ArenaLTE.com – Samsung dan Yamaha adalah dua raksasa di bidangnya masing-masing, jarang keduanya bersinggungan. Namun tatkala Samsung ingin merambah ke komponen pintar pada kendaraan bermotor roda dua, maka vendor teknologi asal Korea Selatan ini harus menggandeng manufaktur otomotif motor untuk menghadirkan smart windshield. Sebaliknya bagi Yamaha bila ingin memoles motor dengan sentutan smartbike, maka Yamaha harus berkolaborasi dengan vendor ponsel.

Mengedepankan kata ‘smart,’ windshield canggih ini digadang mampu memberi solusi informasi bagi pengendaranya. Dalam konsepnya, teknologi ini mampu menghadirkan akses informasi yang ditampikan di layar smartphone ke dashboard windshield. Cara ini dipercaya akan meningkatkan sisi keamanan dalam berkendara tanpa kehilangan informasi.

samsung-smart-windshield-f-633x388

Baca jugaYuk! Mengenal Lebih Dekat Teknologi Motor Pintar T-Bike Garapan Telkomsel

Dasar dari penciptaan Smart Windshield terkait undang-undang keselamatan berkendara, dimana di hampir semua negara memberlakukan sanski tegas bagi pengemudi yang kedapatan berponsel saat mengendara. Mengacu pada statistic dari ACI/ISTAT (Automobile Club d’ Italia/Istituto Nazionale di Statistica), menyebut 25 persen dari pemuda di Italia (usia 18 – 24 tahun) punya kerentanan menggunakan smartphone saat mengendarai motor.

Kinsep Smart Windshield berupa kaca transparan yang ditempatkan dibawah kaca depan, diatas instrumen motor. Koneksi dari Smart Windshield ke smartphone terhubung dengan jalur nirkabel lewat media aplikasi khusus. Yang ditampikan dalam Smart Windshield adalah notifikasi telepon dengan sistem yang head up display. Jenis informasi yang dapat ditampilkan seperti panggilan, message, email, data browser, dan masih banyak lainnya.

Samsung mengembangkan teknologi ini sebagai bagian dari peluncuran People communication project, sedangkan Yamaha menawarkan ide kendaraan uji dalam platform skuter Tricity 125 cc yang sangat populer di kalangan pengendara muda di Eropa. Dikutip dari Gizmag.com, baik Samsung dan Yamaha menyebut konsep Smart Windshield belum direncakanan untuk dikomersialisasi dalam waktu dekat. Namun pengembangan dan perbaikan konsepnya  terus dilakukan.