Apa Hebatnya EMUI 9.0, OS Baru Besutan Huawei Ini?

ArenaLTE.com - Huawei menggeber langkah untuk menjadi paling depan di pacuan teknologi. Setelah menyiapkan smartphone Mate 20 Series yang katanya bakal jadi smartphone paling “cihuy”, mereka juga resmi memperkenalkan system operasi terbaru, EMUI 9.0. Huawei menyebut, OS baru ini punya fitur baru, antarmuka baru yang tidak rumit, serta, ini yang penting, peningkatan performa sebesar 20-30%.
 
Sistem operasi (OS) yang dibangun berdasarkan OS Android P ini diklaim bakal menghadirkan kualitas hidup yang lebih baik. “Dengan EMUI 9.0, kami berhasrat untuk membawa pengalaman baru yang lebih kaya saat mengakses perangkat Huawei yang sudah menjalankan OS terbaru itu. Berbagai fitur AI dan produktivitas akan memberdayakan pengguna dan membuat mereka bisa mendapatkan manfaat lebih dari perangkat teknologinya,” kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia. 
 
Baiklah, apa saja sih yang dibawa EMUI 9.0 ini, sehingga Huawei dengan pedenya bilang OS ini akan membuat kamu tersenyum senang? Ryan Lui, VP Software Marketing Huawei Consumer Business Group menjelaskannya satu persatu. Yang pertama adalah ini, Huawei merancang EMUI 9.0 dengan antarmuka yang invisible. Maksudnya, antarmuka bisa menghilang ke dalam user experience. Untuk mencapai itu, antarmuka harus sederhana, bisa dinikmati, dan konsisten. Ketiga faktor ini harus hadir secara bersamaan agar tidak merusak daya tariknya.
 
EMUI 9.0 disebutkan mampu menghadirkan kombinasi ini dengan mulus. OS ini memiliki setting menu yang mudah. Semua berkat dua pendekatan: mengurangi jumlah item di menu Settings dan menambahkan tab Advanced untuk membuka konfigurasi yang lebih lengkap.
 
Dibandingkan dengan pendahulunya, opsi yang ada di EMUI 9.0 berkurang 10 persen. Hal-hal yang beragam juga dikeluarkan supaya kategorisasinya lebih baik. Selanjutnya, dengan memindahkan opsi lanjutan ke tab khusus, pengguna sehari-hari akan disuguhi menu yang lebih sederhana. Sementara pengguna yang lebih advanced akan tetap bisa membuat perubahan yang terperinci di perangkat mereka.


 
Huawei juga membakukan desain dan fitur EMUI untuk memastikan OS memberikan pengalaman yang paling visual dan fungsional secara konsisten. Fitur-fitur yang memiliki sifat serupa —seperti timer, jam, dan kompas— telah dirancang ulang mengikuti bahasa desain yang sama untuk memberikan pengalaman pengguna yang paling terpadu dan intuitif.
 
Dengan aplikasi yang berjalan lebih cepat dan navigasi lebih sederhana, maka setiap interaksi dengan perangkat akan menjadi aktivitas yang menyenangkan. Huawei merancang EMUI 9.0 untuk menjadi EMUI yang paling ergonomis. Penempatan optimal tombol navigasi yang secara signifikan membuat penggunaan satu tangan bisa tetap nyaman. Contohnya, bar navigasi Galeri dapat dipindahkan ke bagian bawah layar, memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menelusuri antara Foto, Album, Sorotan dan tab Discover dengan ibu jari tangan sambil memegang perangkat.
 
Berikutnya, dengan peningkatan kemampuan AI, EMUI 9.0 menghadirkan Spotlight Reel ke semua perangkat yang didukung. Dapat diakses melalui aplikasi Galeri, fitur baru ini menggunakan kemampuan AI pada perangkat Huawei untuk secara otomatis menghasilkan montase 10 detik yang menyoroti individu yang membintangi video pengguna.
 
Selain itu, EMUI 9.0 menawarkan dua cara menggunakan AI untuk memperkaya hidup mereka, Yakni, HiVision dan HiTouch. Dengan HiVision, pengguna dapat dengan mudah mencari berbagai informasi lebih lanjut di Internet, tentang objek yang menarik, hanya dengan mengarahkan kamera ke arahnya. HiVision mengenali landmark dari 15 negara serta lebih dari 10 juta karya seni terkenal. Ia juga mengenali berbagai macam makanan, dan dapat memberikan perkiraan kalori untuk pengguna yang sadar tentang asupan kalori mereka.
 
Sementara HiTouch, memungkinkan pengguna dengan mudah melakukan pengecekan online terhadap pengecer dan platform eCommerce dan berbelanja barang. Fitur ini dapat mengenali lebih dari 120 juta item dari lebih dari 200 platform eCommerce dan toko online resmi dengan hampir 100 merek.
 
OS baru ini juga menawarkan pengalaman baru untuk mobile office melalui Easy Projection yang Sudah Ditingkatkan. Fitur ini memungkinkan pengguna menghubungkan perangkat dengan layar eksternal untuk meningkatkan produktivitas. Untuk EMUI 9.0, Huawei mengembangkan fitur ini dengan menawarkan upgrade secara nirkabel. Pengguna yang menjalankan EMUI 9.0 sekarang memiliki akses ke One-Click Projection, dan Highlight dan Capture di Layar Besar, yang memungkinkan pengguna dengan mudah menambahkan highlight dan menangkap konten yang diproyeksikan pada layar yang lebih besar.
 
Di dalam fitur ini juga ada fitur-fitur tambahan yang memperkaya fungsi. Huawei Share, misalnya, bisa digunakan untuk berkirim file antara smartphone Huawei dan PC Huawei. sekarang pengguna bisa menggunakan HUAWEI Share untuk mengirimkan file ke printer yang punya koneksi Bluetooth.
 
Dan yang asyik lagi, ada fitur WPS dengan HiAI. Dengan ini, EMUI 9.0 secara otomatis menyesuaikan alignment pada dokumen dan dapat mengubah foto dan hardcopy menjadi file digital yang bisa disunting. Sederhananya, Anda bisa langsung menjadikan foto-foto di galeri sebagai halaman presentasi di Power Point.
 
EMUI 9.0 juga dilengkapi dengan fitur baru lainnya, yang diumumkan sebelumnya pada saat peluncuran, yaitu Password Vault, sebuah fitur yang secara aman menyimpan kata sandi pengguna secara lokal, serta fitur kesejahteraan digital seperti Digital Balance untuk memantau penggunaan, App Limit untuk menetapkan batas waktu untuk berbagai aplikasi, dan Wind Down, yang mengubah layar menjadi abu-abu selama jam tidur.
 
Nah, OS baru besutan Huawei itu sudah ditanamkan pada Huawei Mate 20 Series, yang bakal rilis di Indonesia pada pertengahan bulan ini. Tapi bagi pemilik smartphone premium Huawei semacam P20 dan P20 Pro, dan Huawei Mate 10 di negara tertentu, bisa melakukan update melalui HOTA update. Infonya OS baru ini sudah tersedia pada 24 Desember ini.

Leave a Comment