Ada Kategori Baru di Play Store: Aplikasi Anak Yang Terverifikasi Guru

ArenaLTE.com - Bagi para orangtua, ada kabar baik. Google kini menyediakan kategori baru dalam toko aplkasi Play Store. Yakni, aplikasi untuk anak-anak yang terverifikasi oleh guru. Dengan adanya pengkategorian baru itu, para mom and dad tak perlu repot lagi memilah dan memilih aplikasi yang sesuai dan pantas untuk putra-putri mereka.
 
Di jaman yang teknologi digital sudah merambah ke mana-mana, sulit untuk membendung anak-anak di bawah umur untuk tak bersentuhan dengan smartphone. Kalaupun mau melarang mereka menggunakan hape, kadang-kadang para guru menggunakan hape pula sebagai sarana proses belajar dan mengajar. Contoh paling dekat, ya sekarang ini, di mana anak-anak sekolahan harus belajar dari rumah.
 
Aplikasi game sudah pasti paling diminati anak-anak. Namun banyak juga developer yang mengembangkan aplikasi bertema pendidikan dan pengetahuan. Aplikasi semacam berguna juga untuk membantu para orangtua. Di toko aplikasi semacam Play Store, bejibun aplikasi yang memang ditujukan untuk anak-anak. Persoalannya, tidak semua aplikasi itu pantas dan cocok untuk anak-anak.
 
Para orangtua memang bisa mencarikan dan memilih aplikasi yang cocok untuk anak-anaknya. Tetapi, mengingat begitu banyak aplikasi yang tersedia, tentu proses memilih yang cocok itu jadi pe-er tersendiri. Nah, untuk membantu para orangtua melewati proses yang melelahkan itu, Google mengembangkan kategori baru pada Play Store.
 
Kategori baru itu adalah aplikasi yang terverivikasi oleh guru. Setiap aplikasi yang mask kategori ini dan diitandai dengan keterangan “Teacher Approved” berarti sudah dipastikan memiliki konten yang baik dan cocok bagi anak-anak, karena sudah mendapat rekomendasi dari kalangan pendidik. Tak hanya jaminan kualitas konten, aplikasi yang masuk kategori ini juga diberi keterangan, kenapa aplikasi tersebut dipilih untuk kategori “Teacher Approved”.
 
Untuk penyediaan kategori baru tersebut, Google bekerjasama dengan kalangan guru dan pakar pendidikan. Para guru dan pakar yang digandeng Google ini, bertugas menganalisa aplikasi yang ada dan mengklasifikasinya dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Dengan cara itu, setiap aplikasi akan dibedakan sesuai dengan pengalaman penggunaan yang diberikan. Seperti, jenis pembelajaram, rentang umur, dan bahkan diselipi iklan atau tidak.
 
Aplikasi yang sudah melewati dan lolos tahap verifikasi dari tim guru dan pakar pendidikan tersebut, akan diberi tanda “Teacher Approved”. Dengan demikian, para orangtua dapat melakukan pencarian dengan langsung merujuk ke aplikasi yang memiliki keterangan terverifikasi itu.
 
Dalam keterangannya, pihak Google mengatakan, mereka menyadari kesulitan para orangtua dalam mencari dan memilah aplikasi yang cocok bagi anak-anak mereka, di tengah segunung aplikasi yang ada di Play Store. Itulah yang mendorong Google untuk mengadakan kategori baru ini. Agar para orangtua lebih mudah untuk mencari aplikasi yang bagus untuk anak-anak.
 
Sayangnya, pada tahap awal ini, kategori tersebut baru tersedia untuk pengguna di Amerika. Negara-negara lain akan menyusul pada bulan-bulan selanjutnya. Kita tunggu saja kehadirannya di sini. 

Leave a Comment