Tips Dan Trik Memotret Foto Hitam Putih Dengan Smartphone Seperti Professional

Memotret-Foto-Hitam-Putih-Dengan-Smartphone-Coolpad-Cool-Dual-4
ArenaLTE.com - Fasilitas kamera ganda akhir-akhir ini makin populer pada smartphone. Ada yang menawarkan komposisi dua kamera dengan fungsi normal+luas, normal+tele, luas+tele dan RGB+Monokrom. Kita akan mengupas setelan yang terakhir yaitu, kamera ganda untuk RGB+Monokrom.
 
Menurut Techterms, RGB merupakan kepanjangan dari “Red Green Blue (Merah Hijau Biru)”. Ini mengacu pada ketiga warna cahaya tersebut yang dapat membentuk warna lainnya ketika dicampurkan.
 
Pada kamera ganda smartphone, lensa RGB memiliki fungsi penting untuk meningkatkan penyerapan warna, kejernihan cahaya dan kemampuan untuk mereduksi noise. Sementara lensa monokrom menghasilkan detil dan menyerap lebih banyak cahaya dari lensa RGB dalam kondisi minim cahaya.

Memotret-Foto-Hitam-Putih-Dengan-Smartphone-Coolpad-Cool-Dual
 
Dengan lensa monokrom dan lensa RGB bekerja secara bersamaan, akan menghasilkan foto-foto menakjubkan baik dalam nuansa warna maupun nuansa hitam putih. Bagaimana membuat foto hitam putih dengan smartphone, ikuti saran berikut ini:
 
1. Bayangkan foto sebelum menekan tombol shutter
Sebelum memotret foto monokrom, sebaiknya bayangkan foto seperti apa yang akan dihasilkan. Fokuskan pada bentuk, garis dan bayangan dari hamparan pemandangan yang ingin dipotret.
 
2. Perhatikan komposisi kontras
Foto-foto monokrom terdiri dari tiga warna (hitam, putih, abu-abu). Dengan mengontraskan hitam diatas putih, akan membuat foto jauh lebih menarik secara visual dan mengandung makna lebih dalam. Perhatikan pada area-area berbayang untuk menentukan bentuk dan sosok, juga garis penuntun.
 
3. Fokuskan pada bentuk dan tekstur
Seringkali bayangan yang menentukan bentuk, jika area bayangan tidak mencukupi, bisa menambahkan lampu flash. Cahaya dari samping akan memunculkan tekstur dari posisi jatuhnya bayangan. Cahaya dari depan dan belakang justru akan mengaburkan bayangan.
Batu yang terkikis oleh cuaca, dedaunan atau awan, dinding dari sebuah gedung tua, besi berkarat, kayu yang using dan segala sesuatu yang antik biasanya memiliki banyak tekstur. Tekstur tampak luar biasa dalam foto hitam putih.
 
4. Latihan membuat sempurna
Melihat dalam kondisi hitam putih merupakan keahlian yang bisa dipelajari. Memang membutuhkan waktu untuk mempelajari bagaimana menerjemahkan hamparan pemandangan yang ada dalam nuansa berwarna kedalam nuansa hitam putih. Teruslah mencari objek yang terlihat baik untuk foto hitam putih.
 
Kini kita bisa mempermudah pengambilan foto monokrom kamu dengan menggunakan Coolpad Cool Dual karena mode monokromnya sangat mudah digunakan. Temukan objek yang bagus untuk dipotret dan Pilih mode PRO dan Cool Dual akan menanganinya dalam beberapa detik.

Memotret-Foto-Hitam-Putih-Dengan-Smartphone-Coolpad-Cool-Dual
 
Coolpad Cool Dual secara independen mengembangkan paten algoritma BFC secara mandiri, sebuah algoritma untuk CPU yang bertenaga dan fokus yang unik. Sehingga dua kamera sebesar 13 megapikselnya secara hampir bersamaan melengkapi fokus, memperbaiki kesalahan, meningkatkan tingkat kesuksesan dalam pemrosesan latar belakang gambar dan selanjutnya memainkan fungsi kamera ganda.

Teknologi dual kamera 2.0 pada Coolpad Cool Dual meningkatkan tingkat kejernihan secara keseluruhan sebesar 20%, membantu mengurangi noise pada gambar sebesar 8% dan meningkatkan kecerahan sebanyak 20%. Potret berbagai foto hitam putih tanpa menggunakan filter dengan Coolpad Cool Dual.

Memotret-Foto-Hitam-Putih-Dengan-Smartphone-Coolpad-Cool-Dual

Leave a Comment