Gandeng Cloudera, Bank Danamon Tingkatkan Keamanan Pelanggannya

Bank-Danamon
ArenaLTE.com - Bank Danamon, salah satu lembaga keuangan terbesar di Indonesia, mengumumkan penerapan Cloudera Enterprise sebagai penopang sebuah hub data enterprise untuk mempercepat upaya-upaya transformasi digital untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya sekarang ini.
 
Solusi-solusi software big data Cloudera yang diimplementasikan oleh Bank Danamon dapat membantu meningkatkan pendapatan, mengembangkan layanan pelanggan, mendeteksi penipuan dan mengurangi biaya kepatuhan (compliance cost) di era digital saat ini.
 
Mary Bernadette James, Chief Information Officer, Bank Danamon mengungkapkan bahwa fokus utama transformasi digital Bank Danamon adalah meningkatkan layanan pelanggan, sekaligus mengeliminasi risiko penipuan dan biaya kepatuhan.
 
“Platform manajemen data modern dari Cloudera ini memperkuat Bank Danamon dalam mencapai tujuan digitalisasi dengan belanja modal (capital expenditure) yang lebih rendah per terabyte dibandingkan dengan mekanisme pengelolaan data tradisional,” ujarnya.
 
Lebih jauh Mary Bernadette James menjelaskan jika lembaga jasa keuangan seperti perbankan di seluruh dunia kini tengah berada di bawah tekanan yang amat besar. Agar bisa kompetitif harus menambah layanan-layanan digital baru yang berpusat pada konsumen guna memenuhi tuntutan pelanggan yang melek teknologi.

Bank-Danamon

Bank Danamon dan anak-anak perusahaannya melayani beragam basis pelanggan di Indonesia, dan menawarkan berbagai produk dan layanan perbankan, termasuk perbankan korporasi dan UKM, perbankan konsumer, trade finance, pengelolaan kas (cash management), serta pasar uang dan pasar modal (treasury and capital market).
 
Transaksi-transaksi ini menghasilkan jumlah data yang belum pernah ada sebelumnya yang membutuhkan penyimpanan, pengolahan, dan analitik yang efisien guna meraih manfaat dari investasi yang ada dan memungkinkan cara-cara baru yang mendasar untuk memperoleh nilai dari data.
 
Big Data tetap menjadi mata uang utama di dunia digital saat ini, lembaga-lembaga jasa keuangan juga menghadapi tantangan dalam memenuhi tuntutan-tuntutan baru akan keamanan, privasi dan kualitas data guna memberikan perlindungan data yang lebih baik bagi para pelanggan saat ini.
 
Hal senada juga dungkapkan Fanly Tanto, Sales Director for Indonesia, Cloudera “Lembaga jasa keuangan seperti Bank Danamon harus mulai menerapkan teknologi-teknologi disruptif guna menjawab tantangan dengan menyingkapkan kekuatan big data agar tercipta ekosistem keuangan yang lebih tangguh,” pungkasnya.

Leave a Comment