Developer Game Indie Bisa Mejeng di Event Game Terbesar Indonesia Lho, Caranya?

ArenaLTE.com - Tahun lalu, BEKRAF Game Prime 2017 berhasil menyedot animo lebih dari 13.000 pengunjung menjadi event industri game terbesar di Indonesia. Kini, BEKRAF Game Prime 2018 siap digelar melanjutkan kesuksesan sebelumnya.

Tahun ini, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) bekerja sama dengan IDEA Network dan AGI siap mencatat sejarah dengan menggelar BEKRAF Game Prime 2018 bakal digelar selama tiga hari, Business Day pada tanggal 13 Juli 2018 bertempat di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta (tentatif) dan Public Day selama dua hari (14 dan 15 Juli 2018) bertempat di Balai Kartini, Jakarta.

“Game Prime ini bertujuan untuk menjadi suatu wadah bagi para game developer lokal untuk memamerkan karya mereka agar lebih  dikenal oleh masyarakat luas. Untuk tujuan jangka pendek, kami ingin memfasilitasi sebanyak mungkin para developer untuk memamerkan, memasarkan karya mereka ke masyarakat luas, dan juga sebagai wadah bertemunya developer serta industri lain contohnya perusahaan, media, dan investor sehingga memungkinkan terjadinya kerjasama lebih lanjut.

"Dan untuk tujuan jangka panjang, kami berharap dapat mengubah mindset masyarakat yang berpikir bahwa bekerja di industry game kurang menjanjikan. Akan banyak gamification di masa depan yang sangat berguna. Ini yang ingin kami  ubah, karena banyak game developer cerdas di indonesia yang memiliki karya-karya  yang bahkan mendunia,” ujar Monica Kansy, Chief Event and Community Officer Idea Network.

Salah satu menu utama dalam BEKRAF Game Prime 2018 ini adalah Indie Showcase yang bakal diikuti oleh 50 developer game indie terbaik Indonesia. Dengan dihadiri puluhan ribu pengunjung, Indie Showcase ini bisa menjadi sarana yang pas bagi para developer indie untuk mendapatkan exposure lebih dari gamer Indonesia, ataupun mendapatkan feedback langsung dari pengunjung akan game yang tengah dikembangkan.

Pendaftaran untuk menjadi salah satu peserta di Indie Showcase ini sudah dibuka. Nantinya para pendaftar akan kembali dikurasi, dan 50 developer game indie terbaik akan mendapatkan space eksibisi gratis selama dua hari Public Day BEKRAF Game Prime 2018. Kesempatan ini terbuka bagi seluruh developer game indie di Indonesia. Dan untuk mendaftar bisa dilakukan melalui tautan Pendaftaran Booth Developer Indie: https://www.gameprime.org/exhibitors/

Pada Business Day, BEKRAF Game Prime 2018 akan mengumpulkan para pelaku industri game Indonesia dan mancanegara untuk saling bertukar ilmu dan membangun relasi untuk kepentingan kolaborasi jangka panjang di industri game. Business Day akan diisi dengan beragam seminar yang mengedukasi dan menginspirasi dari pembicara lokal, internasional, serta pelaku industri game lokal yang sukses bekerja di studio internasional dan mengharumkan nama Indonesia.

Sedangkan Public Day akan mengusung konsep eksibisi, dimana ribuan pengunjung akan diajak untuk bermain game di ratusan booth yang tersedia selama dua hari penuh. Para pelaku industri game lokal dapat memamerkan hasil karyanya yang kemudian akan dinikmati oleh masyarakat yang hadir. Bukan hanya itu, akan ada juga beberapa hiburan lain seperti VR, Board Game, Toys, Artist Alley, serta berbagai kompetisi eSport yang bisa diikuti dan ditonton.

Selain itu, BEKRAF Game Prime 2018 juga akan menganugerahkan penghargaan kepada para developer berprestasi dalam berbagai kategori yang telah masuk tahap seleksi sebagai bentuk apresiasi atas usahanya memajukan industri game Indonesia.

Mengusung tema “Gaming: Evolved” diharapkan BEKRAF Game Prime 2018 ini bisa mengakomodasi dan memberikan informasi kepada para pelaku industri maupun masyarakat umum mengenai tren industri game yang terus berevolusi dengan cepat.

Survei dari AppAnnie dan Newzoo menyatakan bahwa Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Mixed Reality (XR) dan eSports adalah masa depan industri game, dan pendapatan industri dari sektor tersebut diperkirakan akan meningkat berkali-kali lipat hingga 2020 mendatang. Sehingga dengan adanya BEKRAF Game Prime 2018 ini, diharapkan para pelaku industri Indonesia bisa semakin bersaing di tingkat global.

Leave a Comment