Ini Daftar Smartphone Cepat Dan Lambat Menghadirkan Android 8.0 Oreo

ArenaLTE.com - Produsen tak hanya dituntut untuk menghasilkan produk terbaik, serta fitur terbaru. Lebih daripada hal itu, pemeliharaan atau update sistem terbaru perangkat lunak dalam suatu produk pun harus diutamakan. Begitupun halnya dengan produsen smartphone. Namun sayangnya, skala pembaruan yang dihadirkan produsen tidak selalu tepat waktu ada yang membutuhkan waktu yang lama.

Berikut ini, ada beberapa daftar merek smartphone yang memiliki jangka waktu yang cukup singkat dan terlama untuk menghadirkan pembaruan. Terutama untuk pembaruan sistem operasi Android dalam versi teratas untuk produk yang telah mereka rilis.

Saat ini, Android Oreo masih dalam pucuk tertinggi versi sistem operasi robot hijau yang dikembangkan Google. Versi terbaru ini resmi dirilis pada 21 Agustus 2017 lalu. Beberapa dari produsen beruntung menghadirkan perangkat terbaru mereka yang sudah dipaketkan dengan OS ini. Dan seperti diketahui, setiap versi yang baru pastinya akan menghadirkan pembaruan sistem yang lebih segar serta membawa fitur yang lebih berguna dari sebelumnya.

Berikut beberapa produsen yang memiliki jangka waktu cukup singkat untuk menghadirkan OS Android 8.0 Oreo dan waktu yang terbilang lama dalam menghadirkannya.

Sony

Meski banyak diterpa isu miring perihal keadaan perusahaan, namun perlu diacungi jempol bahwa Sony menjadi produsen yang cukup cepat dalam menghadirkan perangkat dengan OS Android 8.0 Oreo terbaru. Tercatat, bahwa hanya dalam waktu 63 hari dari peluncuran OS baru ini, perusahaan asal Jepang, Sony, sudah menghadirkan langsung dalam 6 smartphone terbaru mereka.

Di akhir tahun 2017 tepatnya pada Oktober, Sony meluncurkan Xperia XZ Premium di Amerika Serikat. Serta Xperia XZ, XZs dan Performance pada November dan menghadirkan Xperia X dan Xperia Compact pada Februari lalu. Bukan hanya produk dengan OS Android versi terbaru, produsen pun terbilang cukup cepat dan mampu menampar banyak produsen smartphone lainnya dengan menghadirkan lebih dahulu pembaruan untuk OS Android 8.0 Oreo di beberapa perangkat yang diproduksinya sebelum OS ini meluncur.

Untuk produk tahun 2016, Sony mengumumkan seri smartphone mana saja yang akan mendapatkan pembaruan OS Android 8.0 Oreo. Sehingga membuat para penggunanya nyaman dan bisa merasakan OS terbaru meski produk yang dimilikinya sudah lama.

HMD Global

Bisa dibilang untuk menghadirkan OS terbaru Android 8.0 Oreo ini, Sony bukanlah yang tercatat paling cepat. Setelah perusahaannya, kini disusul produsen yang memegang merek Nokia, HMD Global menghadirkannya untuk seri Noki 8 pada November 2018. Disusul kemudian beberapa produk lainnya yang mendapatkan OS Android 8.0 Oreo di akhir Januari untuk seri Nokia 5, 6 dan Nokia 7.

Dan Nokia pun bisa menjadi rival yang kuat bagi perusahaan OEM lainnya untuk menghadirkan pembaruan OS Android 8.0 di perangkat yang telah mereka rilis. Meski sayangnya, HMD harus lebih bekerja keras untuk kembali mengenalkan Nokia agar menjadi lebih terkenal seperti dahulu kala.

OnePlus

OnePlus memang selalu penuh kontroversial, namun demikian perusahaan ini berhasil meluncurkan Android 8.0 secara tepat waktu, merilisnya untuk OnePlus 3 dan 3T pada bulan November, dan OnePlus 5 dan 5T  pada bulan Januari. Perusahaan juga melanjutkannya dengan menghadirkan OS Android 8.1 Oreo untuk OnePlus 5 pada bulan Maret dan ke OnePlus 5T pada bulan April , sebelum beberapa perusahaan OEM merilis versi pertama mereka.

OnePlus juga tercatat sebagai produsen yang cukup komunikatif untuk menginformasikan pembaruan di akun media sosial resmi perusahaan di Twitter dan di forumnya, dan sering juga menginformasikan peningkatan bertahap berdasarkan umpan balik pengguna.

HTC

Seperti Sony, produsen HTC pun tercatat cukup melemah di beberapa pasar dan tengah harus berjuang untuk menguatkan kembali produknya. Namun, dalam menghadirkan pembaruan untuk Android Oreo perusahaan tercatat memiliki waktu yang cukup cepat, hanya sekitar 98 hari dari waktu rilis OS Android versi 8 ini resmi dirilis.

HTC memberikan pembaruan untuk OS Android 8.0 Oreo secara bergulir pada tahun 2017, memperbarui HTC U11 dan U11 Life pada bulan November, dan mendorong pembaruan ke flagship 2016-nya,  HTC 10, pada Februari. HTC juga memperbarui seri U Ultra , yang dirilisnya pada Februari 2017, dengan pembaruan OS Android Oreo pada April ini.

Asus

Asus merilis Android Oreo untuk Asus ZenFone 4 dan Asus ZenFone 3 pada bulan Desember dan Januari, dan tercatat memiliki awal waktu yang baik yang hanya membutuhkan waktu selama 130 hari saja dari OS ini rilis resmi. Perusahaan juga terus menghadirkan di beberapa seri lainnya sampai Maret dengan pembaruan Asus 4 Pro, dan memperbarui Asus Zenfone 3 Zoom dan Deluxe di bulan Mei 2018 ini.

Xiaomi

Diselingi waktu sehari dari Asus, Xiaomi ternyata hanya membutuhkan waktu 131 hari untuk menghadirkan pembaruan OS Android Oreo di jajaran produk besutannya. Xiaomi berhasil memperbarui  Mi A1 , Mi 6 , Redmi Note 5 , Redmi Note 5 Pro , dan beberapa lainnya, antara Januari dan Juni tahun ini.
Namun perlu Anda ketahui, bagi pengguna yang ingin mendapatkan pembaruan OS Android dengan tepat waktu. Produsen asal China ini bisa Anda hindari, meski perusahaan saat ini terutama dalam melakukan pembaruan OS Android 8.0 Oreo lebih cepat dari versi sebelumnya.

Huawei

Huawei memiliki kinerja yang lebih baik dalam menghadirkan OS Android Oreo daripada versi Android sebelumnya. Raksasa Cina itu mendapatkan andalannya di tahun 2016, Mate 9 dan berjalan dengan Oreo sesaat sebelum Februari 2018, dan memperbarui P10 dan P10 Plus - serta Honor 9 dan Honor 8 Pro dari sub-merek Honor - pada 15 Maret. Dan tercatat dalam waktu 163 hari perusahaan sudah menghadirkan OS Android baru ini/

Lenovo/ Motorola

Meskinya perusahaan yang cukup kuat namanya di pasaran saat ini mampu menghasilkan pembaruan lebih cepat dibanding produsen OEM lainnya. Namun sayangnya, perusahaan tercatat melakukan pembaruan dengan waktu 123 hari dari OS Android versi 8.0 ini resmi dirilis.
Motorola telah memperbarui Moto Z2 Force ke Android 8.0 pada bulan Desember dan Moto X4  ke Android 8.1 Oreo pada bulan Maret. Perangkat utama lainnya tidak menerima peningkatan apa pun di AS hingga Mei dan beberapa seri lain masih dalam menunggu daftar pembaruan.

Samsung

Samsung meluncurkan Oreo ke ponsel andalannya Galaxy S8, S8 Plus , dan Note 8 sekitar pertengahan hingga akhir Maret tahun ini, lebih dari enam bulan setelah perilisan perangkat lunak. Pembaruan pun mulai  digulirkan perusahaan dengan lebih mendahulukan produk yang dijual melalui operator di AS pada bulan April.

Dan seperti Xiaomi, perusahaan sepertinya perlu masuk dalam daftar hitam sebagai produsen yang tidak bisa tepat waktu dalam menghadirkan OS versi terbaru. Bahkan untuk beberapa perangkat lawas pun tidak mendapatkannya, perusahaan di Amerika tercatat membutuhkan waktu selama 207 hari untuk menghadirkan pembaruan OS untuk produk yang telah dipasarkan.
 

Leave a Comment