  
Platform              : Unibody


 
Kalau melihat aspek dimensi serta platform desain yang diterapkan, Realme 3 dan SG M20 ini punya ukuran yang hampir sama persis. Perbedaan seuprit ada pada panjang body, di mana SG M20 lebih panjang sedikit, serta ketebalan yang hanya berbeda 0.3 mm –Realme lebih tipis. Perbedaan secuil itu memang tak begitu kentara ketika menggenggam kedua smartphone ini.
 
Yang agak terasa adalah perbedaan pada bobot. Perbedaan 12 gram, dimana Realme 3 lebih ringan, akan terasa ketika memegang kedua ponsel, serta menyimpannya di saku celana. Bobot yang lebih ringan pada Realme 3, membuatnya lebih enak dikantongi. 
 
Soal struktur body yang nyaman digenggam, baik Realme 3 dan SG M20, sama-sama nyaman digenggam, berkat desain melengkung (cembung) pada bagian sisi. Serta, struktur body yang kokoh juga menambah kenyamanan saat digenggam. Kedua ponsel, sama-sama mengadopsi konsep frameless body.
 
Akan tetapi, kalau berbicara soal tampilan, nah ini, dengan mudah bisa dibilang tampilan Realme 3 lebih menarik, atraktif dan dinamis, berkat konsep warna gradasi, pilihan warna serta mirror-effect di permukaan cover belakangnya. Realme 3 mengikuti tren tampilan smartphone kekinian, yang banyak dipakai pada smartphone kelas atas. Realme 3 juga memperhatikan detil desain, seperti, memberi kesan lux pada lubang kamera dengan menambahkan lis berwarna emas di situ.
 
Sementara SG M20, tampil dengan konsep “konvensional”, smartphone dengan cover belakang yang dipulas dengan warna tunggal dan diberi efek metal. Konsep begini umum digunakan dua-tiga tahun lalu. Tampilan seperti membuat SG M20 tampak biasa dan sedikit “membosankan” 
 

DISPLAY

Realme 3
Jenis                                     : IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran                                  : 6.22 inches, 96.6 cm2
Resolusi                               : 720 x 1520 pixels
Rasio Tampilan                    : 19:9 ratio
Ratio ke Body                      : 88.3 %
Proteksi                                : Corning Gorilla Glass 3
 
Samsung Galaxy M20
Jenis                                    : PLS TFT capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran                                 : 6.3 inches, 97.4 cm2
Resolusi                               : 1080 x 2340 pixels
Rasio Tampilan                   : 19.5 : 9 ratio
Ratio ke Body                     : 88.6 %
Proteksi                               : Asahi Dragontail Pro Glass


 
Pada aspek layar, Samsung masih menunjukkan reputasinya sebagai penguasa teknologi layar jempolan. SG M20 dilengkapi layar full view dengan notch  tetesan embun (dewdrop), serta bezel menimalis –kecuali bagian bawahnya yang sedikit lebih besar. Layar SG M20 lebih luas  dengan kerapatan piksel yang lebih tinggi, rasio tampilan layar yang lebih besar.
 
Realme 3 sebenarnya tak kalah dalam urusan layar ini. Juga sama-sama fullview display, notch dewdrop, bezel minimalis. Tapi dengan rasio tampilan yang lebih kecil sedikit. Itu karena besel bagian bawah lebih besar dibanding SG M20. Kerapatan piksel juga lebih rendah, dan bentang layar yang lebih kecil.
 
Soal kinerja layar, kedua smartphone ini sama-sama menunjukkan kualitas tampilan yang kinclong. Bisa menyajikan tampilan layar yang tajam, cerah, responsive pada sentuhan jari, serta lumayan tangguh ketika berhadapan dengan sinar matahari langsung.
 

KAMERA UTAMA (BELAKANG)

Realme 3
Kamera                : Dual camera 13 MP, f/1.8, 1/3", 1.12µm, PDAF +  2 MP, Depth Sensor
Flash Light          : LED Flash
Video                    : 1080 @30 fps
 
Samsung Galaxy M20
Kamera                : Dual camera 13 MP, f/1.9, 1/2.8", 1.12μm, PDAF + 5 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide), 1/6"
Flash Light          : LED Flash
Video                    : 1080 @30 fps
 
Di sektor kamera belakang, kedua smartphone memiliki spesifikasi kamera yang hampir sama. Penempatan lubang kameranya juga sama, dengan perbedaan pada penempatan lubang flash light. SG M20 menempatkan flash light di luar area lubang kamera.
 
Perbedaan kecil ada pada besaran aperture (bukaan lensa). Kamera Realme 3 punya aperture lebih besar, yang artinya, mampu menangkap cahaya lebih banyak. Dengan itu, kamera Realme 3 lebih bisa diajak bermain dalam segala kondisi, mulai dari terang benderang hingga kondisi low light (temaram).


 
Kamera kedua SG M20 lebih besar dibanding Realme 3. Kamera kedua ini merupakan kamera ultrawide, yang berfungsi menangkap obyek dengan sudut lebih lebar, lebih banyak menampung obyek foto dalam frame. Untuk memanfaatkan wide angle kamera ini, cukup geser ikon di view finder. Hanya saja, kamera wide angle itu membuat hasil foto tampak agak cembung, seperti efek lensa fish-eye


 
Perbedaan yang mencolok ada pada fitur-fitur kameranya. Bila SG M20 cenderung masih mengadopsi fitur-fitur “lama” semacam sticker, beauty, panorama, dan semacamnya, Realme 3 hadir dengan fitur kamera yang lebih modern, seperti Nightscape untuk mengakomodasi pemotretan pada malam hari. Disisipkan juga fitur Chroma Boost, yang berfungsi mengoptimalkan komposisi warna ideal sehingga lebih tampak “hidup” dan punya kedalaman.


 
Dari hasil pengujian kamera kedua smartphone ini, jelas terlihat hasil foto Realme 3 lebih oke. Foto dari Realme 3 punya warna yang lebih pekat dan cerah. Lebih mampu diajak bermain di segala kondisi, cerah, temaram maupun gelap malam. Bahkan tanpa mengaktifkan moda nightscape, Realme 3 masih mampu memberikan hasil foto yang lebih baik dibanding SG M20 –apalagi kalau fitur itu diaktifkan. Proses focusing Realme 3 juga lebih cepat dan akurat.


 
Untuk video record, keduanya sama-sama bisa rekam video 1080 @30 fps. Akan tetapi Realme 3 memiliki lebih banyak fitur pendukung. Nightscape bisa digunakan bila merekam video pada malam hari, ditambah dengan moda slow motion dan time lapse, yang tak dimiliki SG M20.


 
Satu lagi yang menjadi pembeda paling siginifikan, adalah keberadaan teknologi AI (artificial intelligent) pada Realme 3, yang tak dipunyai SG M20. Teknologi AI ini banyak menolong dalam menghasilkan foto yang bagus tanpa perlu bersusah payah melakukan setelan ini-itu.  Itulah yang membuat, performa kamera Realme 3, secara keseluruhan jauh lebih baik dibanding SG M20.
 

KAMERA SELFIE

Realme 3            
Kapasitas             : 13 MP, f/2.0, 1/3", 1.12µm
Fitur                      : HDR
Video                    : 1080@30 fps
 
Samsung Galaxy M20
Kapasitas             : 8 MP, f/2.0
Fitur                      : HDR
Video                    : 1080@30 fps
 
Di sini sudah jelas kelihatan bahwa Realme 3 menyuguhkan fitur selfie yang lebih baik, dengan menghadirkan kamera 13 Mpix di depan. Lebih besar dibanding SG M20. Hasil foto selfie kamera Realme terlihat lebih menyenangkan. Sekali lagi, faktor saturasi warna, ketajaman dan kedalaman foto, nampak lebih matang pada Realme 3.


 
Efek bokeh yang lagi jadi tren, disajikan dengan baik oleh Realme 3, yang otomatis tersedia ketika kamera selfie aktif. Berbeda dengan SG M20, Anda harus memilih moda live focus dulu untuk mendapatkan efek bokeh pada kamera selfie. Itupun sebenarnya cara kerjanya lebih mirip efek illusions –yang tajam hanya pada area dalam lingkaran.
 

MULTIMEDIA

Keberadaan fitur multimedia sudah jadi perlengkapan wajib bagi smartphone terkini. Termasuk dua smartphone ini, Realme 3 dan SG M20. Bisa dipakai menyetel music, memutar video, mendengar radio, dan kalau perlu bisa juga dipakai untuk mendukung mobile office.
 
Sebagai pemutar video, Realme 3 dan SG M20 sama-sama bagus dan mampu memainkan video full HD. Penyajian di layar ponsel juga lumayan jernih, meski ada sedikit penurunan ketajaman. Yang jadi pembeda kedua smartphone ini adalah kualitas audio yang dihasilkan. Realme punya audio yang lebih bagus, lebih jernih dan berimbang. Sementara audio SG M20 seperti terlalu didominasi nada bass, sehingga suaranya terdengar agak mendem.
 

PERFORMA

Realme 3
OS                          : Android 9.0 Pie + ColorOS 6.0
CPU                       : Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A73 & 4x2.0 GHz Cortex-A53)
GPU                       : Mali-G72 MP3
Chipset                  : Mediatek MT6771 Helio P60 (12 nm)
RAM                      : 4 GB
ROM                      : 64 GB
Ext Memory          : MicroSD hingga 256 GB, dedicated slot
 
Samsung Galaxy M20
OS                          : Android 8.1 (Oreo); Experience 9.5
CPU                       : Octa-core (2x1.8 GHz Cortex-A73 & 6x1.6 GHz Cortex-A53)
GPU                       : Mali-G71 MP2
Chipset                 : Exynos 7904 Octa (14 nm)
RAM                      : 3 GB
ROM                      : 32 GB
Ext Memory          : microSD, hingga 512 GB, dedicated slot


 
Coba saja lihat perbandingan spesifikasi “jeroan” kedua smartphone ini. Jelas Realme 3 mengungguli SG M20. Mulai dari versi Android OS yang dipakai lebih terbaru, hingga ke CPU yang digunakan. Clockspeed CPU Realme 3 lebih tinggi dibanding SG M20. Chipset Mediatek Helio P60 yang dipakai Realme 3, sudah berteknologi 12 nm, sementara lawannya ini masih berteknologi 14 nm.
 
Perbedaan itu tentu membawa pengaruh pada kinerja ponsel, pastinya. Dengan spec yang lebih bagus, kinerja Realme 3 juga pastinya lebih moncer. Memang tak akan begitu terlihat perbedaan kinerja ketika dipakai sehari-hari. Namun, tetap ada perbedaan yang terasa. Misalnya, ketika digenjot habis-habisan, mesin Realme 3 tak cepat membuat body ponsel jadi panas.
 
Untuk tahu sejauh mana perbedaan kinerja Realme 3 dan SG M20 ini, bisa ditengok dari hasil pengukuran AntutuBench. Dari hasil yang didapat, Realme 3 mendapat skor 131.735, sementara SG M20 hanya meraih 107.795, lumayan jauh. Skor untuk sektor GPU juga sama, Realme 3 mengungguli SG M20 dengan skor 27.760 –sementara pesaingnya mencetak skor 21.235 untuk GPU test.
 

BATERAI

Realme 3
Jenis                      : Lithium Ion
Kapasitas             : 4230 mAh
Tipe                       : Non-removable
Flash Charge        : Fast battery charging 10 W
 
Samsung Galaxy M20
Jenis                      : Lithium Polymer
Kapasitas             : 5000 mAh
Tipe                       : Non-removable
Flash Charge       : Fast battery charging 15 W
 
Dari segi kapasitas, SG M20 memiliki baterai yang lebih besar. Karenanya mampu menyediakan waktu pemakaian yang juga di atas rata-rata. Tetapi Realme 3 tak kalah lama dalam penggunaan. Ini karena Realme 3 dilengkapi teknologi pengelolaan daya secara lebih cerdas itu, yang tak hanya menghasilkan konsumsi daya yang efektif, tetapi juga mampu mengelola suhu ponsel agar tidak overheating. Karena itu, meski kapasitas baterainya lebih kecil, namun tetap bisa menyediakan waktu penggunaan yang tak kalah lama.
 

HARGA

Realme 3
Varian 3 GB RAM/32 GB ROM     : Rp1.799 juta
Varian 4 GB RAM/64 GB ROM     : Rp2.399 juta
 
Samsung Galaxy M20
Varian 3 GB RAM/32 GB ROM     : Rp2.799 juta


 
Dari aspek harga, realme 3 mengungguli SG M20 dengan telak. Bahkan untuk varian memori 4 GB/64 GB, harga Realme 3 jauh di bawah SG M20 yang hanya punya memori 3 GB/32 GB. Kalau disandingkan dengan kapasitas memori yang sama, beda harganya mencapai sejuta rupiah. Wow.
 
Padahal, itu belum memperhitungkan aspek desain yang lebih unggul, kelengkapan dan kinerja kamera yang lebih bagus, termasuk teknologi AI yang tak dipunyai lawannya itu. Serta beberapa spesifikasi lain yang juga lebih bagus –semacam CPU dan chipset. Realme 3 memang bisa membuat pesaingnya kalang kabut.
 
Okelah, kalau berbicara brand value, mungkin nama besar Samsung masih lebih bernilai ketimbang Realme yang masih berstatus rookie. Tetapi toh, kehandalan sebuah smartphone tak diukur dari brand, tetapi dari apa yang dimiliki dan performa yang ditunjukkannya. Kalau berbicara dari sudut pandang ini, jelas Realme 3 punya value for money yang lebih tinggi dibanding SG M20. (ADV)

Leave a Comment