Asisten Digital Xiao AI Muncul Di Smartphone Xiaomi Mi Mix 2S

ArenaLTE.com - Xiaomi telah resmi merilis smartphone terbarunya yang dilabeli Xiaomi Mi Mix 2S. Ponsel pintar yang digadangkan hadir dengan dukungan prosesor terbaru Qualcomm dari keluarga seri Snapdragon 845. Namun ada yang unik dari penampilan video iklan yang dibawa seri terbaru ini, sebuah asisten digital yang dikenalkan dengan nama Xiao AI muncul di seri Mi Mix 2S.

Mi Mix 2S yang kabarnya membawa sensor kamera flagship terbaru Sony IMX363 untuk pengaturan dual-camera, dengan ukuran piksel 1.4μm diklaim bisa menghasilkan foto yang jauh lebih baik dalam kondisi minim cahaya, serta teknologi Dual Pixel untuk auto-fokus yang super cepat. Mi MIX 2S juga diklaim dibekali dengan fitur AI yang terintegrasi, termasuk AI voice assistant untuk mengontrol smartphone dan peralatan smart home yang difungsikan sebagai asisten digital.

Seri ini pun dikabarkan hadir dengan dukungan persenjataan dapur pacu yang kuat, selain kekuatan prosesor terbaru penggunaan memori RAM mencapai 6GB dan penyimpanan internal 64GB dan 128GB juga mempengaruhi performanya. Selain itu, ada juga varian memori besar lainnya yang menawarkan kapasitas RAM mencapai 8GB dan ruang penyimpanan internal seluas 256GB.

Pun demikian, dibalik dari semua kekuatan spesifikasi yang dimiliki Mi Mix 2S ternyata ada pesan yang tersembunyi yang ingin coba disampaikan produsen asal China ini. Selain mengumumkan kekuatan yang besar di dalam tubuh Mi Mix 2S, produsen ingin menyampaikan bahwa perusahaan juga memiliki asisten digital kembangannya sendiri.

Dalam sebuah iklan yang didebutnya baru-baru ini, diperlihatkan tentang bagaimana sebuah asisten digital tersebut bekerja. Video iklan yang berdurasi kurang dari 2 menit tersebut menyampaikan asisten digital yang dipanggilnya dengan nama Xia Xiao. Pesan dalam iklan sepertinya ingin menyampaikan bahwa Xiao AI bekerja dengan cukup pintar yang bisa diperintahkan hanya dengan suara.

Seperti layaknya Siri, asisten digital kembangan Apple. Xiao AI ini pun dapat menjalankan tugas dengan baik seperti yang ditampilkan dalam iklan. Mengatur waktu alarm, mengirim pesan singkat, membuat media sosial WeChat, serta mengetahui predikasi cuaca yang ke depan dan apa yang harus dipersiapkan penggunanya.

Namun sayangnya, sepertinya Xiao Ai ini baru bisa mengerti bahasa mandarin seperti yang dilampirkan dalam pesan video iklan tersebut. Meski belum bisa dipastikan apakah asisten digital ini pun akan turut di bawanya di pasar global, dan mampukah bersaing dengan Siri dan Google Assistant?

Leave a Comment