ArenaLTE.com – Vendor jaringan asal Finlandia, Nokia Networks belum lama ini telah mendapatkan kontrak di Australia untuk implementasi fasilitas jaringan private LTE (Long Term Evolution) untuk perusahaan minyak dan gas Beach Energy. Sebagai implementasi di lapangan, Nokia Networks menggandeng Challenge Networks untuk mempersiapkan deployment jaringan untuk beberapa BTS (Base Transceiver Station ) di daerah pinggiran Cooper Basin.

Dengan penyebaran melalui Beach Energy, menjadi salah satu awal dari adopsi  jaringan private LTE untuk daerah-daerah terpencil di antara perusahaan yang bergerak sektor minyak dan gas. Dalam proyek ini Challenge Networks mengkhususkan diri dalam memberikan jaringan private LTE pribadi pelanggan. Dikutip dari Telecomasia.net (12/1/2016) Direktur perusahaan Simon Lardner berkomentar bahwa penyebaran turnkey dilakukan dalam waktu kurang dari delapan minggu.

“Selain menyoroti kemampuan kami dalam menyebarkan jaringan LTE swasta, proyek ini merupakan pengulangan yang kuat dari komitmen kami untuk memberdayakan salah satu sektor utama perekonomian Australia dengan teknologi radio kita,” ujar Ray Owen, Nokia head of Singapore, the Philippines, Australia and New Zealand.

“Ini juga menggarisbawahi atau fokus pada pembinaan dan mengembangkan kemitraan solusi yang kuat dengan ekosistem yang luas dari mitra seperti Challenge Networks yang memiliki kekuatan dan pengetahuan lokal untuk menyediakan solusi sempurna disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan,” kata Ray Owen.