​REVIEW GENPRO X PRO : SMARTPHONE DUAL LENS YANG HARGANYA MIRING

Plus

  • Dual kamera
  • Fitur pengaman berlapis
  • Dual simcard murni
  • Harga jual sangat terjangkau

Minus

  • Layar tak anti gores
  • Keluaran suara kurang bening
  • Efek bokeh tak bisa untuk selfie
  • Isi ulang baterai kurang cepat, tidak fast charging

Score: 7.3

DESAIN
8
LAYAR
6
KAMERA
7
MULTIMEDIA
8
PERFORMA
7
VALUE FOR MONEY
8
ArenaLTE.com - Banyak sudah vendor yang merilis smartphone dengan kamera ganda. Tapi yang dilakukan Genpro, lumayan bikin surprise. Sub-brand Evercoss ini merilis smartphone dengan kamera ganda dengan harga di bawah dua juta rupiah. Tepatnya IDR1.6 juta (saat rilis), dan bahkan hanya IDR1.3 ketika flash sale. Padahal, teknologi kamera ganda ini termasuk masih gres.
 
Apa yang dilakukan Genpro dengan seri terbarunya ini Genpro X Pro, jadi mengingatkan slogan salah satu maskapai berbiaya murah, Everybody Can Fly, yang membuat bepergian naik pesawat tak hanya milik kaum berduit saja. Dengan harga segitu, Genpro membuat Everybody Can Have Dual Lens Smartphone. Tapi bagaimana performanya, mari kita simak reviewnya:

DESAIN GENPRO X PRO

Dimensi : 138.1 x 69.6 x 7.8 mm
Pilihan warna: Silver, Black, Gold

Meskipun harganya murah, tetapi penampilan ponsel ini tak terlihat kodian. Memang material bodynya terbuat dari plastic, namun Genpro dengan cerdik membalut ponsel ini dengan kesan metal. Jadinya terlihat seperti smartphone berkelas. Ditambah lagi dengan bagian pinggiran sambungan cover depan dan belakang dibuat kurva. Selain menambah sentuhan stylish, juga membantu menyamankan genggaman tangan.
 
Smartphone ini dirancang dengan konsep unibody, yang membuat strukturnya jadi lebih kokoh, selain juga lebih enak dipandang. Meskipun konsep begini, membuat repot ketika ponsel bermasalah dengan reboot –yang biasanya diselesaikan dengan solusi cabut baterai. Bobotnya masih cukup nyaman untuk disimpan di saku. Hadir dengan tiga pilihan warna, Black, Gold, dan Grey. Varian berwarna hitam nampak lebih mentereng dibanding warna lain.

Genpro-X-Pro

DISPLAY

Ukuran: 5 Inchi
Jenis: IPS Capacitive Multi Touch Screen
Resolusi: 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density), HD
 
Soal kenyamanan layar ukuran layar 5 inchi ini memang relative. Bagi kalangan muda dan memiliki jari ramping, mata yang masih awas, tentu tak jadi masalah. Tapi bagi mereka yang matanya mulai rada-rada kabur, ini lumayan merepotkan. Resiko typo akan mudah terjadi.
 
Frame layar di bagian sisi kanan dan kiri kelihatan agak besar, ditambah ruang bagian tas dan bawah layar yang juga agak besar, sehingga membuat layar seperti terlihat sempit. Tampilan layarnya sendiri cukup terang dan tajam. Respon terhadap sentuhan jari juga lumayan bagus, meski terkadang seperti tersendat.
 
Display tak menggunakan jenis layar anti gores. Karenanya, dipasangilah pelindung layar. Tapi lapisan pelindung semacam ini justru cepat jadi kusam akibat kena goresan dan gesekan. Ini agak kurang sedap dipandang saja, tatkala layar sedang mati. Jejak goresan dan gesekan di pelindung ini kelihatan betul kusamnya.

Genpro-X-Pro

KAMERA GENPRO X PRO

Kamera Belakang: 13 Mpix + 2 Mpix + LED Flash Light
Kamera Depan: 8 Mpix + LED Flash Light
 
Dalam kondisi cahaya yang cukup, hasil fotonya tampak bagus, terang dan fokusnya tajam. Kemampuan merekam warna-warnanya juga lumayan natural. Namun jika diperbesar, ketajaman foto tampak pecah, bintik pixelsnya bermunculan. Dalam kondisi cahaya minim, atau Cuma diterangi cahaya lampu, masih bisa dipakai untuk memotret. Namun ketajaman foto menurun, serta sensitive sekali pada gerakan. Gerak sedikit hasilnya langsung nge-blur.  Untuk itu, ketika dalam kondisi tersebut, sebaiknya pakailah tripod dan suruhlah obyek fotonya diam mematung. 

Genpro-X-Pro
 
Keberadaan kamera ganda di ponsel ini dapat mengakomodasi keinginan penggunanya biar dapat berfoto dengan efek bokeh. Hasilnya tentu saja tak bisa dibandingkan dengan hasil efek bokeh seperti ketika memakai kamera DSLR dengan titik api panjang (zoom). Tapi cukup lumayan untuk menghasilkan foto yang focus pada obyek fotonya tajam, dengan latar belakang yang buram/blur. Agar efek bokehnya lebih nampak, pilihlah background berwarna-warni. Jangan memilih background terang dan sewarna.
 
Selain itu, ketersediaan kamera ganda dengan efek bokehnya ini, sepertinya kurang bersahabat dengan para selfie mania. Karena ditempatkan di belakang. Untuk selfie, ya dilayani dengan lensa tunggal di depan yang berukuran 8 Mpix itu. Jadi, kalau Anda bersikukuh ingin berfoto dengan efek bokeh, Anda harus meminta orang lain memfoto untuk Anda.

MULTI MEDIA

FM Radio, Video Player, Recording
 
Yang namanya fitur multimedia tak mengenal kelas smartphone. Semuanya harus ada. Nah, Genpro X Pro ini bisa dipakai untuk mendengarkan radio, memutar music dan menonton video. Ada aplikasi bawaan, aplikasi dari Google, maupun yang mesti diunduh dulu. Semuanya bisa difungsikan dengan baik. Termasuk ketika ditambahkan dengan aplikasi dari luar, oke-oke saja.
 
Hanya, jangan menuntut kualitas audio sebening kristal dan menggelegar laksana guntur. Keluaran suaranya biasa-biasa saja. Baik ketika diperdengarkan dari speaker maupun lewat headset bawaannya. Ya tapi wajarlah untuk smartphone sekelas ini. Masak Anda mengharapkan kenyamanan Mercy dari mobil sekelas Avanza.

Genpro-X-Pro

Prosesor Dan Memori Genpro X Pro

Prosesor Quadcore MediaTek MT6737 1.25GHz, RAM 3 GB, ROM 32 GB, Eksternal Micro SD up to 128 GB  
 
Untuk smartphone dengan harga sekisaran satu setengah juta, bekal prosesor, RAM dan ROM-nya sudah di atas ekspektasi. Sudah bisa untuk menggenjot fitur dan aplikasi masa kini yang umumnya butuh mesin kapasitas besar. Itu terbukti ketika ponsel ini diajak bekerja mengolah fitur dan aplikasi yang ada, yang berjalan lancar, tidak tertatih-tatih, bahkan untuk memainkan mobile game 3D Online. Ketika diajak kerja marathon, memang ponsel jadi terasa sedikit panas. Namun masih dalam ambang batas kewajaran.
 
Smartphone ini memiliki slot memori eksternal yang tersendiri. Kelebihan model begini adalah, Anda tak harus mengorbankan salah satu slot simcard untuk memasang memori eksternal, seperti yang terjadi pada smartphone yang memakai slot simcard hybrid. Sebaiknya pula, simpanlah file image, dan audio pada memori eksternal, agar tak menghabiskan ruang simpan eksternal.

JARINGAN

4G Network ; 4G LTE / HSDPA+ / 3G/ GSM; Dual Simcard
 
Faktor utama stabilitas dan kekuatan sinyal 4G memang tergantung dari operator penyedia layanan 4G-nya. Tetapi tetap saja harus didukung kemampuan dan kekuatan antenna dalam menangkap sinyal. Dalam kasus ini, Genpro X Pro cukup baik dalam menangkap sinyal, yang dalam pengujian, dicobakan pada semua operator penyedia layanan 4G. Kalau kebetulan berada pada daerah yang tak tersedia jaringan 4G, bisa memanfaatkan jaringan 3G.
 
Pengguna bisa memasang dua simcard dari operator berbeda, karena tersedia dua slot simcard yang dua-duanya bisa aktif bersamaan. Hanya saja, salah satunya saja yang bisa digunakan untuk jaringan 4G.

Genpro-X-Pro

KONEKTIVITAS

Wifi; Bluetooth 4.0; Support OTG
 
Meskipun sudah jarang digunakan, namun konektivitas via Bluetooth yang tersedia di ponsel ini cukup memberi nilai tambah. Fitur inipun bisa berfungsi dengan baik ketika dicoba. Bisa dipakai untuk transfer file, walaupun terbatas pada file-file ukuran sedang saja. Konektifitas lewat wifi juga oke. Kemampuannya untuk menyambung dengan beragam hot-spot, termasuk dengan smartphone lain yang dijadikan hot-spot, juga baik.

SECURITY

Fingerprint; XLocker; Anti Theft; Avatar Master
 
Cukup menarik dengan banyak tersedianya fitur pengaman. Selain tombol fingerprint, yang hanya bisa dibuka dengan sidik jari pengguna, juga tersedia yang lain. XLocker, misalnya, bekerja dengan melindungi file dan aplikasi dengan system akses lewat sandi angka, atau pengenal wajah. Bekerja cukup akurat dengan mengenali wajah pengguna. Catatannya, ekspresi wajah harus sama dengan ketika foto wajah diambil sebagai data password. Jadi kalau pas difoto, Anda sedang senyum, maka ketika mengakses file, dan scanning dilakukan, Anda juga harus tersenyum. Kalau tidak, ya tak bisa dibuka.
 
Ada lagi fitur pengaman untuk menciduk orang yang coba-coba iseng mengotak-atik ponsel Anda. Jadi, ketika si iseng gagal memasukkan kata sandi dengan benar, otomatis wajahnya akan terekam kamera selfie, dan masuk ke data di ponsel. Anda tinggal buka saja file-nya. Nanti di situ akan nongol wajah si intruder. 

Genpro-X-Pro
 
Yang menariknya lagi, ada Avatar Master. Ini semacam fungsi untuk membuat ruang pribadi di dalam ponsel Anda. Di dalamnya, ada bisa menyimpan file, aplikasi, video, foto, rekaman suara, fitur kamera yang hasilnya otomatis tersimpan di ruang pribadi ini. Intinya, di sinilah gudang data dan aplikasi yang Anda tak mau orang lain tahu keberadaannya. Bahkan, ikon menu untuk privacy system ini pun tak bakal nongol di layar. Cara aksesnya, menggunakan dialpad dengan kode angka tertentu. Aplikasi ini, terus terang, cocok buat orang yang suka rahasia-rahasiaan.

BATERAI

Tak disebutkan dalam data teknis yang ada di buku manual, jenis baterai apa yang dipakai. Bisa jadi Lithium Polymer atau lithium ion dengan kapsitas 2650 mAh. Tapi biasanya, untuk smartphone-smartphone terkini, memakai lithium polymer. Susah juga mau mengeceknya, karena baterai tersimpan di balik cover belakang yang tertutup paten.
 
Soal kapasitasnya sendiri, cukuplah untuk mendukung pemakaian selama sehari. Kurang dari sehari sih, dengan pemakaian secara intens, pada fitur-fitur standar, semacam browsing, kamera dan media sosial. Proses charging berjalan agak lambat, sepertinya tak dibekali teknologi fast charging.

Genpro-X-Pro

PERFORMA

Butuh waktu agak lama, dimulai saat tombol start ditekan, hingga ponsel siap digunakan. Tapi selebihnya berjalan lancar. Tak ada hambatan ketika diajak bekerja menjalankan berbagai fungsi. Kualitas koneksi 4G juga bagus. Kualitas suara dan sambungan ketika dipakai voice call juga oke. Secara keseluruhan, performa smartphone ini tidak mengecewakan.

VALUE FOR MONEY

Harga Jual: IDR1.6 Juta (Rilis)
 
Ketika dalam program flash sale, malah smatphone ini dijual dengan harga IDR1.3 juta saja. Harga yang benar-benar menarik, mengingat kelengkapan fitur dan sebagainya. Biasanya, smartphone dengan kamera ganda, dipasarkan dengan harga di atas dua juta rupiah. Jadi, menurut penilaian ArenaLTE, Genpro X Pro ini sangat layak menjadi salah satu smartphone yang patut dipertimbangkan, kalau Anda sedang mencari smartphone baru, dengan bujet pas-pasan.

Leave a Comment