Hadiah Ultah Ke-15 Gmail: Fitur Email Terjadwal

ArenaLTE.com - Coba diingat-ingat, kapan kalian pertama kali punya akun dan menggunakan Gmail (Google Mail)? Barangkali sudah lupa ya, tak apa-apa. Yang jelas, sekarang layanan surat elektronik persembahan Google itu sudah berusia 15 tahun. Tahun ini Gmail berulang tahun ke-lima belas. Sudah abege, kalau ukuran umur manusia.
 
Nah, di ultahnya yang ke-15 ini, Gmail punya hadiah buat para penggunanya yang sudah miliaran orang itu. Yakni, fitur baru yang dinamakan “schedule email”. Fitur ini dihadirkan agar pengguna makin asyik saja menggunakan Gmail.
 
Kita kan, mungkin, pernah menemui kasus semacam ini. Mau berkirim email ke seseorang, baik itu rekan bisnis, nasabah, klien, dan sebagainya. Namun tak jadi dikirimkan saat itu juga, karena pertimbangan mungkin bukan waktu yang tepat buat mengirim email tersebut. Maka ditundalah email itu, dan tersimpan di draft box.
 
Masalahnya, seiring waktu dan banyaknya kesibukan, malah jadi terlupa sama sekali untuk mengirim email tersebut. Baru teringat beberapa hari kemudian. Mungkin kita memaksakan mengirim email, dengan prinsip lebih baik telat daripada tidak sama sekali. Tapi timing-nya sudah hilang, atau lebih jeleknya, bikin impresi yang tidak baik di mata klien.
 
Nah, fitur baru yang disediakan Gmail ini akan menghindari kasus semacam itu lagi. Kita bisa mengatur jadwal, kapan email tersebut akan dikirimkan, dengan memasukkan jadwal pengiriman. Buat dahulu emailnya, setting jadwal, dan hati tenang karena email akan terkirim otomatis pada saat yang dijadwalkan. Pilihan jadwal bisa dengan data jam dan tanggal. Atau, menggunakan pilihan yang tersedia. Seperti, besok pagi, besok siang, atau Senin pagi.


 
Selain menghadirkan fitur “schedule email”, Gmail juga meningkatkan kemampuan fitur “Smart Compose”. Fitur satu ini berdungsi memberikan perkiraan kata atau kalimat yang akan ditulis di email. Sehingga, pengguna tak perlu repot-repot lagi mengetik. Disebutkan, prediksi kata/kalimat hasil pengembangan ini, lebih akurat dan lebih bisa memperkirakan apa yang hendak diketik pengguna. Hanya saja, baru tersedia untuk lima bahasa: Inggris, Perancis, Itali, Portugis dan Spanyol.

Leave a Comment