Kaspersky Kembangan Sistem Operasi, Begini Penampakannya

ArenaLTE.com - Dalam 15 tahun Kaspersky Lab mengembangkan KasperskyOS, sebuah sistem operasi unik yang dirancang bagi embedded system dan memiliki persyaratan keamanan siber sangat ketat. KasperskyOS difungsikan mengurangi kemungkinan fungsionalitas tidak resmi untuk mengurangi resiko serangan siber. 

KasperskyOS diungkapkan perusahaan dihadirkan bagi industri telekomunikasi, otomotif serta infrastruktur penting. OS terbaru ini sekarang tersedia secara komersial untuk perusahaan OEM, ODM, sistem integrator dan pengembang perangkat lunak di seluruh dunia.

Berbasis microkernel yang baru dan dikembangkan sepenuhnya oleh perusahaan, sistem operasi ini menggunakan prinsip-prinsip pembangunan berbasis keamanan yang mapan seperti Separation Kernel, Reference Monitor, Multiple Independent Levels of Securitydan arsitektur Flux Advanced Security Kernel.

Gagasan Awal 

Andrey Doukhvalov, Head of Future Technologies and Chief Security Architect di Kaspersky Lab, mengungkapkan "Gagasan di balik pembuatan KasperskyOS muncul 15 tahun yang lalu ketika sebuah tim kecil dari para ahli perusahaan membahas sebuah pendekatan yang mampu membuat fungsonalitas tidak resmi tidak memungkinkan untuk terlaksana.”

Penelitian dikembangkan untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan memilih untuk membangun OS sendiri yang mengikuti aturan pembangunan yang aman dan banyak dianut, tetapi juga memperkenalkan berbagai fitur unik, sehingga tidak hanya mengamankan, tetapi juga relatif mudah untuk diterapkan dalam aplikasi dimana perlindungan paling dibutuhkan.

"OS kami sudah dimulai sejak masa-masa dimana virus merupakan masalah keamanan siber paling serius. Pada masa itu, konsep 'keamanan tanpa batas' tentu saja belum muncul dalam agenda komunitas IT yang sedang bertumbuh,” tambah, Chairman dan CEO Kaspersky Lab.

Ia menjelaskan bahwa perlu memahami betul bahwa sejak dari awal merancang sistem operasi kami sendiri akan menjadi sebuah tantangan besar - sebuah proyek yang akan membutuhkan sumber daya yang luas selama bertahun-tahun sebelum bisa dikomersialkan.

“Hari ini kita melihat permintaan yang jelas akan keamanan yang kuat bagi infrastruktur penting, industri telekomunikasi dan keuangan, serta baik itu perangkat IoT bagi industri dan konsumen,” tegasnya.

Konsep OS

KasperskyOS dirancang untuk memungkinkan program menjalankan operasi yang resmi saja. Mengembangkan aplikasi untuk KasperskyOS membutuhkan pembuatan kode 'tradisional', serta kebijakan keamanan yang ketat yang mendefinisikan semua jenis fungsionalitas resmi.

Pendekatan seperti itu terbukti cukup memakan waktu dalam proses pembangunan KasperskyOS, tetapibagi pengembang aplikasi hal ini menawarkan manfaat tertentu yaitu kebijakan keamanan dapat dikembangkan secara paralel dengan fungsi yang sebenarnya.

Fungsi itu sendiri sebenarnya bisa segera diuji: kesalahan dalam kode berarti perilaku yang tidak resmi, yang berarti akan diblokir oleh OS. Namun, hal paling penting adalah pengembangan kebijakan keamanan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan bisnis: keamanan dapat disesuaikan tergantung pada kebutuhan aplikasi, bukan sebaliknya.

Andrey Nikishin, Head of Future Technologies Business Development, berujar "Tidak ada istilah 100% aman, tetapi untuk pertama kalinya KasperskyOS memberikan jaminan kepada pelanggan akan tingkat keamanan 99%. Secara teknis, dalam lingkungan yang benar-benar kompleks, percobaan untuk memasukkan kode tertentu dalam sistem kami tidak akan mungkin berhasil.”

Leave a Comment