Telkomtelstra Raih Penghargaan Kategori Delivery Robot di ACA 2017

ArenaLTE.com - Telkomtelstra sukses menyabet penghargaan Best Innovation Award untuk kategori Delivery Robot (Dbots) di ajang Asia Communication Awards (ACA) 2017. Dbots pertama kali dikembangkan melalui kerja sama dengan Jawdat Technology pada Juni 2016 dan diluncurkan secara komersil pada Oktober 2016.

Saat ini, Dbots memanfaatkan platform cloud milik Telkomtelstra untuk mengotomatisasi layanan pengiriman untuk pelanggan Managed Network Service (MNS). Teknologi baru tersebut telah meningkatkan kualitas pengiriman layanan, mengurangi masa aktivasi untuk Customer Premises Equipment (CPE)  dan meminimalisasi kesalahan dalam proses konfigurasi perangkat jaringan.

Dbots menerapkan pendekatan baru dalam pengiriman layanan. Dengan menggunakan peranti lunak untuk mereplikasi
interaksi manusia dengan perangkat jaringan, Dbots dapat melakukan staging, testing, dan konfigurasi perangkat untuk pelanggan MNS.

Melalui Dbots, ribuan perangkat secara otomatis dapat melakukan staging, testing dan konfigurasi, sehingga dapat meminimalisasi human error, serta menciptakan efisiensi biaya dan waktu pada layanan proses pengiriman.
Solusi tersebut mampu mengurangi waktu aktivasi CPE hingga 83%. Kemampuan- kemampuan mengagumkan tersebut telah membantu telkomtelstra terlihat menonjol dalam kategori competitive innovation award dari ACA.

“Kami merasa bangga karena telah diakui oleh Asia Communication Awards, yang merupakan forum paling bergengsi di kawasan Asia untuk industri telekomunikasi,” ujar Erik Meijer, Presiden Direktur Telkomtelstra.

Dbots  didesain  untuk  mengubah  cara  lama  dalam  pengiriman dengan  memanfaatkan teknologi  cloud  untuk membantu perusahaan meningkatkan produktivitas dan mendorong efisiensi untuk memajukan usahanya. Keuntungan utama dari teknologi Dbots antara lain pengiriman yang lebih cepat, keuntungan yang bertambah, alokasi modal proyek yang lebih sedikit, efisiensi biaya, dan pengurangan kompleksitas.

“Dbots adalah suatu peranti lunak robotik yang dapat digunakan untuk mengurangi kesalahan pelaksanaan tugas regular dalam sistem managed network environment,” jelas Agus F. Abdillah, Chief Product & Synergy Officer dari Telkomtelstra.

Diluncurkan pada 2011, ACA adalah ajang bagi para pelaku bisnis untuk mengapresiasi kinerja dan inovasi dari operator telekomunikasi, penyedia layanan, operator, dan vendor terdepan di Asia. Penghargaan ini telah menjadi landasan penting untuk merayakan kontribusi inovatif terhadap evolusi industri telekomunikasi global.

Leave a Comment