Qualcomm Siapkan Snapdragon 660 & 630 untuk Smartphone Murah

ArenaLTE.com - Pabrikan chipset mobile Qualcomm, mengumumkan bahwa ada prosesor terbaru kembangannya yang dikhususkan untuk smartphone kelas menengah bawah. Dua produk yang dikenalkan tersebut adalah Snapdragon 660 dan 630, sekaligus untuk merebut ceruk pasar smartphone murah.

Seperti banyak diketahui, beberapa seri smartphone premium di pasaran milik produsen global sudah banyak yang menggunakan produknya dari keluarga Snapdragon 8 series. Dan melihat adanya peluang besar di kategori smartphone menengah bawah yang bisa dibilang lebih murah, produsen pun tergiur dengan menghadirkan dua produk baru langsung.

Snapdragon 660 dan 630 diklaim adalah prosesor kelas menengah bawah, namun memiliki sejumlah fitur baru. Salah satu yang digaungkan perusahaan adalah paduan chipset grafis Adreno 512, dengan peningkatan tenaga grafis sebesar 30%.
 
Selain kompartemen grafis tersebut, fitur lain yang digadangkan perusahaan adalah penggunaan daya baterai yang lebih irit. Sedangkan pada sisi pengisian baterai, kedua seri pun diklaim memiliki teknologi fast charging untuk pengisian cepat hanya 15 menit untuk pencapaian 50%.

Klaim lain yang disebutkan Qualcomm sebagai fitur baru pada Snapdragon 660 & 630 adalah dukungan kamera. Seri ini di gadangkan mampu mendukung resolusi kamera hingga besar 24MP, serta pengambilan gambar cepat tanpa jeda dan focus otomatis.

Pun demikian, Qualcomm belum merilis informasi apakah dua seri prosesor barunya ini adalah produk yang mampu meredam panas lebih baik/ overheati, karena memiliki fitur yang hamper sama dengan produk kelas atasnya.

Pasalnya, Qualcomm pernah mendapat banyak cibiran saat merilis chipset mobile Snapdragon 810, yang ternyata mengalami overheat dan disebutkan karena memiliki banyak fungsi kerja.

Leave a Comment