Hands On Samsung Galax Tab A7: Muncul Di Momen Yang Tepat

ArenaLTE.com - Elvira Dwi Anggraeni, Product Marketing Proffesional Samsung Mobile Indonesia, mengungkapkan, penjualan lini produk tablet Samsung di Indonesia pada kuartal 3 2020 mengalami peningkatan 58% dibanding periode yang sama di tahun lalu. Ini membuat Samsung menguasai pasar tablet dalam negeri sebesar 62.5%. Ada kontribusi masa new normal terhadap peningkatan itu, demikian ungkap Elvira.
 
Sebagai perangkat pendukung bekerja dan belajar dari rumah selama pandemic Covid-19, tablet memang memiliki sejumlah keunggulan dibanding smartphone. Layarnya yang lebih luas, mampu menjalankan multi fungsi, dukungan baterai besar, serta aksesoris pendukung semacam stylush pen dan keyboard, adalah beberapa di antaranya.
 
Karenanya, kemunculan Galaxy Tab A7 ini beberapa waktu lalu seperti mendapat momen yang tepat. ditujukan bagi segmen low end. Dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan perangkat tablet yang mumpuni, namun tanpa membebani dengan harga tinggi.
 

Desain

Cukup mengejutkan ketika tahu bahwa ketebalan tablet ini hanya 7 mm saja. Ini ketebalan yang terbilang langsing untuk ukuran sebuah tablet. Desain yang slim ini memang jadi salah satu “jualannya” Tab A7. Pengaruhnya bagi pengguna? Ya tentu saja lebih handy dan ringkas.


 
Ukuran body sendiri masih standar buat sebuah tablet 247.6 x 157.4 mm. Masih enak untuk dipegang dan dibawa-bawa. Pun masih cukup ringkas untuk dimasukkan dalam tas, di sela-sela buku atau dokumen. Bobotnya 477 gram, hampir setengah kilo sih. Tapi yaa, masih okelah. Toh menggunakan tablet lebih banyak ditaruh di atas meja, atau pangkuan, ketimbang dipegang terus menerus.
 
Tampilan? Sebagai gadget kelas low, penampakan Tab A7 ini cukup keren. Tak terlihat seperti tablet kelas kodian. Body berbahan metal dengan tekstur kesat, memberi grip yang baik ketika digenggam. Ini penting, mengingat ukurannya yang besar membuat tangan tak bisa menggenggam sepenuhnya.
 

Layar

Memiliki bentang layar 10.4 inchi. Bentang layar yang menjanjikan kenyamanan bagi mata saat berlama-lama menggunakan tablet ini. Dokumen bisa tampil lebih utuh, tayangan video yang lebih lega, tampilan laman web yang lebih optimal, serta lebih utuh menyajikan tampilan video conference. Dari sisi ini, Galaxy Tab A7 sangat mendukung untuk aktivitas bekerja dan belajar secara online.


 
Bezel yang membingkai layar termasuk tipis untuk ukuran tablet, sehingga memberikan ruang yang lebih luas untuk tampilan layar. (benarkah sisi bezel fade away???)
 
Tab A7 dipasangi layar jenis IPS. Tentu tak bisa sebening layar tipe OLED –yang menghiasi tablet/smartphone kelas atas. Tapi masih bisa menyajikan tampilan layar yang cukup tajam dan cerah, dengan resolusi WUXGA 1200 x 2000 pixels yang dimilikinya. Performa layar sentuhnya juga bagus, cukup responsive terhadap sentuhan jari.
 

Kamera

Sebuah tablet memang tidak dirancang untuk menjadi perangkat mobile photography. Ukurannya yang lebar pastinya tidak ideal untuk difungsikan sebagai kamera. Jadi, kalau Tab A7 ini hanya dibekali kamera tunggal belakang sebesar 8 Mpix, dan kamera depan sebesar 5 Mpix, ya wajar saja.
 
Pun begitu, untuk bekerja maupun belajar yang terkadang harus memotret untuk mendokumentasikan sesuatu, kamera yang dimiliki tablet Samsung ini masih memberikan dukungan performa yang memadai. Kamera depannya masih cukup untuk mendukung video call atau video conference.
 

Mutimedia

Tab A7 ini dirancang sebagai perangkat pendukung kerja, dan juga buat hiburan. Sebagai perangkat hiburan, pertama tentu saja bekal layar yang lega, agar mata lebih adem saat menikmati tayangan video, dan juga gaming. Resolusi dan ketajaman tampilan layar yang memadai untuk menikmati dua hal tadi.


 
Selanjutnya ada quad speaker, yang ditujukan untuk memperkaya pengalaman dari sisi audio. Ditunjang dengan teknologi Dolby Atmos surround sound. Sejauh dicoba kemampuannya, output audio dari speaker lumayan nyaring dan jernih. Sangat mendukung untuk video call/conference dan memperkuat sensasi gaming.
 

Konektivitas
Tablet baru Samsung ini hadir dengan slot SIM card tipe nano. Kehadiran slot simcard ini menjadi nilai plus bagi tablet ini. Membuat aspek konektivitas menjadi lebih kaya, dan menambah aspek mobilitas.

 
Dengan adanya koneksi (internet) lewat layanan operator, jadi tidak terlalu bergantung pada keberadaan hot-spot. Kalau kebetulan berada di suatu tempat dan ada pekerjaan mendesak (seperti membuka dan mengirim email), bisa dilakukan saat itu juga, tanpa harus kalang kabut mencari hot-spot.
 

Performa

Kinerja Galaxy Tab A7 dipacu dengan prosesor delapan inti, yang empat di antaranya memiliki kecepatan puncak 2.0 GHz. Sudah bagus untuk sebuah perangkat kelas low-end seperti ini. Sementara otaknya ditanami SoC Snapdragon 662, sebuah chipset kelas menengah buatan Qualcomm.
 
Konfigurasi dapur pacu seperti itu sudah sangat menunjang untuk berbagai aktivtas tanpa mengalami hambatan. RAM 3 GB yang dipasangkan di dalam tablet ini, menjamin loading games dan aplikasi lain berjalan mulus. Ruang simpan internal tersedia sebesar 32 GB. Dahsyatnya, tambahan memori eksternal bisa diekspan hingga 1 TB.
 

Baterai

Dilengkapi baterai berkapasitas 7040 mAh baterai tipe lithium polymer. Idealnya memang bisa lebih besar lagi, mengingat ukuran yang besar semestinya bisa menyimpan baterai dengan kapasitas lebih besar lagi. Syukur-syukur bisa dipasangi baterai 10 ribu mAh –walau mungkin konsekuensinya bisa mempertebal body.


 
Namun baterai yang ada (7040) sudah cukup memadai untuk menunjang aktivitas seharian penuh. Utamanya untuk belajar dan bekerja.  Fitur dark mode yang ada, bisa membantu efisiensi pemakaian baterai. Serta penggunaan teknologi fast charging 15 W, cukup membantu mempercepat pengisian ulang baterai.

Harga

Galaxy Tab A7 dipasarkan dengan harga Rp4.9 juta. Ini level harga yang termasuk segmen menengah ke bawah untuk pasar tablet. Harga yang lebih memungkinkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan spesifikasi yang cukup tinggi di kelasnya, desain dan tampilan yang stylish serta performa yang handal, rasanya cukup pantas Tab A7 ini ditebus dengan harga seperti itu.  


 
 

Leave a Comment