8 Fakta Ungkap Kehebatan Layar Dynamic AMOLED 2x Galaxy S20 Plus

ArenaLTE.com - Teknologi layar menjadi salah satu faktor penting untuk meningkatkan pengalaman pengguna smartphone, layar yang baik responsif terhadap sentuhan hingga resolusi tinggi dengan saturasi warna yang baik juga penting untuk menikmati konten multimedia.
 
Selain kehebatan di sektor kamera, ketiga varian juga dibekali dengan inovasi layar smartphone paling canggih saat ini yaitu panel layar Dynamic AMOLED 2X yang memiliki kecanggihan layar resolusi tinggi, refresh rate cepat dan ketajaman serta akurasi warna akurat.
 
Teknologi layar Dynamic AMOLED 2X  hadirkan kemampuan layar beresolusi tinggi yang sangat ideal untuk menikmati konten video seperti tampilan ala bioskop dengan warna ideal dan resolusi tinggi yang dibuktikan dengan sertifikasi HDR10+.
 
Layar Dynamic AMOLED 2X ini dilekatkan pada Samsung Galaxy S20 series yaitu Galaxy S20, S20+ dan S20 Ultra dengan resolusi Quad HD+ (3200 x 1440), HDR10+ certified dan dukungan 120Hz. Yang membedakannya hanyalah ukuran fisik layarnya yaitu layar Galaxy S20 Ultra berukuran 6,9 inchi, layar Galaxy S20+ 6,7 inchi dan layar Galaxy S20 6,2 inchi.

Dynamic AMOLED Galaxy S20 

Teknologi layar Dynamic AMOLED pertama kali diperkenalkan pada layar Galaxy Note10, Note10 Plus, S10e, S10, S10 Plus, dan S10 5G juga telah menerima sertifikasi untuk Mobile Color Volume 100 persen dari cakupan DCI-P3 (Digital Cinema Initiatives) dengan rasio kontras 2.000.000: 1 oleh VDE Germany.
 
Lembaga sertifikasi resmi TUV Rheinland yang diakui secara global juga mengganjar teknologi layar Dynamic AMOLED dengan menampilkan Eye Comfort Certification berdasarkan kemampuannya untuk secara drastis mengurangi efek berbahaya dari cahaya biru.
 
Dynamic AMOLED 2X
Layar Dynamic AMOLED 2X ini pertama kali diperkenalkan dan dilekatkan pada Samsung Galaxy S20 series yaitu Galaxy S20, S20+ dan S20 Ultra. Angka 2X jelas menunjukkan refresh rate dua kali lebih tinggi daripada sebelumnya yaitu 120hz.
 
Pihak Samsung Indonesia juga pernah memaparkan kalau Dynamic AMOLED 2X memiliki lantensi yang jauh lebih baik dan membuat perangkat memiliki respon yang lebih optimal.
 
Dynamic AMOLED merupakan layar Super AMOLED dengan dukungan tambahan dari HDR10+ yaitu format HDR yang hanya dikembangkan oleh Samsung sehingga mmapu menampilkan warna dalam range yang lebih lebar dan lebih kaya warna.
 
Lebih Kaya Warna Akurat
Layar Samsung Galaxy S20 Plus memiliki sebuah mode bernama High Screen Brightness yang aktif bersamaan dengan mode Auto Brightness. Mode ini akan mengaktifkan kecerahan tinggi pada layar di tempat yang sangat terang. Di lingkungan dengan tingkat kecerahan menengah, layar Galaxy S20 Plus mampu memproduksi tingkat kecerahan 823 nits.
 
Sementara di lingkungan yang lebih cerah, kecerahannya pun meningkat menjadi 1342 nits. Artinya kendati digunakan di luar ruangan, layar Galaxy S20 Plus tetap mampu memberikan tampilan yang jelas. Dynamic AMOLED 2x ini sudah lebih terang sebanyak 14%.


 
Kontras Yang Baik
Teknologi Dynamic AMOLED 2x hadirkan panel layar dengan akurasi kontras yang baik, layarnya mampu menampilkan warna hitam dengan akurat, demikian pula dengan warna-warna lainnya. Kontras ini merupakan hal penting ari performa layar, paduan kontras, warna, tingkat kecerahan dan refresh rate menjadikan menonton film lebih menyenangkan.
 
Layar Responsif Optimal 
Angka 2X jelas menunjukkan refresh rate dua kali lebih tinggi daripada sebelumnya yaitu 120hz. Pihak Samsung Indonesia juga pernah memaparkan kalau Dynamic AMOLED 2X memiliki lantensi yang jauh lebih baik dan membuat perangkat memiliki respon yang lebih optimal.
 
Respons time adalah waktu ketika layar merespons sentuhan jari penggunanya. Respon time akan sangat berpengaruh ketika digunakan bermain game.
 
Dynamic AMOLED generasi awal yang dipasangkan pada Galaxy S10 memiliki respons time 83,4ms. Untuk Galaxy S20 Plus, respons time-nya meningkat 2Xlipat menjadi 46,6ms. Tidak hanya itu, sensitivitas terhadap sentuhan pun naik dua kali lipat, menjadi 240Hz.
 
Layar Refresh Rate 120Hz
Angka 2X jelas menunjukkan refresh rate dua kali lebih tinggi daripada sebelumnya yaitu 120hz. Secara default layar diatur dalam refresh rate 60 Hz dengan resolusi QHD Plus, namun pengguna Galaxy S20 series dapat mengatur refresh rate 60 Hz atau 120 Hz.
 
Refresh rate layar yang dimaksud adalah performa layar untuk menyegarkan (refresh) gambar yang ditampilkan layar. Semakin tinggi refresh rate layar, semakin banyak gambar atau dalam hal ini frame yang dapat diproses per detiknya.
 
Oleh sebab itu, performa refresh rate suatu layar juga bertalian dengan frame rate suatu konten tak hanya video tapi juga game dan sebagainya. Refresh rate tinggi memungkinkan lebih sedikit jeda atau lag pada tampilan dan layar pun semakin responsif.


 
Cara Mengubah Refresh rate 120Hz Galaxy S20
 
Pada Galaxy S20 Ultra, perusahaan menyematkan setelan khusus untuk mengaktifkan dynamic refresh rate yang dapat ditemukan di menu Settings > Display > Motion smoothness > High refresh rate. Kemudian pilih refresh rate 60Hz atau 120 Hz.
 
Pengakuan Display Mate
Analisis dan pengujian teknis terhadap panel Dynamic AMOLED 2X telah dilakukan oleh Display Mate yang merupakan perusahaan yang melakukan pengujian dan perbandingan teknologi layar.
 
Menurut laporan Display Mate panel Dynamic AMOLED 2X merepresentasikan "layar smartphone kelas atas yang sangat mengesankan". Berdasarkan serangkaian analisis, pengukuran, dan pengujian, perusahaan memberikan nilai akhir A+ karena panel ini disebut mampu menyamai rekor yang telah ada sebelumnya dan menorehkan rekor baru, panel ini juga mencatatkan rekor dalam hal akurasi mode layar sRGB dan DCI-P3.

Leave a Comment