Kumpulan Chief Perusahaan Teknologi Jalin Kerjasama 2 Universitas Tanah Air

ArenaLTE.com - Bertempat di aula serbaguna Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Perkumpulan Chief Information Officer Indonesia (iCIO Community) hari ini menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dan Universitas Bina Nusantara (Binus) untuk meningkatkan program pendidikan digital.

Kesepakatan tersebut diungkapkan untuk menyelaraskan rencana Pemerintah ditangan Kemkominfo untuk mengembangkan ekosistem digital. Selain itu juga sebagai dukungan untuk mewujudkan misi Indonesia untuk menjadi Negara berbasis ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara 2020 mendatang.

”Kementrian Komunikasi dan Informatika menyambut baik penandatanganan MoU antara iCIO Community, FTUI dan Binus. Kerjasama antara dunia usaha dan pendidikan sangat penting untuk membangun daya saing Indonesia di masa depan Indonesia,” jelas Rudiantara dalam keterangan resminya.
 
Tambahnya, Kesepakatan kerjasama ini juga selaras dengan rencana pemerintah dalam pengembangan ekosistem digital untuk mendukung terealisasinya misi Indonesia menjadi negara berbasis ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara 2020 yang dicanangkan pemerintah baru-baru ini. CIO memiliki peran kunci mendukung kecepatan dan ketepatan langkah suatu organisasi baik.

Selaras dengan pernyataan Rudiantara, Ongki Kurniawan, Sekretaris Jenderal, iCIO Community mengatakan, ”Era digital membuka kesempatan kerja yang luas namun hampir semua CIO yang menjadi anggota iCIO Community mengaku kesulitan merekrut SDM yang memiliki skill dan pengetahuan digital yang cukup,” tegasnya.

Kerjasama iCIO Community dan FTUI telah dimulai sejak satu tahun yang lalu melalui program iCIO Contribute, menghadirkan para CIO untuk membagi pengetahuan dan pengalaman terkait berbagai praktik-praktik teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Melalui MoU ini kedua belah pihak juga sepakat untuk terus meningkatkan kerjasama tersebut. Melalui MoU dengan Binus, inisiatif kerjasama pertama yakni guest lecture akan terus ditingkatkan dengan berbagai inisiatif lainnya seperti penelitian bersama, forum diskusi, pengembangan kurikulum, hingga program praktek kerja.

Leave a Comment